Sukses

Penjualan Gaming Monitor AOC Tumbuh selama Pandemi Covid-19

Menurut data perusahaan riset pasar IDC, AOC menjadi pemimpin pasar di kategori gaming monitor dengan refresh rate 100Hz ke atas

Liputan6.com, Jakarta AOC baru saja meraih pencapaian dalam hal penjualan, meski di tengah pandemi Covid-19. Lina, Product Manager AOC Indonesia, menyatakan perubahan kebiasaan masyarakat karena Covid-19 turut mendorong pemakaian monitor dan komputer dari rumah.

"AOC memiliki peranan penting di sini, di mana kami menghubungkan orang-orang di tengah keterbatasan selama pandemi. Ini di luar perkiraan kami, sejak diberlakukannya work from home (WFH), permintaan monitor kami melonjak tajam," ujar Lina dalam acara webinar AOC Connects Live pada Jumat (14/8/2020).

Senada dengan Lina, Kevin Wu, General Manager MMD Monitor & Display Singapore menyatakan AOC termasuk ke dalam salah satu perusahaan pemimpin pasar gaming monitor secara global.

"AOC merupakan monitor pilihan para profesional maupun gamer. Indonesia sendiri saat ini menjadi pasar yang penting bagi kami," kata Kevin.

Primadona para gamer

Merujuk pada data Quaterly Gaming Tracker dari perusahaan riset pasar International Data Corporation (IDC), AOC menjadi pemimpin pasar di kategori gaming monitor dengan refresh rate 100Hz ke atas. Menurut data tersebut, AOC telah melakukan pengapalan kumulatif lebih dari 2,6 juta unit dan secara global meraih pangsa pasar 18 persen pada kuartal keempat tahun 2019.

Salah satu alasan di balik pencapaian ini adalah submerek AOC, yakni Agon, telah memperkuat segmen gaming monitor bagi kalangan pro dan casual gamer dengan refresh rate hingga 240Hz. Jajaran produk perusahaan menawarkan performa dengan waktu respons 0,5 ms dan teknologi sinkronisasi adaptif anti-tearing, termasuk G-Sync dari Nvidia dan AMD FreeSync.

Di lini produk AOC Agon, monitor AG323QCXE dengan bentang layar 32 inci dan kelengkungan 1500R menawarkan pengalaman gaming lebih intens. Selain itu, ada pula varian AG273QG dengan layar seluas 27 inci pada Quad HD dengan refresh rate 165Hz.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kembangkan pasar gaming monitor

Selaras dengan pertumbuhan eSports, pasar gaming monitor pun menjadi salah satu pasar yang mengalami perkembangan. AOC menanggapi fenomena ini melalui kemitraan dengan pengembang gim untuk menyediakan layar profesional dan membentuk komunitas gaming.

Misalnya, AOC telah menjadi sponsor ajang APAC Cybercafe Tournament untuk PUGB (Player Unknown's Battlegrounds). Selain itu, ACO juga bermitra dengan tim dan penyelenggara eSports kompetitif global, seperti klub IeSF dan G2 Esports, dalam rangka pengembangan produk seri G2 dan memenuhi kebutuhan pengguna unik ini.

 

3 dari 3 halaman

Penghargaan

Perusahaan juga secara konsisten tetap menjalin hubungan dengan pasar di tingkat akar rumput, serta melakukan upaya untuk memenuhi kebutuhan gamer kelas hardcore dan kasual. Selain itu, perusahaan juga berhasil memboyong penghargaan dari iF dan RedDot Award untuk jajaran produknya.

AOC, dalam waktu dekat, akan merilis monitor G2 series dan Agon 4 dengan spesifikasi mumpuni, yang termasuk kelengkungan 1000R, resolusi UHD, dan teknologi High Dynamic Range (HDR). Seri dengan ukuran ukuran 24 dan 27 inci ini diharapkan akan dirilis pada pertengahan September.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini