Sukses

TikTok Mau Rilis Layanan untuk Cari Kerja

Liputan6.com, Jakarta - TikTok dikabarkan akan merilis layanan informasi lowongan kerja. Kabar ini berdasarkan sebuah laporan dari Axios.

Laporan tersebut mengklaim, TikTok tengah mengembangkan layanan bagi brand dan perusahaan untuk merekrut karyawan melalui platform TikTok.

Karena ada banyak generasi muda yang menggunakan TikTok, layanan ini ditengarai akan mempermudah perusahaan merekrut karyawan melalui cara yang lebih modern. Demikian dikutip dari Ubergizmo, Minggu (16/5/2021).

Axios melaporkan, platform ini bukanlah sebuah produk atau fitur yang terintegrasi dengan TikTok, melainkan sebuah laman web terpisah yang bisa diakses dari aplikasi TikTok.

"Brand bisa mengunggah lowongan kerja. Pengguna bisa mengunggah video resume TikTok ke situs tersebut alih-alih hanya resume tradisional," kata Axios dalam laporannya.

2 dari 3 halaman

Video Resume

Dengan resume tersebut, layanan ini memungkinkan calon potensial untuk memberikan gambaran pada perusahaan terkait mengapa harus mempekerjakan dan memberi kesempatan kepada mereka.

"Idenya, pengguna bisa memberikan informasi tentang diri mereka atau ringkasan pengalaman kerja melalui video yang unik," tulis Axios.

TikTok dalam hal ini akan meminta kepada kandidat untuk mengunggah video resume mereka ke profil TikTok. Kemudian, jika pengguna berkenan, video tersebut dipakai untuk mempromosikan layanan baru tersebut.

3 dari 3 halaman

Dalam Pengujian Beta

Saat ini, resume atau CV tradisional dianggap sudah agak ketinggalan zaman.

Untuk itulah, TikTok menawarkan kesempatan kepada pengguna untuk mencoba mendapatkan pekerjaan dengan cara lebih menyenangkan, unik, dan meningkatkan keterlibatan, khususnya bagi pemula yang mencoba merekrut anak-anak muda sebagai karyawan.

Kabarnya layanan ini tengah dalam pengujian beta bersama dengan beberapa perusahaan. Saat ini layanan pencarian dan perekrutan kerja ini belum tersedia untuk semua orang.

(Tin/Isk)