Sukses

Cara Jitu Singkirkan Iklan Mengganggu di Smartphone Xiaomi

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi merupakan merek smartphone terkenal. Teknologi merek global ini, dibuat untuk memudahkan akses bagi penggunanya.

Namun, ada beberapa perusahaan, yang masih mengambil keuntungan dari layanan iklan dalam smartphone.

Kesempatan tersebut digunakan oleh pihak Xiaomi, sehingga banyak pengguna yang mengeluh karena layanan iklan muncul secara terus-menerus.

Tapi, tidak perlu khawatir. Tekno Liputan6.com telah melansir bagaimana cara menghilangkan iklan tersebut.

Dikutip dari Techpp, Sabtu (6/7/2019), berikut ulasan lengkapnya.

2 dari 4 halaman

Nonaktifkan Otorisasi Iklan

Cara pertama ini bisa digunakan untuk menghilangkan iklan di smartphone, terutama di antarmuka MIUI. Langkah awal, buka "Settings" di smartphone dan navigasikan ke "Additional Settings".

Lalu, pilih "Authorization and Revocation". Kemudian, nonaktifkan atau disable "MSA". Jika percobaan pertama untuk disable "MSA" tidak berhasil. Maka, lakukan lagi agar berhasil.

Ada beberapa keuntungan yang didapat dari cara ini. Aplikasi seperti Browser, Keamanan, Unduhan dan lainnya, tidak memiliki izin untuk menampilkan iklan.

Selain itu, kemungkinan besar algoritma yang menampilkan iklan akan dicabut. Dengan demikian, kamu tidak akan melihat iklan berulang di smartphone.

Sebagai catatan, Xiaomi tidak akan mematikan "MSA" pada MIUI 10 8.9.20 dan seterusnya. Solusinya, kamu bisa pergi ke Settings> Apps> MSA> Restrict data usage.

 

3 dari 4 halaman

Nonaktifkan secara Manual dari Aplikasi Sistem MIUI

Biasanya, iklan yang muncul di MIUI berasal dari aplikasi seperti Manajer File, Musik, Unduhan, Browser dan lain-lain. Langkah kedua ini bisa dipakai jika langkah pertama gagal membuat iklan menghilang di smartphone.

Pertama, buka Mi File Manajer. Lalu, klik tiga baris vertikal yang muncul di sudut kiri atas, untuk membuka menu hamburger di Xiaomi. Kemudian, akan terlihat “Settings”, lalu klik “About” dan nonaktifkan "Recommendations".

Berikutnya, aplikasi Keamanan. Buka aplikasi dengan klik ikon roda bergigi yang berada di kanan atas. Selanjutnya, nonaktifkan "Receive Recommendations". Pada saat yang sama, buka "Cleaner" di menu “Settings”, dan nonaktifkan opsi "Terima Rekomendasi".

Browser MIUI default merupakan salah satu aplikasi yang menampilkan banyak iklan. Untuk menghilangkan iklan tersebut, kamu perlu membuka aplikasi Browser. Buka Pengaturan> Lanjutan> Pesan> dan nonaktifkan "Receive Recommendations".

Apikasi lain yang menampilkan iklan adalah Unduhan. Jadi, buka "Settings" dan hapus pilihan "Tampilkan konten yang disarankan" atau "Show Recommended content".

Selanjutnya, aplikasi yang berpotensi mengeluarkan iklan adalah Musik default. Untuk menonaktifkannya, buka aplikasi Musik, lalu klik Settings> Advanced Settings dan matikan "Recommendations".

 

4 dari 4 halaman

Nonaktifkan Pelacak Iklan

Langkah terakhir, nonaktifkan layanan yang melacak pola penggunaan, untuk menampilkan iklan khusus pengguna.

Caranya, buka Additional Settings > Privacy > Ad Services dan nonaktifkan "Personalized Ad Recommendation".

Atau, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Blokada. Aplikasi ini akan memblokir seluruh sistem iklan yang muncul dalam smartphone kamu.

Cukup mudah, bukan? Selamat mencoba.

(Linda Fahira Putri/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Dituduh Jiplak Memoji Apple
Artikel Selanjutnya
Awas, Pejalan Kaki Main Smartphone di Negara Ini Terancam Denda Rp 1,9 Juta