Sukses

Google News Showcase Tawarkan Pengalaman Baru untuk Akses Berita Berkualitas

Google News Showcase akan membantu para penerbit berita untuk membuat dan mengkurasi konten berkualitas tinggi untuk berbagai jenis pengalaman berita online

Liputan6.com, Jakarta - Google, selama beberapa tahun terakhir, telah mengambil banyak langkah untuk mendukung industri berita. Perusahaan antara lain berkontribusi atas 24 miliar kunjungan ke situs web berita secara global setiap bulan.

Di samping itu, juga ada hibah global senilai USD 300 juta dari Google News Initiative, yang termasuk pendanaan darurat bagi penerbit lokal untuk membantu dampak Covid-19 dan Digital Growth Program.

"Hari ini saya dengan bangga mengumumkan bahwa Google membangun dukungan jangka panjang kami dengan investasi awal senilai USD 1 miliar dalam kemitraan dengan penerbit berita dan masa depan berita," ujar Sundar Pichai, CEO Google dan Alphabet dalam keterangan resmi perusahaan.

Pengalaman berita jenis baru

Pichai menyebut investasi ini akan membantu para penerbit berita untuk membuat dan mengkurasi konten berkualitas tinggi untuk berbagai jenis pengalaman berita online.

Lewat Google News Showcase, misalnya, perusahaan akan menampilkan kurasi editorial ruang redaksi. Hal itu juga diharapkan akan membantu penerbit mengembangkan hubungan lebih dalam dengan audiens penerbit berita.

Google News Showcase akan mulai diluncurkan di Jerman dan Brasil dan seiring waktu berjalan, ia juga akan digulirkan di negara-negara lainnya. Sementara ini ia baru akan muncul di Google News di Android.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Segera Tersedia di iOS

Selanjutnya ia akan segera diluncurkan di Google News di iOS dan akan hadir di Google Discover dan Search.

"Pendekatan ini berbeda dari produk berita kami yang lain karena bersandar pada pilihan editorial yang dibuat oleh masing-masing penerbit tentang berita mana yang akan ditampilkan kepada pembaca dan cara menyajikannya," tutur Pichai.

Sejauh ini, kata Pichai, perusahaan telah menjalin kemitraan untuk Google News Showcase dengan hampir 200 penerbit berita di Jerman, Brasil, Argentina, Kanada, Inggris Raya, dan Australia.

"News Showcase dibangun di atas program lisensi berita kami yang sudah ada, yang sudah membayar penerbit untuk jurnalisme berkualitas, dan upaya terkait berita lainnya seperti Subscribe with Google, Web Stories, dan berita audio. Dan itu akan memberi pembaca lebih banyak konteks dan perspektif tentang cerita penting dalam berita dan mengarahkan lalu lintas bernilai tinggi ke situs penerbit," kata Pichai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini