Sukses

Epic Games Ingin Punya Toko Sendiri di iOS dan Android

Liputan6.com, Jakarta - Epic Games ternyata memiliki rencana untuk menghadirkan Epic Games Store ke platform mobile, seperti iOS dan Android.

Menurut CEO Epic Games, Tim Sweeney, hal itu dilakukan untuk memberikan opsi bagi pengguna perangkat mobile bermain gim.

Dikutip dari Game Rant, Kamis (4/6/2020), keputusan untuk menghadirkan Epic Games Store ini tidak lepas dari kemampuan perangkat mobile yang kini sudah mumpuni untuk memainkan gim berkualitas tinggi, seperti Fortnite atau Call of Duty: Mobile.

Meski belum mengungkap detailnya, keputusan untuk memboyong Epic Games Store ke iOS dan Android merupakan rencana perusahaan dan kemungkinan akan rilis di masa yang akan datang.

Di sisi lain, rencana ini dapat saja bertentangan dengan sistem yang sudah ada saat ini di masing-masing platform. Seperti diketahui, Android dan iOS sudah memiliki toko aplikasi sendiri sebagai tempat mengunduh gim maupun aplikasi.

Menyoal hal itu, menurut Tim, tujuan Epic Games dengan rencana ini adalah untuk mendorong industri gim lebih maju sekaligus membuka kesempatan bagi lebih banyak developer merilis gim di platform dan iOS.

Di samping itu, dengan memanfaatkan platform semacam Epic Games Store ini, dapat membuka kesempatan bagi gim yang tidak rilis di platform mobile atau yang membutuhkan akses pihak ketiga untuk lebih mudah hadir di perangkat mobile.

Dengan kondisi, Tim menuturkan akan terbuka kemungkinkan lebih banyak gim di platform mobile yang tersedia. Bahkan, bukan tidak mungkin beberapa di antaranya merupakan gim kelas tinggi dan dapat diunduh secara gratis.

2 dari 3 halaman

Fortnite Rilis di PlayStation 5 dan Xbox Series X

Sebelumnya, Epic Games sendiri baru saja mengonfirmasi gim battle royale kenamaannya, Fortnite, akan sambangi Xbox Series dan PlayStation 5 (PS5) saat diluncurkan tahun ini.

Perusahaan mengumumkan kabar tersebut bersamaan dengan versi demo Unreal Engine 5, game engine dan developer toolkit yang dirancang untuk membuat gim di konsol mendatang.

"Epic akan merilis Fortnite (Unreal Engine 4, UE4), pada konsol generasi selanjutnya saat diluncurkan akhir tahun ini," tulis perusahaan di blog resminya, Jumat (15/5/2020). "Kami akan melakukan migrasi Fortnite ke UE5 pada pertengahan 2021." 

Epic menjelaskan, semua progress dan pembelian di dalam gim akan tetap dibawa ke gim baru Fortnite di konsol PS5 dan Xbox Series X.

Tak hanya itu, perusahaan juga menjanjikan akan tetap mendukung cross-play Fortnite ke semua platform gim yang ada saat ini dan generasi berikutnya.

3 dari 3 halaman

Bukan Porting, Dibuat Pakai Unreal Engine 5

Epic mengatakan, Fortnite yang akan meluncur di PS5 dan Xbox Series X bukan sebuah porting belaka.

Perusahaan memang berencana untuk mengoptimalkan kemampuan game engine dan perangkat keras konsol generasi baru tersebut dengan baik.

Karena itu, pengembang menargetkan akan meluncurkan Fortnite dengan UE5 pada 2021.

Lebih lanjut, Fortnite sudah memiliki lebih dari 350 juta pemain yang sudah terdaftar dan menjadi salah satu gim terbesar dan paling menguntungkan ketimbang pesaing mereka.

Microsoft dan Sony berjanji untuk mendukung hampir seluruh library gim Xbox One dan PS4 melalui kompatibilitas ke konsol lama.

Hal ini juga berkat arsitektur konsol baru yang memungkinkan mereka untuk memainkan perangkat lunak yang lebih lama, yang tidak mungkin dilakukan dengan generasi sebelumnya.

Itu berarti sebagian besar gim akan bekerja pada konsol baru, meskipun pengembang tidak melakukan apa pun.

(Dam/Ysl)