Sukses

Google Meet Bakal Kedatangan Dua Fitur Baru, Apa Itu?

Liputan6.com, Jakarta - Google Meet dipastikan akan kembali kedatangan fitur baru. Kehadiran fitur baru ini disebut-sebut akan menunjang pengalaman video conference yang dilakukan lewat Meet.

Dikutip dari Phone Arena, Minggu (4/10/2020), ada fitur baru yang akan diperkenalkan di Meet, yakni fitur Polls dan QnA. Dua fitur ini disebut akan mulai digulirkan untuk para pengguna pekan depan.

Sesuai namanya, fitur Polls ini memungkinkan pengguna Google Meet mengadakan polling saat pertemuan berlangsung. Nantinya, para partisipan juga langsung dapat memberikan jawaban secara langsung.

Sementara untuk fitur Q&A, partisipan dapat mengajukan pertanyaan tanpa perlu mengganggu jalannya pertemuan. Fitur ini harus diakui sangat membantu untuk pertemuan seperti kelas online atau webinar.

Namun fitur ini tidak tersedia untuk seluruh pemilik akun Google Meet. Hanya akun G Suite Essentials, G Suite Business, G Suite Enterprise, dan G Suite Enterprise for Education yang dapat memanfaatkannya.

2 dari 3 halaman

Fitur Noise Cancellation di Google Meet

Sebelumnya, Google Meet baru saja memperkenalkan fitur baru untuk penggunanya di Android dan iOS. Adapun fitur baru tersebut adalah noise cancellation yang sebelumnya sudah hadir di versi desktop.

Sesuai namanya, seperti dikutip dari Engadget, Selasa (29/9/2020), fitur ini memungkinkan pengguna mengurangi bunyi bising di sekitarnya saat sedang berkomunikasi melalui aplikasi Google Meet.

Sama seperti di versi desktop, fitur ini berfungsi untuk meredam bunyi di sekitar pengguna, tapi bukan suara manusia.

Jadi, fitur ini dapat menghilangkan suara pintu yang ditutup atau bunyi ketukan palu, tapi tidak suara orang berbicara yang ada di sekitar pengguna.

3 dari 3 halaman

Tidak Hadir untuk Seluruh Pengguna

Fitur ini tidak aktif secara otomatis di Google Meet, sehingga pengguna dapat menyalakannya terlebih dulu.

"Jika bunyi di sekitar merupakan bagian penting dari percakapan, seperti instrumen musik, matikan fitur ini," tutur Google.

Perlu diketahui, fitur noise cancellation ini akan hadir untuk pengguna G Suite Enterprise dan G Suite Enterprise for Education.

Sementara pemilik akun Google yang lain, termasuk G Suite Basic, G Suite Business, dan G Suite for Education, tidak dapat memakainya.

Kehadiran fitur ini disebut menjadi cara Google Meet tetap dapat berkompetisi dengan layanan serupa. Baru-baru ini, di versi desktop, ada juga sejumlah fitur baru, seperti low-light mode dan background blur.

(Dam/Ysl)