Sukses

Apple Jual Lebih dari 500 Juta iPad dalam 10 Tahun Terakhir

Liputan6.com, Jakarta - Apple menjual lebih dari 500 juta unit iPad dalam 10 tahun ini. Informasi ini diumumkan langsung CEO Apple Tim Cook dalam event Apple Time Flies yang digelar secara live streaming, dini hari.

Dalam ajang Apple Time Flies ini, Apple juga mengumumkan Apple Watch series generasi terbaru dan mengungkap kehadiran iPad dan iPad Air.

Mengutip The Verge, Rabu (16/9/2020), ini adalah pertama kalinya Apple mengungkap berapa banyak iPad yang berhasil, sejak November 2018.

Sejak November 2018, Apple tak lagi mengumumkan berapa banyak unit iPhone, iPad, dan Mac yang terjual pada laporan pendapatan per kuartalnya.

Pada dini hari, Apple merilis iPad generasi ke delapan yang didukung layar 10,2 inci dengan chipset A12. Chipset ini sebelumnya dipakai pada iPad Air dan iPad mini yang dirilis tahun lalu.

Sementara untuk iPad Air yang dirilis tadi malam, hadir dengan chipset Bionic A14 dan desain yang mirip dengan iPad Pro.

2 dari 3 halaman

iPad 8 Dibanderol Rp 4,8 Jutaan

iPad 8 menjadi perangkat Apple yang cukup terjangkau. Salah satu alasannya dari harga terjangkau yang ditawarkan karena prosesor lebih cepat seri sebelumnya, dan bentang layar berukuran 10.2 inci.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, iPad gen 8 ini sudah dilengkapi dengan layar IPS Retina Display berukuran 10.2 inci beresolusi 2160 x 1620 piksel.

Apple menyebutkan, layar iPad gen 8 ini sudah mendukung aksesoris Apple Pencil generasi pertama.

iPad gen 8 dilengkapi dengan kamera 8MP (megapiksel) dengan aperture f//2.4.

Lensa ini juga sudah mendukung kemampuan merekam video HD 1080p di 30 fps, slo-mo 720p di 120 fps, dan sudah dilengkapi dengan video image stabilizaion.

Bagi yang ingin selfie dan FaceTime, perusahaan juga sudah menyematkan kamera 1.2MP berkemampuan retina flash, HDR, Live Photos, Burst Mode, dan lainnya.

Apple iPad gen 8 10.2 hadir dengan dua pilihan penyimpanan berkapasitas 32GB dan 128GB. Dia juga akan hadir dalam tiga opsi warna, yaitu space gray, silver, dan gold.

Untuk versi WiFi, iPad gen 8 ini akan dijual seharga USD 329 atau sekitar Rp 4,8 jutaan.

Sedangkan versi LTE akan dibanderol seharga USD 459 atau setara dengan Rp 6,8 jutaan.

Kedua versi iPad gen 8 ini sudah bisa di pre-order sekarang dan akan dirilis resmi pada 18 September 2020.

 

 

3 dari 3 halaman

iPad Mini

Dalam kesempatan yang sama, Apple juga menghadirkan iPad Air. iPad Air paling anyar ini disebut menjadi model yang paling bertenaga sebab dibekali dengan chip A14 Bionic.

Memiliki layar Liquid Retina 10,9 inci, Apple menyertakan desain Touch ID yang berbeda dari generasi sebelumnya. Jadi, Touch ID di perangkat ini diletakkan di bagian atas bodi perangkat.

Hadir dengan lima opsi warna, yakni silver, space grey, rose gold, green, dan sky blue, iPad Air ini memiliki kamera belakang 12MP, sama seperti iPad Pro. Sementara kamera depannya beresolusi 7MP.

Tablet ini mendukung fungsi speaker stereo saat digunakan dalam posisi lanskap, sehingga memberikan pengalaman audio yang lebih apik. iPad Air kini dilengkapi konektivitas dengan port USB Type-C.

Apple memastikan tablet ini sudah mendukung Magic Keyboard, Smart Keyboard Folio, termasuk Apple Pencil. iPad Air generasi terbaru ini akan dibanderol dengan harga mulai dari USD 599 (Rp 8,8 juta).

(Tin/Ysl)