Sukses

Indosat Ooredoo Tawarkan Solusi Smart City, Hybrid Cloud, dan Big Data untuk Dukung New Normal

Bekerja sama dengan berbagai pihak, Indosat Ooredoo menawarkan solusi smart city, hybrid cloud, dan big data untuk mendukung pemerintah di masa new normal.

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo menawarkan solusi Smart City, Hybrid Cloud, dan Big Data untuk mendukung pemerintah di masa New Normal.

Pasalnya saat pandemi, pemerintah pusat dan daerah melakukan sejumlah pembatasan terhadap kegiatan masyarakat, guna menekan penyebaran Covid-19. Namun di sisi lain pemerintah juga punya tugas untuk tetap memastikan ekonomi nasional tetap bergeliat.

Banyaknya isu dan permasalahan yang harus ditangani pemerintah membuat sektor teknologi ICT harus memainkan peran penting dalam kondisi normal baru ini.

Salah satu parameter pemerintahan berjalan efektif adalah sistem pelaporan dari tingkat pemerintahan paling bawah yaitu kelurahan sampai ke tingkat kota. Untuk itu, infrastruktur ICT diperlukan untuk membantu pelaporan yang lebih cepat dan kolaboratif.

Operator telekomunikasi Indosat Ooredoo pun menawarkan menghadirkan solusi Smart City, Hybrid Cloud, dan Big Data. Dalam menghadirkan solusi ini, Indosat bekerja sama dengan Qlue.

Dengan begitu, keduanya memungkinkan pemerintah kota memantau pergerakan dan aktivitas masyarakat Indonesia sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Antara lain kewajiban memakai masker, pemeriksaan suhu tubuh, pemantauan kapasitas gedung, hingga penggunaan transportasi sesuai protokol kesehatan.

Selain memantau implementasi protokol kesehatan Covid-19, solusi Smart City ini juga dapat digunakan sebagai sarana koordinasi dan kolaborasi antara dinas atau instansi di pemerintah kota.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hybrid Cloud dan Big Data

Indosat juga bekerja bekerja sama dengan Alibaba dalam mengembangkan solusi Hybrid Cloud untuk berbagai sektor. Salah satunya adalah dalam hal layanan publik untuk meningkatkan efisiensi operasional.

Hybrid Cloud merupakan solusi infrastruktur ICT yang bisa digunakan untuk mencapai suatu efisiensi dalam proses dan pengelolaan data.

Misalnya pemrosesan data secara terpusat yang akan mempermudah dalam analisa data. Selain itu, implementasi Artificial Intelligence (AI) juga dibutuhkan saat ini untuk mempercepat pengambilan keputusan.

Teknologi Big Data dapat digunakan pemerintah kota dalam pengambilan keputusan secara cepat dan akurat. Penggunaan teknologi ini akan lebih memudahkan proses analisa data seperti arus lalu lintas dan kegiatan ekonomi sebuah kota.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo Bayu Hanantasena mengatakan Indosat Ooredoo terus berusaha untuk saling bahu-membahu bersama dengan masyarakat dan pelaku usaha di Indonesia dalam menghadapi situasi menantang di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Qlue dan Alibaba Cloud dalam menghadirkan solusi Smart City dan Hybrid Cloud. Kami berkomitmen mendukung solusi yang memudahkan dan mendukung keberlangsungan pemerintahan," kata Bayu dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Kamis (16/7/2020).

Ia berharap, solusi ini bisa membantu pelanggan pemerintahan untuk menjalankan roda pemerintahan dengan lebih efektif dan efisien.

Solusi Smart City memungkinkan pemerintah kota dan perusahaan melakukan penghematan pengeluaran biaya operasional dengan koordinasi dan kolaborasi yang dilakukan secara digital dengan menggunakan apikasi.

Sementara Hybrid Cloud dapat menjadi solusi pemerintah kota untuk implementasi pusat data yang terintegrasi pada semua dinas atau instansi terkait infrastuktur IT yang fleksibel, efisien, dan cepat melalui Hybrid Cloud.

3 dari 3 halaman

Hadirkan Platform Connect

Dalam rangka bersiap memasuki adaptasi kebiasaan baru, pemerintah dan industri perlu beradaptasi dengan cepat dan kreatif serta berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Indosat pun menghadirkan sebuah platform bernama “Connex”. Platform ini menjadi ruang untuk saling berbagi pengetahuan serta perkembangan terkini seputar industri dan teknologi.

Berangkat dari “Convention” dan “Expert”, harapannya melalui platform “Connex” ini Indosat Ooredoo Business dapat semakin dekat dengan seluruh mitra dan pelanggan, serta mendukung inovasi baru. Salah satunya yaitu Webinar.

Indosat bersama Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) mengadakan Webinar yang bertemakan “Siap Hadapi Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Smart City Berinfrastruktur Teknologi Cerdas dan Aman.”

“Kami berharap webinar pertama yang diadakan melalui platfrom Connex ini, dapat memberikan wawasan serta informasi baru terkait peran penting teknologi dalam mendukung dan memberikan solusi dalam penanganan krisis Covid-19, serta memperkenalkan solusi Smart City dan Hybrid Cloud yang merupakan hasil kerja sama baik dengan Qlue dan Alibaba,” tutup Bayu.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.