Sukses

Blibli Fokus Pulihkan Ekonomi Seller dan Pelanggan

Liputan6.com, Jakarta - E-commerce lokal Blibli.com meluncurkan program menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) melalui Blibli Histeria 10.10.

Program ini berlangsung 10-12 Oktober 2020 dan penuh diskon dan promosi tidak hanya untuk pelanggan, tetapi juga berbagai kemudahan untuk mendukung bisnisĀ seller.

VP Business Development dan Project Lead Blibli Histeria 10.10 Cindy Kalensang mengatakan, pandemi memicu akselerasi adopsi teknologi, termasuk dalam kegiatan belanja yang semua offline menjadi online.

"Harbolnas Blibli Histeria 10.10 ini menjadi momentum bagi Blibli untuk terus memberikan pengalaman berbelanja terdepan bagi pelanggan. Program ini juga mendorong pemberdayaan seller dalam menjual produknya di platform Blibli," kata Cindy dalam konferensi pers yang digelar live streaming, Kamis (8/10/2020).

Kehadiran Harbolnas Blibli Histeria ini tidak terlepas dari tren belanja online yang meningkat di situasi pandemi. Mengutip riset Redseer, tren pelanggan online Indonesia pada 2020 tumbuh signifikan.

Berdasarkan riset, kategori yang tumbuh termasuk kebutuhan sehari-hari, peralatan rumah tangga, serta produk kesehatan dan perawatan tubuh.

2 dari 3 halaman

Pengunjung Blibli Naik 3x Lipat

"Peningkatan ini juga terlihat dari naiknya jumlah pengunjung harian Blibli saat festival belanja di perayaan ulang tahun Blibli Juli lalu yang meningkat 3 kali lipat ketimbang biasanya," kata Cindy.

Untuk itulah, festival belanja kali ini diharapkan bisa membangun antusiasme pelanggan sekaligus mendorong mitra seller.

Blibli pun bakal memberikan penawaran untuk memberikan pengalaman belanja yang seru baik dari sisi pelanggan maupun seller. Berikut adalah berbagai kampanyenya.

- Voucher histeris bernilai puluhan miliar yang bisa diklaim sejak 1 Oktober dan bisa dipakai mulai 10 Oktober.

- Cashback hingga Rp 1 juta dan Brand Deals diskon hingga 90 persen

- Flash sale dengan harga mulai Rp 10 ribu dari berbagai kategori untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pelanggan

- Blibli Lelang mulai dari Rp 1.000 secara live stream yang digelar 6 sesi dalam sehari. Berbagai produk menarik seperti dua unit mobil (Toyota New Rush dan Mitsubishi Expander), sepeda motor BMW Motorrad danYamaha MT15, sepeda Brompton, Nike Air Jordan, hingga televisi Samsung 55 inci

- Gratis ongkir sepuasnya tanpa batasan kuota, minimal belanja Rp 50 ribu untuk pengiriman seluruh Indonesia.

3 dari 3 halaman

Program untuk Seller

Untuk seller, Blibli menjalankan berbagai program guna mendukung UMKM melakukan transformasi digital. Tujuannya adalah meningkatkan bisnis selama pandemi.

Program yang dimaksud mencakup fasilitas bebas biaya deposit, komisi 0 persen, virtual conference bagi seller, seller training, dan dukungan modal promosi produk hingga Rp 2 juta.

Di Blibli, perusahaan juga mengajak konsumen untuk peduli lingkungan dengan melakukan daur ulang packaging Blibli.

Menurut Cindy, pack atau boks bekas Blibli bisa didaur ulang, pelanggan hanya perlu melipat boks dan menitipkannya kepada kurir untuk dikembalikan ke Blibli agar dapat didaur ulang.

(Tin/Isk)