Sukses

Kreator Konami Code Kazuhisa Hashimoto Meninggal Dunia

Programer dari Konami code, salah satu kode curang paling terkenal di dunia, Kazuhisa Hashimoto, dikabarkan telah meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Programer dari Konami code, salah satu kode curang paling terkenal di dunia, Kazuhisa Hashimoto, dikabarkan telah meninggal dunia minggu ini pada usia 61 tahun.

Bagi kamu yang pernah main gim-gim lawas pasti sudah tidak asing lagi dengan kode buatannya, ↑ ↑ ↓ ↓ ← → ← → B, A, Start, yang mampu bertahan lebih dari tiga dekade hingga saat ini.

Sejumlah studio pun sering kali menyertakan easter egg mereferensikan kode cheat terkenal ini di dalam gim buatan mereka.

Kabar ini diumumkan oleh Konami yang merilis pernyataan sekaligus mengonfirmasi kabar kematian Hashimoto, dan mengirimkan belasungkawa kepada keluarganya.

"Kami sedih mendengar tentang meninggalnya Kazuhisa Hashimoto, sosok produser yang sangat berbakat," tulis Konami sebagaimana dikutip, Jumat (28/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertama Kali Konami Code Muncul

Konami berencana untuk lebih fokus ke industri game mobile ketimbang game konsol, ada apa?

Konami code pertama kali muncul pada 1986 di gim portingan Gradius untuk konsol Nintendo Entertainment System (NES).

Kode itu memberikan gamer akses ke sejumlah power-up, dan membuat gim lebih mudah untuk dimainkan.

Awalnya, Hashimoto membuat kode cheat itu karena dia merasa gim tersebut terlalu sulit untuk dimainkan selama pengembangannya.

Tentunya, Gradius bukan gim yang mempopulerkan kode cheat tersebut. Ia populer ketika muncul di gim Contra (1988). Memakai ini, gamer dapat menambah nyawa gamer di gim sebanyak 30.

3 dari 3 halaman

Gim Lain Usung Konami Code

Metal Gear Solid V: The Phantom Pain akan dirilis serempak di seluruh dunia pada 1 September 2015

Pengembang gim yang juga menyertakan Konami code ini, termasuk Teenage Mutant Ninja Turtles III: Proyek Manhattan, seri Dance Dance Revolition, Metal Gear Solid 2: Son of Liberty (2010), dan Castelvania: Lords of Shadows (2010).

Tak hanya dipakai di gim Konami, sejumlah gim lain seperti Mario Party juga menggunakan kode ini.

Kode ini juga muncul di gim lain, seperti BioShock Infinite, Borderlands 2, Anthem, dan Fortnite.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini