Sukses

Kualitas Streaming Video di Kota Sorong Papua Barat Terbaik se-Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Sudah bukan hal baru pengguna internet di Indonesia paling banyak mengakses konten dari smartphone. Di masa pandemi ini, layanan streaming video menggunakan platform global maupun lokal meningkat tajam.

Operator seluler Indonesia pun berlomba-lomba meningkatkan kualitas internet agar pengguna bisa mengakses streaming video dengan lebih baik. Bahkan, operator juga menyediakan paket bundling khusus untuk streaming video.

Berdasarkan laporan State of Mobile Network Experience 2020 dari OpenSignal yang dipublikasikan Senin (1/6/2020), Indonesia berhasil meningkatkan kualitas layanan streaming video dari yang tadinya Cukup (Fair) menjadi Baik (Good).

Survei dilakukan di 44 kota-kota besar di Indonesia dengan mengombinasikan operator-operator telekomunikasi nasional beserta berbagai teknologi jaringan yang dipakai.

Dari hasil tersebut, rupanya pengguna internet di Kota Sorong, Papua Barat, menikmati streaming video yang paling lancar ketimbang kota-kota lain di Indonesia.

Peringkat selanjutnya yang mendapatkan layanan streaming paling lancar adalah di Ambon, Maluku, dan Jayapura, Papua.

Peringkat kualitas kecepatan streaming video di Indonesia berdasarkan survei OpenSignal (Foto: OpenSignal)

Ketiganya mendapatkan kategori Very Good atau sangat baik dalam hal kualitas streaming. Waktu loading-nya pun jauh lebih cepat ketimbang layanan streaming video di kota-kota lainnya.

Secara keseluruhan, kualitas streaming video di Indonesia beragam mulai dari Fair (40-55) hingga Very Good (65-75), tergantung lokasi masing-masing. Sementara, kebanyakan kota besar mendapatkan predikat Good untuk kualitas streaming video .

2 dari 3 halaman

Rata-Rata Kualitas Streaming Masih Oke

Perlu diketahui, 40 kota di Indonesia mendapatkan predikat Good (55-65 poin) dalam hal kualitas streaming video.

Artinya, para pengguna di Indonesia masih bisa menyaksikan layanan streaming video dengan baik meski kadang kualitasnya turun dan waktu loading-nya agak lama, terutama ketika video ditayangkan dalam kulitas lebih tinggi.

Rating Good didapatkan oleh pengguna di kota Tarakan, Manado, dan Gorontalo.

Uniknya, tidak ada satupun kota di Jawa yang masuk dalam 10 besar kota dengan streaming video tercepat.

Di antara kota-kota di Jawa, Bekasi menjadi yang paling bagus kualitas streaming-nya (posisi 19), diikuti dengan Surabaya (posisi 22), dan Bandung (posisi 26).

3 dari 3 halaman

Telkomsel

Selanjutnya, OpenSignal juga melihat, para pengguna internet Indonesia yang terhubung dengan jaringan Telkomsel mendapatkan pengalaman streaming video terbaik.

Sebelumnya di level nasional, hanya Telkomsel yang mendapatkan rating Good untuk pengalaman streaming video. Sementara di tingkat regional, Telkomsel mendapatkan rating Very Good.  

Perlu diingat juga, permintaan akan akses internet juga memainkan peranan dalam pengalaman sehari-hari. Makin banyak pengguna yang melakukan streaming video, makin banyak kapasitas jaringan yang dibutuhkan sehingga bisa menurunkan kulitas video.

Meski secara umum operator memusatkan peningkatan kapasitas jaringan di kota-kota besar, peningkatan itu tidak setara dengan masifnya jumlah permintaan atas konsumsi data di kota metropolitan berpenduduk padat.

Kemungkinan, hal inilah yang membuat Jakarta tak masuk dalam peringkat 10 besar kota yang streaming videonya paling cepat.

(Tin/Ysl)