Sukses

Hati-Hati, Wallpaper Ini Bisa Bikin Smartphone Android Crash dan Tak Mau Menyala

Liputan6.com, Jakarta - Hati-hati, sebuah wallpaper bisa membuat sejumlah smartphone Android tertentu mengalami soft brick dan crash.

Soft brick dalam istilah Android adalah kondisi ketika smartphone mengalami kegagalan booting, namun masih bisa diatasi.

Smartphone yang soft brick biasanya memiliki ciri-ciri mau hidup tetapi hanya menampilkan tulisan merek. Selanjutnya, beberapa detik kemudian smartphone mati atau crash terus menerus.

Kembali ke masalah wallpaper, mengutip Android Authority, Senin (1/6/2020), masalah ini awalnya ditemukan oleh pengamat dan leaker perangkat Univerce Ice.

Ia pun mengumumkan via Twitter dan informasi ini dikonfirmasi oleh para pengguna Android lainnya.

Rupanya yang bikin masalah adalah pemasangan wallpaper dengan gambar pemandangan seperti gambar di atas.

Begitu gambar dipasang sebagai wallpaper, smartphone mengalami soft brick, terutama sejumlah smartphone Samsung dan Google. Kendati demikian, smartphone dari merek lain juga ada yang mengalami dampaknya.

Android Authority mencoba memasang wallpaper tersebut di sejumlah smartphone, antara lain Mate 20 Pro dan Google Pixel 2. Pada Mate 20 Pro, tidak ada masalah apapun setelah pemasangan wallpaper.

2 dari 3 halaman

Restart Tak Atasi Masalah

Namun, ketika dipasang di Google Pixel 2, smartphone tiba-tiba mengalami crash dan seketika reboot, namun layarnya malah mati dan nyala berulang kali sehingga smartphone sulit untuk dinyalakan.

Proses restart perangkat dalam kondisi safe mode (memencet dan tahan tombol volume bawah selama proses boot-up) juga tak bisa menyelesaikan masalah.

Penyelesaiannya adalah pengguna melakukan reset factory pada perangkat atau kembali ke pengaturan awal. Sayangnya, reset factory membuat perangkat kehilangan seluruh data-datanya.

Oleh karenanya, pengguna perangkat Android disarankan untuk tidak mengunduh dan memasang wallpaper itu.

3 dari 3 halaman

Penyebab Wallpaper Bikin Smartphone Crash

Tak dijelaskan kenapa pemasangan wallpaper tersebut bisa membuat smartphone Android bermasalah. Namun, para pemerhati Android berpendapat bahwa mungkin saja gambar tersebut bertentangan dengan masalah mendasar pada OS Android.

Ada kemungkinan juga, wallpaper ini sengaja dibuat untuk memanfaatkan kerentanan yang ada.

Sebelumnya, masalah serupa pernah dilaporkan kepada Google pada 2018. Saat itu pada pengembang Google menyebut, mereka tidak dapat mereproduksi masalah kemudian menutupnya.

Sementara, sejumlah pengguna Reddit dan Twitter menyebut, masalah ini terjadi karena profil warna pada gambar yang melampaui batas yang dapat ditangani Android sehingga menyebabkan smartphone crash.

Berdasarkan laporan pengguna, perangkat dari Google, Samsung, OnePlus, Nokia, hingga Xiaomi terpengaruh meski tidak semua model.

(Tin/Ysl)