Sukses

Ada-Ada Saja, Akun iCloud Terkunci karena Nama Belakang Si Pengguna

Akun iCloud milik seorang pengguna terkunci selama 6 bulan gara-gara nama belakang si pemilik akun. Kok bisa sih?

Liputan6.com, Jakarta - Akun milik seorang pengguna iCloud tak sengaja terkunci gara-gara nama belakang orang itu.

Rupanya, pemilik akun iCloud itu adalah Rachel True dan nama tersebut adalah benar nama aslinya.

Mengutip laman Ubergizmo, Rabu (10/3/2021), akun iCloud Rachel True selama enam bulan terakhir terkunci gara-gara ia memakai kata True, yang dalam hal ini adalah nama belakangnya.

Meski sebenarnya tidak ada yang salah dengan nama belakang True, namun mereka yang familiar dengan pemrograman, mungkin tahu penyebabnya.

Ya, kata 'true' dan 'false' dipakai dalam pemrograman sebagai pengecekan. Tampaknya, nama belakang pemilik akun iCloud ini diartikan oleh sistem back-end iCloud Apple bukan sebagai nama belakang tetapi sebagai bagian dari pemrograman.

Informasi ini pertama diunggah oleh Rachel True melalui akun Twitter-nya. Kepada followers-nya, Rachel True bertanya apakah ada orang yang mengalami masalah serupa dengannya.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Viral

"Apakah ada yang mengalami masalah serupa dengan Apple Cloud? Selama 6 bulan akun saya dibekukan dan dikunci dan saya mencari bantuan. Tampaknya ini masalah pada coding Apple dan bukan karena hardware," cuit Rachel True.

Cuitan Rachel True tersebut kemudian viral dan Apple pun menyadari masalah yang dihadapi oleh salah satu penggunanya itu.

3 dari 3 halaman

Dibantu Tim iCloud

Salah satu anggota tim iCloud bernama Arun Gupta pun meminta agar Rachel True mengirimkan DM kepadanya agar tim iCloud bisa membantu memperbaiki masalah tersebut.

Rachel True menyebut, setelah diberi penjelasan dan mendapat dukungan dari seorang penghubung eksekutif, akun iCloud-nya pun akan dibuka kuncinya. Namun tetap saja, 6 bulan bukanlah waktu yang sebentar untuk menyelesaikan masalah ini.

Apalagi, Rachel telah membayar langganan iCloud-nya meski tidak bisa memakainya selama 6 bulan terakhir.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.