Sukses

Google Meet di Android dan iOS Kini Punya Fitur Noise Cancellation

Liputan6.com, Jakarta - Google Meet baru saja memperkenalkan fitur baru untuk penggunanya di Android dan iOS. Adapun fitur baru tersebut adalah noise cancellation yang sebelumnya sudah hadir di versi desktop.

Sesuai namanya, seperti dikutip dari Engadget, Selasa (29/9/2020), fitur ini memungkinkan pengguna mengurangi bunyi bising di sekitarnya saat sedang berkomunikasi melalui aplikasi Google Meet.

Sama seperti di versi desktop, fitur ini berfungsi untuk meredam bunyi di sekitar pengguna, tapi bukan suara manusia.

Jadi, fitur ini dapat menghilangkan suara pintu yang ditutup atau bunyi ketukan palu, tapi tidak suara orang berbicara yang ada di sekitar pengguna.

Fitur ini tidak aktif secara otomatis di Google Meet, sehingga pengguna dapat menyalakannya terlebih dulu.

"Jika bunyi di sekitar merupakan bagian penting dari percakapan, seperti instrumen musik, matikan fitur ini," tutur Google.

Perlu diketahui, fitur noise cancellation ini akan hadir untuk pengguna G Suite Enterprise dan G Suite Enterprise for Education.

Sementara pemilik akun Google yang lain, termasuk G Suite Basic, G Suite Business, dan G Suite for Education, tidak dapat memakainya.

Kehadiran fitur ini disebut menjadi cara Google Meet tetap dapat berkompetisi dengan layanan serupa. Baru-baru ini, di versi desktop, ada juga sejumlah fitur baru, seperti low-light mode dan background blur.

2 dari 3 halaman

Per 1 Oktober Durasi Layanan Google Meet Versi Gratis Hanya 60 Menit

Di sisi lain, versi gratis dari layanan Google Meet akan dibatasi dengan durasi maksimum 60 menit per 1 Oktober 2020.

Hal ini selaras dengan pernyataan perusahaan pada awal April lalu yang menyebut bahwa semua pengguna Google dapat memanfaatkan layanan Google Meet secara cuma-cuma dengan durasi tak terbatas hingga 30 September.

Menurut laporan The Verge yang dikutip pada Senin (78/9/2020), juru bicara Google menyebut tidak ada perubahan rencana terkait hal itu.

"Kami tidak memiliki [informasi] apa pun untuk dikomunikasikan terkait perubahan promosi dan fitur lanjutan yang akan berakhir [pada 30 September 2020]. Jika ada perubahan, kami pasti akan memberi tahu Anda," kata juru bicara Google.

Itu artinya, awal Oktober mendatang pengguna Google Meet versi gratis hanya dapat melakukan video-conference selama sejam.

Apa yang akan terjadi saat suatu video-conference mencapai durasi tersebut? Video-conference itu akan terputus seketika.

3 dari 3 halaman

Panggilan Google Meet Kini Bisa Via TV

Diwartakan sebelumnya, perusahaan mengumumkan kehadiran fitur baru di Google Meet. Kini, layanan video conference tersebut dapat diakses melalui layar TV.

Hal itu dapat dilakukan dengan memanfaatkan dukungan dari Chromecast. Kehadiran layanan ini diumumkan oleh anggota tim Chromecast Grace Yang beberapa waktu lalu.

Dikutip dari The Verge, Rabu (19/8/2020), dengan dukungan ini, panggilan Meet dapat dilakukan dengan memanfaatkan Chromecast yang tersambung di TV, Smart Display, termasuk TV Pintar berbasis Android.

“Meet di Chromecast memungkinkan pengguna membuat atau bergabung dengan meeting untuk terhubung dengan teman sekolah, berkolaborasi dalam sebuah proyek, dan menghadiri kuliah,” tulisnya dalam forum dukungan Chromecast.

Kendati demikian, suara dan video untuk komunikasi dua arah melalui Meet tetap perlu dilakukan melalui komputer. Jadi, yang ditampilkan di TV merupakan layar meeting secara keseluruhan.

Model Chromecast yang mendukung fitur ini adalah Chromecast Ultra termasuk Chromecast generasi kedua dan versi paling baru.

Meski sudah dapat digunakan, Google mengingatkan performa fitur ini dapat berbeda tergantung model layar atau Android TV yang digunakan.

(Dam/Isk)