Sukses

Daftar Smartphone Android dan iOS yang Ditinggal WhatsApp Tahun Depan

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai aplikasi pesan singkat nomor satu di dunia, WhatsApp memutuskan untuk tidak mengaktifkan aplikasinya lagi di beberapa smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS versi lama.

Mengutip laman tanya jawab resmi milik WhatsApp, Selasa (1/10/2019), aplikasi milik Facebook ini akan dinonaktifkan pada smartphone tertentu per 20 Februari 2020.

Berikut sistem operasi Android dan iOS yang tidak akan dapat menggunakan WhatsApp pada taggal tersebut:

- Smartphone dengan Android versi 2.3.7 atau Gingerbread beserta versi yang lebih lama.

- Perangkat dengan iOS 8 beserta versi yang lebih lama.

Untuk sekarang, iOS 8 masih dapat menggunakan WhatsApp. Namun ketika mengunduh ulang aplikasi ini, pengguna tidak akan dapat melakukan verifikasi akun.

2 dari 5 halaman

Windows Phone

Tidak hanya Android dan iOS, smartphone dengan sistem operasi Windows Phone juga tidak akan dapat menggunakan layanan WhatsApp per 31 Desember 2019

Hal ini berkaitan dengan banyaknya fitur-fitur baru di WhatsApp yang membutuhkan RAM lebih kuat dan sistem operasi mumpuni.

Matinya layanan WhatsApp di beberapa sistem operasi ini juga dikarenakan pihak WhatsApp yang memang sudah tidak mengembangkan aplikasinya untuk sistem operasi tersebut. 

 

 

3 dari 5 halaman

Siap-Siap, WhatsApp Status Bisa Dibagikan ke Facebook Story

Di luar dari informasi tersebut, WhatsApp tengah menguji coba fitur baru sejak Juni lalu. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan WhatsApp Status mereka ke Facebook Story.

Kemungkinan besar, proses uji coba berlangsung lancar dan tidak ada masalah. Oleh karenanya, WhatsApp bakal segera menghadirkan kemampuan berbagi WhatsApp Status ke Facebook Story kepada para pengguna.

WhatsApp memang belum membuat pengumuman resmi terkait hal ini. Namun, sejumlah pengguna WhatsApp di Twitter melaporkan kemampuan fitur berbagi antarplatform ini.

Mengutip laman GSM Arena, Senin (23/9/2019), perangkat Android dengan versi WhatsApp 2.19.258 di India juga sudah mendapatkan kemampuan berbagi status ini.

Sementara untuk aplikasi WhatsApp di iPhone di India dan smartphone Android di Eropa juga belum mendapatkan pembaruan fitur ini. Oleh karenanya, diduga saat ini kehadiran fitur berbagi status antarplatform masih bersifat terbatas.

Dikatakan, WhatsApp tengah menyusun laman FAQ di website mereka. Laman FAQ ini akan memberikan detail langkah berbagi WhatsApp Status ke Facebook Story atau aplikasi lain.

Hal tersebutlah yang mengisyaratkan bahwa kehadiran fitur berbagi status secara global bakal dilakukan segera mungkin.

4 dari 5 halaman

Cara Berbagi WhatsApp Status ke Facebook Story

Jika di aplikasi WhatsApp pada perangkat Android kamu sudah ada fitur ini, kamu bisa melihat opsi "Share to Facebook Story" di bawah "My Status" pada tab "Status." Sementara, tombol Share berada di bagian kanannya.

Jika kamu mengetap tombol Share, bakal terbuka menu berbagi. Menu ini memperlihatkan berbagai aplikasi yang bisa dipakai untuk berbagi WhatsApp Status.

Jika mengetap opsi "Share to Facebook Story", akan menampilkan ikon Facebook.

Kemudian, saat mengetap ikon Facebook, akan membuka aplikasi, membiarkan pengguna membagikan WhatsApp Status ke Facebook Story.

Selain itu, jika pengguna mengunggah beberapa status baru, semuanya akan dibagikan ke Facebook Story.

Untuk itu, jika pengguna ingin membagikan hanya salah satu, mereka harus masuk ke opsi "My Status" kemudian pilih yang ingin dibagikan.

Caranya, ketuk tombol tiga titik di sudut kanan atas, kemudian pilih opsi "Share to Facebook Story."

5 dari 5 halaman

Tak Dilindungi Enkripsi

Sebagai catatan, WhatsApp Status yang dibagikan dengan Facebook atau aplikasi lain tidak dilindungi dengan enkripsi end-to-end.

Selain itu, fitur berbagi WhatsApp Status ke Facebook Story ini hanya akan tersedia jika pengguna memiliki aplikasi Facebook di Android, Facebook di iOS, atau Facebook Lite yang diinstal di smartphone.

(Keenan Pasha/Isk)