Sukses

Microsoft Tunda Update Windows 10 di Sejumlah Perangkat Mac Lawas

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Microsoft mengkonfirmasi pihaknya membatasi kompabilitas pada serangkaian perangkat Apple Mac versi lawas yang mencoba memperbarui ke update Windows 10 versi Mei 2019 (1903).

Perangkat Mac bisa menjalankan Windows 10 melalui Boot Camp. Namun menurut Microsoft, karena ada masalah di driver HAL Mac pada akhirnya melarang model-model Mac yang dirilis sebelum 2012 dari pembaruan fitur terbaru.

"Jika Anda mencoba untuk memperbarui software ke Windows 10 versi terbaru, Anda mungkin akan mengalami kesulitan update dan menerima pesan 'Mac HAL Driver - machaldriver.sys: PC Anda memiliki driver atau layanan yang tidak siap untuk versi Windows 10 ini'," kata Microsoft, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Softpedia, Rabu (3/7/2019).

Perangkat Mac dengan tahun rilis 2012 atau perangkat Mac lain yang memiliki Apple Boot Camp lawas tidak dapat diperbarui ke Windows 10 versi 1903.

Perangkat lain yang memiliki MacHALDriver.sys tertanggal 24 September 2011 atau yang lebih lawas, ikut terdampak.

2 dari 3 halaman

Masih Bisa Di-update

Microsoft menjelaskan, pengguna bisa mencoba untuk memperbarui driver Windows Support Software di Boot Camp guna menginstal pembaruan Windows 10 versi 1903.

Microsoft juga menyebut, notifikasi yang ditampilkan mencatat bahwa pembaruan versi 1903 akan secara otomatis di-push ke perangkat, ketika masalah sudah diselesaikan.

Microsoft merujuk pada dokumen dukungan Apple yang mencakup petunjuk tambahan tentang cara mengatasi bug dan menginstal Windows Support Software secara manual melalui Mac.

3 dari 3 halaman

Lakukan Update Software

"Memperbarui Apple Boot Camp di Windows Support Software memungkinkan pengguna memperbarui software ke Windows 10 versi 1903. Pengguna bisa memeriksa software dukungan Windows yang terbaru di MacOS dengan cara membuka App Store kemudian menginstal seluruh update yang tersedia," kata Microsoft.

Microsoft saat ini tengah mengerjakan perbaikan dan memperkirakan patch tersebut bisa diterbitkan untuk Mac per akhir bulan ini.

(Tin/Ysl)