Sukses

Tips Melindungi dan Mengingat Kata Sandi dengan Firefox Password Manager

Liputan6.com, Jakarta - Firefox Password Manager adalah fitur yang disediakan oleh Firefox, berguna untuk mengelola pengaturan keamanan. Tak perlu khawatir takut diretas, karena sudah ada fitur dari Firefox ini.

Fitur tersebut disediakan untuk mengamankan data pengguna, seperti alamat email dan kata sandi (password).

Dikutip dari Firefox, Jumat (5/7/2019), berikut cara menggunakan pengelolaan kata sandi untuk mengingat, menghapus, dan melindungi kata sandi.

Firefox Bantu Mengingat Email dan Kata Sandi

Biasanya, kamu diharuskan menulis email dan kata sandi untuk membuka situs web tertentu. Pada saat yang sama, Firefox akan meminta konfirmasi, apakah kamu ingin menyimpannya atau tidak.

Jika kamu mengizinkannya, maka klik kata Simpan. Kalau tidak, cukup klik tanda silang yang berada di kiri atas pertanyaan. Atau klik Jangan Simpan.

Terdapat keunggulan saat kamu menyimpannya, yaitu ketika membuka web di Firefox, kamu tidak perlu lagi menulis email dan password.

Ketika kamu mengetikkan email dan kata sandi yang salah, cukup ketik alamat email dan kata sandi yang benar di situs web, dan Firefox akan meminta untuk menyimpannya. Kemudian, klik Perbarui.

 

 

2 dari 4 halaman

Melihat dan Menghapus Kata Sandi

Untuk melihat dan menghapus kata sandi, kamu hanya perlu klik tombol Menu untuk membuka panelnya.

Lalu, klik Login dan Kata Sandi, maka sebuah web akan muncul dengan daftar login kamu yang tersimpan. Kemudian, cari atau scroll login yang ingin diubah.

Jika ingin mengubah nama pengguna, cukup klik 2x dan tulis nama yang baru. Opsi Hapus Semua berguna untuk menghapus semua login kamu yang tersimpan.

 

3 dari 4 halaman

Melindungi Kata Sandi

Penggunaan kata sandi yang sama terhadap semua akun, akan lebih rentan terhadap pencurian identitas.

Meskipun Pengelola Kata Sandi menyimpan nama pengguna dan kata sandi di hard drive, tetapi masih ada kesempatan bagi seseorang untuk mengakses akun kita.

Gunakan Kata Sandi Utama untuk melindunginya. Hal ini akan menjaga kata sandi, sekali pun komputer kamu hilang.

(Linda Fahira Putri/Isk)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Loading