Sukses

Review Realme 6, Smartphone Kelas Menengah dengan Performa Wah dan Layar 90Hz

Liputan6.com, Jakarta - Masuk bulan ketiga 2020, Realme sudah meluncurkan deretan smartphone mereka di pasar ponsel Tanah Air.

Terhitung, ada tiga ponsel pintar baru yang diumumkan oleh perusahaan asal Tiongkok tersebut, termasuk Realme X50 Pro 5G, Realme C3, dan Realme 5i.

Terkini, perusahaan mengumumkan dua seri smartphone baru untuk penggemar setianya, yaitu Realme 6 dan Realme 6 Pro.

Bersamaan dengan peluncuran itu, tim Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk mencoba lebih dahulu salah satu seri tersebut, yakni Realme 6.

Adapun Realme 6 yang mendarat di meja redaksi hadir dengan RAM 8GB dan memori internal sebesar 128GB. Tanpa perlu panjang lebar, ini dia ulasan singkatnya.

2 dari 4 halaman

Desain

Tampak belakang Realme 6. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Untuk smartphone seharga Rp 3 jutaan, Realme 6 sepintas memang tampil dengan desain stylish layaknya ponsel pintar premium.

Terinspirasi dari komet yang membelah langit malam yang gelap, desain Realme 6 tampak sangat cerah dengan dua siluet panjang membelah.

Seperti Realme 5 Pro, seri 6 ini juga memiliki bentang layar 6,5 inci. Meski sama, perusahaan melengkapi smartphone ini dengan resolusi layar FullHD+.

Tampak lensa kamera selfie yang tersembunyi di bawah layar.

Realme 6 juga dilengkapi desain punch hole dengan lubang kecil di sudut kiri atas yang membuat layarnya tampil lebih lebar. Layar pada Realme 6 juga dilapisi bezel tipis di samping, namun terlihat lebih besar di bagian bawah.

Layar Realme 6 juga mendukung kecepatan refresh rate hingga 90Hz, dan menjadi smartphone kelas menengah dengan harga murah. Perusahaan juga menyertakan sensor sidik jari ke dalam tombol power yang terdapat di sisi bodi ponsel.

Tampak sisi kanan Realme 6 tenoat tombol power/lock sekaligus sensor sidik jari. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Tombol volume di sebelah kiri juga sedikit lebih rendah dengan penempatan slot kartu SIM yang tepat di atasnya, dilengkapi dengan USB Type-C, audiojack 3.5mm, dan speaker.

Menjadi vendor smartphone pertama yang membawa refresh rate hingga 90Hz di ponsel pintar kelas menengah, tampilan di Realme 6 tampak sangat mulus dan halus.

Layar lebar dan rasio screen to body yang baik, patut diacungi jempol. Refresh rate hingga 90Hz pun membantu kinerja smartphone yang ditenagai dengan MediaTek Helio G90T.

Tampak sisi kiri Realme 6. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Dipadukan dengan GPU ARM G76, performa smartphone pun semakin kuat dan efisien dalam hal konsumsi daya baterai untuk sehari-hari, termasuk bermain gim.

Selama pemakaian, Realme 6 berhasil menghadirkan visual tertinggi setelah mengingat di segmen mana dia berada.

3 dari 4 halaman

64MP Quad Camera

Tampak empat kamera Realme 6. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Meski masuk ke dalam kategori smartphone kelas menengah, bukan berarti kemampuan kamera Realme 6 dipandang sebelah mata.

Realme 6 hadir dengan pengaturan empat kamera dengan komposisi, seperti lensa ultrawide 8MP, kamera utama beresolusi 64MP dengan sensor Samsung ISOCELL Bright GW1, lensa B&W 2MP dan lensa dedicated macro 2MP.

Sementara itu untuk urusan selfie, Realme melengkapi seri ini dengan kamera 16MP berbentuk In-Display Selfie atau kamera yang tertanam di dalam layar--pertama kalinya di seri angka Realme.

Hasil kamera Realme 6.

Seperti smartphone lain, Realme 6 memiliki fitur HDR, filter, Chroma Boost, Nightscape 3.0, AI scene recognition, dan lensa fokus. Bedanya, perusahaan menyertakan filter warna baru untuk lensa potret B&W.

Uji kamera Realme 6.

Lensa potret B&W punya sistem filter warna yang baru mampu mendeteksi beragam cahaya yang lebih luas yang bantu lensa utama saat menangkap cahaya.

Jika dicoba memotret siang hari, kamera smartphone mampu menangkap detail objek meskipun saat diperbesar. Secara default foto memang diambil pada resolusi 16MP, tapi kamu bisa mengaturnya menjadi 64MP jika diperlukan.

Kamera ultrawide pada Realme 6 juga mampu menghasilkan foto bidang pandang yang luas. Detail dan kualitas foto yang minim distorsi di bagian tepi juga cukup baik.

Uji kamera Realme 6.

Uji kamera Realme 6.Berhubung kamera makro di seri ini tidak memiliki fokus otomatis, kamu jadi harus mendekati subjek sejarak 4cm (kurang lebih) untuk mengambil bidikan yang baik. Output juga terbatas pada resolusi 2MP.

Dalam cahaya redup, kualitas kamera jadi sedikit menurun. Tapi, setelah mode Nightscape diaktifkan akan mendapatkan hasil detail yang jauh lebih baik.

Foto selfie dengan resolusi 16MP juga memiliki detail bagus. Biar maksimal, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur AI beauty atau menonaktifkan fitur ini agar hasil lebih alami.

Uji kamera Realme 6.

Uji kamera Realme 6.

Sedangkan untuk video, ponsel pintar ini mampu merekam hingga 4K untuk tembakan utamanya. Dalam pengoperasiannya sendiri, kamu juga bisa memilih opsi pemotretan pada 1080p /60fps menggunakan kamera utamanya.

Kamera depan Realme 6 ini juga sudah dilengkapi dengan video efek bokeh real-time serta Slo-Mo selfie hingga 120fps saat mendapatkan update OTA nanti.

 

4 dari 4 halaman

Baterai 4.300 mAh yang Kuat

Uji kamera Realme 6.

Beda dari seri sebelumnya, Realme melengkapi seri baru ini dengan teknologi 30W Flash Charge. Baterai pun mampu terisi penuh hanya dalam waktu 60 menit saja.

Kami mencoba bermain gim saat smartphone dalam kondisi pengisian daya, ternyata 30W Flash Charge milik Realme 6 tetap bisa mengisi daya dalam waktu 60 menit. Jika, ingin mengisi penuh terlebih dahulu, kamu bisa meninggalkan sisanya sebelum melanjutkan aktivitas lainnya.

Dalam penggunaan harian, Realme 6 dapat bertahan satu hari dengan aktivitas panggilan, pesan, email, media sosial, musik dan permainan ringan.

Kesimpulan

Realme 6 menawarkan dua varian memori, 4GB + 128GB dan 8GB + 128GB serta dilengkapi dengan slot 3 kartu untuk dua kartu SIM dan satu kartu SD hingga 256GB. Secara keseluruhan Realme 6 bisa jadi pertimbangan Anda yang ingin membeli smartphone baru dengan budget 3 jutaan.

Untuk smartphone kelas menengah, smartphone ini memiliki performa yang mumpuni. Baterai kuat seharian dengan pengisian daya cepat, kamera utama 64MP, layar dengan refresh rate tinggi, dan desainnya juga boleh dikatakan menarik. Ini cukup menggambarkan jika Realme 6 dibanderol harganya murah, tapi punya performa yang mewah.

(Ysl/Isk)