Sukses

Instagram Bakal Permudah Pengguna Unfollow Teman

Instagram diketahui sedang melakukan uji coba membagi akun yang difollow berdasarkan kategori, sehingga mudah dipilah.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram dilaporkan tengah menguji coba fitur baru yang mempermudah pengguna menyortir akun followers maupun following. Dengan cara ini, pengguna dapat bersih-bersih akun yang sudah tidak ingin diikuti.

Informasi ini pertama kali diketahui dari pembocor kode Jane Manchun Wong. Dikutip dari Engadget, Selasa (22/10/2019), dia menemukan Instagram sedang menguji fitur yang membagi follower pengguna ke dalam beberapa kategori.

Lewat kategori yang disusun, pengguna Instagram dipermudah untuk mengetahui followers maupun akun yang di-follow-nya. Beberapa kategori yang ditampilkan adalah least interacted with dan most shown in feed.

Jadi, dengan kategori yang terbagi itu, pengguna dapat lebih mudah menentukan akun mana yang ingin di-follow dan di-unfollow.

Di sisi lain, pengguna dapat pula mengatur akun yang terhubung dengannya benar-benar sesuai dan tidak sekadar asal follow.

Meski sudah dilakukan uji coba dan menarik, belum dapat dipastikan apakah fitur ini akan diluncurkan dalam waktu dekat. Instagram sendiri memang dilaporkan sedang melakukan sejumlah uji coba untuk meningkatan pengalaman pengguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Instagram Bakal Rilis Fitur DM untuk Desktop?

Salah satunya, Instagram dikabarkan telah mengembangkan fitur pesan Direct Message (DM) untuk desktop.

Informasi tentang fitur Instagram versi dekstop yang akan datang ini berasal dari reverse engineer Jane Manchun Wong. Demikian dikutip dari The Next Web, Sabtu (12/10/2019).

Ia memang dikenal menemukan fitur-fitur baru yang tengah dikembangkan melalui metode reverse engineering.

Melalui akun Twitternya, Wong menyebut, "Instagram tengah mengembangkan pesan DM ke versi website desktop."

Sekadar informasi, sejak awal kehadirannya, Instagram adalah platform yang ditujukan untuk pengguna smartphone.

Sementara Instagram versi desktop dihadirkan belakangan. Penggunaan Instagram di desktop relatif jarang. Namun Instagram tetap menambahkan berbagai fitur baru ke versi web setelah fitur tersebut dirilis di smartphone.

Meski bisa membuka Instagram via desktop, sampai saat ini pengguna juga tidak bisa mengunggah gambar lewat komputer.

3 dari 3 halaman

Mirip dengan Tampilan Facebook Messenger

Mengutip informasi dari Jane Manchun Wong, fitur obrolan DM Instagram bakal ditempatkan sebuah sidebar dengan antarmuka mirip dengan Facebook Messenger.

Sebelumnya, Mark Zuckerberg memang telah mengumumkan rencananya untuk membuat semua pengguna bisa saling berkomunikasi lintaspesan.

Ia ingin pengguna bisa saling berkomunikasi antara Messenger, Instagram, dan WhatsApp. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika aplikasi-aplikasi pesan ini akan berbagi antarmuka desain yang sama.

Tentunya, bagi pengguna Instagram yang sangat aktif seperti influencer atau pelaku bisnis, kehadiran fitur DM Instagram versi desktop bisa memudahkan aktivitas mereka.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.