Sukses

Kenalan dengan QRIS, Metode Pembayaran yang Jadi Favorit Milenial

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard adalah sebuah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Liputan6.com, Jakarta Sepanjang tahun 2020 banyak sekali inovasi dan teknologi digital yang hadir untuk mendukung kehidupan dan berbagai aktivitas masyarakat. Mulai dari aktivitas kerja, belajar, hingga transaksi berbelanja secara digital.

Meskipun pandemi membawa dampak dan kerugian besar di setiap lini kehidupan, tapi berkat inovasi dan teknologi itu berbagai kegiatan masyarakat dapat menjadi lebih mudah, praktis, dan aman. Salah satu inovasi yang berjalan di tahun 2020 dan memberikan dampak positif bagi masyarakat adalah QRIS.

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard adalah sebuah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Diresmikan pada 17 Agustus 2019, implementasi QRIS baru efektif berjalan mulai 1 Januari 2020.

Sebelum terstandarisasi dengan QRIS, aplikasi pembayaran hanya dapat melakukan pembayaran pada merchant yang memiliki akun dari Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang sama karena QR code yang digunakan tidak terstandarisasi. Setelah implementasi QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari PJSP apapun dapat melakukan pembayaran menggunakan QR code di seluruh merchant meskipun PJSP yang digunakan berbeda. 

Penerapan QRIS memudahkan merchant dalam menerima pembayaran dari aplikasi apapun hanya dengan membuka akun pada salah satu PJSP penyelenggara QRIS. Seluruh akun yang dimilikinya dapat menerima pembayaran hanya dengan satu QR code QRIS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

QRIS Payment Jadi Fitur Favorit Milenial

Salah satu PJSP dan fintech yang menjadi pioner penerapan QRIS di Indonesia adalah dompet digital DANA. Sejak Januari 2020, DANA mengimplementasikan QRIS 100 persen di semua merchant layanan dompet digital di seluruh Indonesia.

Tidak mengherankan jika inovasi QRIS menjadi cara pembayaran yang banyak diminati karena kemudahannya. Berikut beberapa alasan yang membuat QRIS menjadi favorit milenial.

3 dari 5 halaman

Bisa Bayar Semua QRIS pakai DANA

Aplikasi DANA bisa scan semua kode QRIS yang kamu temui. Mulai dari merchant kuliner kaki lima, kuliner di restoran, minimarket dan supermarket, merchant kecantikan dan apotek, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua toko juga pasti menerima pembayaran dengan DANA. Jadi, gak perlu pindah-pindah aplikasi lagi.

4 dari 5 halaman

Lebih Mudah Atur Pengeluaran

Dahulu saat kasir hanya bisa menerima pembayaran dari aplikasi tertentu, kita terpaksa harus berpindah-pindah aplikasi. Efeknya, ada pengeluaran yang tidak tercatat. Sekarang, karena semua QRIS bisa di scan pakai DANA, semua transaksi tercatat rapi di DANA.

5 dari 5 halaman

Lebih Aman, Tenang, dan Bersih

Kehadiran QRIS turut mendukung physical distancing dan protokol kesehatan. Karena transaksi benar-benar non tunai dan tidak perlu ada kontak fisik dengan kasir.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by DANA - #BikinJadiBiasa (@dana.id)

Soal keamanan tak perlu khawatir berlebihan karena DANA memiliki DANA Protection. Melalui fitur tersebut, DANA memberikan jaminan perlindungan 100% untuk kenyamanan dan keamanan transaksi pengguna, sekaligus memberikan keamanan jika pengguna menyimpan kartu bank di DANA.

Lebih dari itu, penerapan DANA untuk menggunakan kode QRIS membuka peluang yang makin besar dalam mengedukasi masyarakat akan manfaat bertransaksi non tunai. Masyarakat juga dapat merasakan nyamannya menggunakan DANA.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.