Sukses

Samsung Bakal Luncurkan Seri Galaxy A82

Liputan6.com, Jakarta - Samsung diketahui tengah mengembangkan penerus Galaxy A80 yang kemungkinan besar akan memiliki nama Galaxy A82. Galaxy A80 sendiri berhasil menarik perhatian karena hadir dengan desain rotating camera. 

Mengutip informasi dari GSM Arena, Senin (25/1/2021), Galaxy A82 memiliki nomor model SM-A826B. Hanya hingga sekarang belum diketahui apakah Samsung akan mengusung desain serupa dengan pendahulunya yang memiliki rotating camera.

Meski informasi soal smartphone ini masih belum banyak diketahui, laporan menyebut perangkat ini sudah mendukung 5G. Untuk diketahui, Galaxy A80 memang belum memiliki penerus langsung.

Tahun lalu, bocoran yang sempat menyebut kehadiran Galaxy A81 ternyata diketahui rilis sebagai Galaxy Note 10 Lite. Karenanya, belum dapat dipastikan apakah Samsung akan menerapkan sistem serupa pada smartphone yang rilis di tahun ini.

Pertama kali meluncur 2019, Galaxy A80 hadir dengan kamera berputar atau rotating camera berkonsep slider dengan tiga lensa utama. Dengan konsep ini, kamera Galaxy A80 dapat berfungsi sebagai kamera selfie maupun kamera belakang.

Kehadiran rotating camera membuat smartphone ini tampil full screen. Galaxy A80 sendiri memiliki layar Super AMOLED FHD+ berukuran 6,7 inci.

2 dari 3 halaman

Samsung Umumkan Galaxy S21, S21 Plus, dan S21 Ultra

Di sisi lain, Samsung akhirnya mengumumkan flagship smartphone terbarunya, yakni Galaxy S21 series dalam acara Galaxy Unpacked 2021 yang digelar secara virtual, Kamis (14/1/2021).

Seperti tahun lalu, Galaxy S21 series hadir dalam tiga smartphone berbeda, yakni Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan versi paling premium yaitu Galaxy S21 Ultra.

"2020 adalah tahun perubahan, tetapi teknologi membuat kami tetap terhubung. Pada 2021, prioritas utama kami adalah menghadirkan teknologi kepada lebih banyak orang," ujar TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics.

"Kami secara resmi memperkenalkan jajaran andalan paling kuat, dengan kemampuan kamera dan video kelas profesional yang supercerdas dan terdepan untuk Galaxy S21 Ultra, hingga pengalaman unggulan terbaik di seri Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus," kata Roh.

Bersamaan dengan acara Galaxy Unpacked 2021 ini, Samsung mengonfirmasi sejumlah bocoran informasi yang sebelumnya telah beredar di internet tentang trio Galaxy S21 itu.

Entah itu ukuran layar, bentuk modul kamera, spesifikasi, dukungan S-Pen hingga ketiadaan charger di boks penjualan seri Galaxy S21 terkonfirmasi dalam peluncurannya malam ini.

Salah satu yang menjadi sorotan acara malam ini adalah modul kamera di ketiga seri Galaxy S21 tersebut.

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, Galaxy S21 Ultra dikabarkan akan hadir dengan modul lebih besar karena harus menampung empat lensa kamera.

Sedangkan untuk Galaxy S21 dan S21 Plus tampil dengan modul kamera yang lebih ramping karena hanya menampung tiga kamera.

3 dari 3 halaman

Kamera di Galaxy S21

Samsung memperkenalkan kemampuan baru Space Zoom yang diberi nama Zoom Lock dan hadir di ketiga seri Galaxy S21.

Disebutkan, gambar zoom yang diambil hingga maksimal oleh ketiga kamera smartphone tersebut kini akan tampil dengan presisi dan detail lebih baik.

Perusahaan juga menyadari banyak pengguna mereka sangat mengandalkan kamera smartphone untuk berekspresi dan membuat konten menarik, salah satunya merekam video. Karena itu, Galaxy S21 series hadir dengan berbagai fitur baru di kamera dan salah satu yang paling menarik adalah Directors View.

Directors View memungkinkan pengguna merekam video dengan mengandalkan semua kamera di smartphone--baik di belakang atau depan--bekerja secara bersamaan.

Lalu berapa sensor kamera di ketiga smartphone baru Samsung tersebut? Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus memiliki sensor kamera utama 64MP. Sementara, Galaxy S20 Ultra memiliki sensor kamera utama 108MP.

Seperti seri Galaxy S sebelumnya, Samsung masih mengandalkan teknologi nano-binning untuk menghasilkan foto yang lebih realistik. 

(Dam/Ysl)

BERANI BERUBAH: Diterpa Pandemi, Bule Jualan Mie