Sukses

Jaringan 5G mmWave Hadir di Korsel

Qualcomm bersama LG Uplus dan LG Electronics berhasil mengembangkan jaringan 5G mmWave pertama di Korea Selatan (Korsel).

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm bersama LG Uplus dan LG Electronics berhasil mengembangkan jaringan 5G mmWave pertama di Korea Selatan (Korsel) menggunakan smartphone 5G komersial. Jaringan ini bisa diakses di Kumoh National Institute of Technology (KIT).

Dikutip dari keterangan resmi Qualcomm, Rabu (9/12/2020), jaringan 5G mmWave akan memungkinkan berbagai layanan inovatif dan baru untuk para karyawan KIT, profesor, dan mahasiswa.

Selain itu jaringan ini juga bisa membantu menunjukkan kemampuan teknologi untuk mendukung model Smart Campus atau kampus pintar yang akan mengubah pendidikan.

Pencapaian ini juga merupakan langkah penting menuju komersialisasi 5G mmWave di Korsel, yang diprediksi akan meningkat pada 2021.

Berbagai layanan Smart Campus akan dapat diakses melalui jaringan 5G mmWave di frekuensi 28GHz milik operator LG Uplus. Smartphone pendukungnya adalah merek LG yang menggunakan chipset Snapdragon 865 dengan Snapdragon X55 5G Modem-RF System.

"Kami bangga dengan pencapaian signifikan 5G yang dicapai bersama LG Uplus dan LG, yang berperan penting dalam membuka potensi penuh 5G, serta kemampuan untuk memberikan berbagai pengalaman baru kepada konsumen, bisnis, dan pemerintah di Korsel," ujar Senior Vice President and General Manager 4G/5G Qualcomm Technologies, Durga Malladi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keuntungan bagi KIT

Jaringan 5G mmWave ini akan bisa digunakan untuk Virtual Desktop, sehingga komunitas KIT bisa bekerja secara aman dari smartphone atau laptop di lingkungan kampus.

KIT juga berencana menggunakan teknologi 5G untuk membangun kelas jarak jauh berkualitas tinggi dengan komunikasi dua arah antara mahasiswa dan profesor.

Teknologi tersebut juga akan memfasilitasi sinergi dalam penelitian serta pengembangan antara industri dan kelompok akademis. Selain itu juga mendukung keamanan kampus melalui kamera dengan kecerdasan buatan.

 

3 dari 3 halaman

Keunggulan 5G mmWave

Korsel merupakan pemimpin dalam hal pengembangan 5G di dunia. Sebelumnya, Korsel hanya memiliki akses ke sub-6GHz.

Penerapan 5G mmWave sangat penting untuk mengeluarkan potensi penuh dari 5G, serta mengatasi peningkatan besar-besaran dalam permintaan data seluler.

5G mmWave akan membuat operator seperti LG Uplus memanfaatkan sumber daya spektrum luas dalam pita spektrum tinggi. Hal tersebut akan mempermudah operator untuk menghadirkan kecepatan seluler multi-gigabit tercepat di dunia, konektivitas latensi rendah, dan kapasitas jaringan hemat biaya yang diperlukan untuk memenuhi peningkatan permintaan data mobile dari perusahaan, konsumen, dan pemerintah.

Teknologi 5G mmWave bisa digunakan untuk berbagai hal termasuk kampus pintar hingga industri Internet of Things.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini