Sukses

Terdampak Covid-19, Lembaga Pendukung UKM di Korsel Beralih ke Konferensi Online

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mempertahankan cakupan konferensi sebelumnya, Seoul Industry Promotion Agency (SBA) mengumumkan bakal menggelar konferensi secara online. Langkah ini dilakukan karena terkendala pandemi Covid-19.

SBA adalah lembaga pendukung bisnis untuk UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Seoul, Korea Selatan, yang mana dijalankan oleh pemerintah metropolitan setempat.

Mengutip siaran pers yang Tekno Liputan6.com terima, Sabtu (11/7/2020), SBA mengumumkan akan mengalihkan pasar konten internasional SPP (Seoul Promotion Plan) 2020 ke konferensi bisnis online untuk mempromosikan pemasaran luar negeri di industri konten domestik yang telah terkena dampak Covid-19.

Konferensi ini sendiri akan diadakan kurang lebih selama sebulan, dari 13 Juli hingga 14 Agustus 2020.

Setelah adanya pembatalan pameran konten serta konsultasi ekspor domestik dan luar negeri karena Covid-19, strategi pemasaran luar negeri milik perusahaan konten domestik pun diblokir.

Untuk memecahkan kesulitan yang sedang dihadapi UKM dan penyedia konten, konferensi tahunan yang ke-20 ini akan digelar secara online untuk menjembatani penjual dan pembeli domestik dan luar negeri.

 

2 dari 3 halaman

Gratis

Fungsi utama SPP, ‘SPP BIZ-Matching Platform’ akan ditingkatkan secara signifikan dalam rangka pengalihan ke bentuk online.

Secara khusus, fungsi baru yang akan secara otomatis merekomendasikan konten khusus atau konten berbasis pembeli dalam aliran (genre) konten, dan lainnya, telah dirilis baru-baru ini.

Informasi mengenai penjual dan pembeli yang terdaftar dalam sistem akan disimpan sebagai big data dan bakal digunakan di kemudian hari untuk memberikan pencocokan lanjutan.

Konferensi bisnis online SPP tersedia secara gratis bagi semua produser dan distributor konten, atau perusahaan investasi di situs web SPP (www.spp.kr).

 

3 dari 3 halaman

Pencapaian SPP

SPP, sebagai pasar konten animasi dan webtoon terbesar di Asia, dihadiri oleh 30 negara pada 2019, termasuk Amerika Serikat, China, Jepang, dan India dengan total 461 perusahaan.

SPP juga berhasil merangkul 2.537 konsultasi ekspor dan mempromosikan kontrak senilai US$ 50 juta dan masih banyak pencapaian lainnya.

Tahun ini, lebih dari 500 penjual-pembeli konten dari 30 negara akan berpartisipasi dalam BIZ-matching melalui konferensi video online berdasarkan relasi publik berskala besar.

(Isk/Ysl)