Sukses

4 Manfaat Positif di Balik Asyiknya Main Game Online

Nge-game juga dapat membantu meningkatkan kapasitas memori, membuatmu lebih fokus dan berpikir cepat dan fleksibel.

Liputan6.com, Jakarta Selama ini mungkin orang yang main game alias nge-game dinilai nggak ada kerjaan. Tapi sekarang sudah terbukti bahwa nge-game online, bukan hanya menguntungkan dari segi finansial saja. Buktinya sekarang hadir atlet e-sport berprestasi dari berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. 

Namun terlepas dari e-sport, sudah tahukah kamu kalau ternyata nge-game itu berdampak baik untuk diri sendiri? Dikutip laman Lifehack, ternyata ada keuntungan alias manfaat positif nge-game online, yaitu: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Meningkatkan Mood

Agar lebih produktif, terkadang kita butuh sesuatu untuk meningkatkan mood. Ya, di tengah waktu luang, cobalah untuk memainkan game favoritmu. Rasa puas seketika akan muncul, ketika kamu berhasil menang atau naik ke level yang lebih tinggi dalam sebuah pertandingan di game tersebut. Selain meningkatkan mood, nge-game nyatanya juga dapat membantu meredakan kecemasan dan memunculkan rasa rileks.

3 dari 5 halaman

2. Melatih Otak

Banyak lho permainan yang melatih otak, baik kiri atau kanan. Ternyata dengan rutin main game yang mengasah kemampuan otak. Itu karena setiap game dibutuhkan strategi dan logika yang tepat untuk menyelesaikan setiap level atau misi. 

Selain itu, nge-game juga dapat membantu meningkatkan kapasitas memori, membuatmu lebih fokus dan berpikir cepat dan fleksibel. Hal ini tentunya berdampak baik pada pembuatan keputusan, terutama saat menghadapi pilihan sulit di dunia nyata.

4 dari 5 halaman

3. Bangun Komunitas

Game membantu kamu sebagai pengguna untuk membangun komunitas. Ya, ketika berada di tengah pertandingan, game memungkinkanmu untuk mengobrol dengan orang asing sebagai lawanmu. Biasanya dari game yang berhasil membentuk komunitas, umumnya akan melakukan kopi darat (kopdar). Jadi kesempatanmu untuk menambah teman tentunya jadi lebih luas lagi. 

5 dari 5 halaman

4. Bikin Happy

Jika ingin mendapatkan manfaat dari nge-game, kamu harus menentukan durasi waktu bermain game lewat gadget. Idealnya nge-game online dilakukan hanya dalam waktu 30 menit saja, tidak terlalu lama. 

Mengapa? Tentunya yang sama-sama kita ketahui bahwa menatap layar smartphone terlalu dalam, apalagi saat bermain game, tidak baik untuk kesehatan mata. Selain itu, durasi tersebut dinilai ideal karena bisa menjadi sarana bagi kamu yang sedang suntuk. 

Dengan main game, otak akan memperoleh rangsangan baru, sehingga kamu jadi lebih fresh. Dengan begitu perasaanmu pasti akan berubah perlahan menjadi lebih baik, bahkan bisa lebih happy

Oh ya, nge-game akan lebih happy lagi, ketika permainan dijalankan dengan lancar jaya alias nggak nge-lag. Nah kamu sudah tahu bahwa perangkat yang dipakai ternyata berpengaruh lho pada lancar atau tidaknya game online yang dimainkan. 

Nah ternyata, ketika nge-game pakai produk IOS nyatanya selalu lebih lancar. Alasannya selain karena IOS didesain dengan spesifikasi terbaik dan para pengembang tak terlalu banyak memberikan perbedaan dari setiap varian yang diluncurkan setiap tahunnya. 

Hal ini tentunya memudahkan para developer game untuk membuat dan mengembangkan produknya. Alasan ini pula yang akhirnya membuat para developer game merilis aplikasinya lebih dulu di IOS. 

Gimana, sekarang sudah tahu kan bahwa nge-game itu nggak selamanya berdampak buruk kok! Selain game, kamu juga bisa mengunduh sejumlah aplikasi menghibur dan bermanfaat lain di AppStore. 

Oh ya ada yang menarik nih! Beli aplikasi apapun di App Store, kamu akan mendapatkan promo Apple Cashback 75%. Untuk ngedapetin promonya gampang kok! Kamu hanya perlu melakukan pembayaran pakai DANA, caranya: 

  1. Masuk ke ID Apple lalu pilih Kelola Metode Pembayaran
  2. Pilih Tambah Metode Pembayaran, pilih DANA, lalu ikuti langkah selanjutnya
  3. Lakukan transaksi di App Store atau pembelian In-App menggunakan DANA
  4. Voucher akan dikirimkan secara otomatis ke Pocket DANA

Untuk info lengkap promonya kamu bisa cek di sini!

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.