Sukses

Review Galaxy M20: Baterai dan Kamera Oke, Tapi...

Liputan6.com, Jakarta - Samsung belakangan ini tengah gencar merilis berbagai produk smartphone terjangkaunya. Mulai dari Galaxy seri M yang mengunggulkan kekuatan baterai hingga Galaxy seri A yang digadang-gadang bakal jadi ajang naik tingkatnya pengguna Galaxy J.

Belum lama ini Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal Galaxy M20 yang dirilis Februari lalu.

Perangkat ini menyasar pengguna yang selalu ingin terhubung dengan siapapun melalui smartphone-nya. Makanya tidak heran jika Samsung memasukkan baterai bongsor dengan kapasitas 5.000mAh di perangkat ini.

Saat baru dirilis, Galaxy M20 dibanderol Rp 2,799 jutaan. Berikut adalah hasil ulasan singkatnya.

1. Desain

Galaxy M20 mengusung desain kekinian, nyaris tanpa bezel, tanpa tombol Home, dan sebuah notch kecil di atas layarnya. Oleh Samsung, desain ini diberi nama Infinity V.

Sekadar informasi, ini merupakan pertama kalinya Samsung menghadirkan sebuah notch pada layar smartphone, mengikuti pasaran.

Desain ini mungkin terbilang baru bagi smartphone besutan Samsung namun sejumlah perangkat Tiongkok sudah mengdopsi desain dengan notch kecil di atas.

Notch di Galaxy M20 yang disebut sebagai Infinity V (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Galaxy M20 memiliki layar seluas 6,3 inci dengan resolusi 1080x2340 piksel. Tak seperti banyak smartphone andalan Samsung yang dibekali layar AMOLED atau Super AMOLED, perangkat ini mengusung jenis layar PLS TFT.

Alhasil, warna pun tidak setajam output warna pada layar Super AMOLED. Namun demikian aspek rasio yang diusungnya sudah cukup luas yakni 19,5:9.

Bodi depan Galaxy M20 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

2 dari 7 halaman

Bodi Belakang

Beralih ke bodi belakang, Galaxy M20 hadir dengan material polycarbonate yang tidak terlalu glossy sehingga saat dipegang tidak terasa licin. Karena ukuran layarnya yang memanjang, smartphone ini lebih nyaman digenggam.

Bodi belakang Galaxy M20 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Samsung menyematkan kamera ganda di bodi belakang. Peletakan kameranya ada di ujung kiri atas bodi belakang, lengkap dengan sebuah LED flash di bawahnya.

Selanjutnya masih di bodi belakang, terdapat sebuah pemindai sidik jari dengan bentuk oval. Pemindai sidik jari ini cukup cepat membuka kunci.

Sayangnya peletakkannya agak terlalu di atas sehingga kadang sering tidak pas saat pengguna meletakkan jari ke belakang smartphone.

Beralih ke tiap sisinya, Galaxy M20 memiliki tombol Power dan volume di sisi kanan.

Sisi samping Galaxy M20 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sementara pada sisi kiri terdapat slot dual SIM card dan sebuah slot memori card yang bisa dibuka dengan ejector.

Pada sisi bawahnya, terdapat sebuah port USB type C yang diapit oleh speaker dan jack headphone 3,5mm.

Galaxy M20 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sekadar informasi, Galaxy M20 juga sudah mendukung audio Dolby Atmos saat pengguna mendengarkan lagu lewat earphone.

3 dari 7 halaman

2. Kamera

Salah satu keunggulan Galaxy M20 adalah kameranya. Pasalnya Samsung menyematkan dua kamera di bodi belakangnya dengan sensor 13MP aperture f1.9 dan lensa ultra wide-angle 5MP aperture f2.2. Sensor kedua ini dimaksudkan untuk mengambil foto berlatar blur alias bokeh.

Selanjutnya, untuk kamera selfie, Samsung membekali Galaxy M20 dengan sensor 8MP aperture f2.0.

Untuk perekaman video, kamera utama dan selfie Samsung mampu merekam hingga resolusi 1.080 piksel.

Pengalaman kami, saat dipakai untuk menjepret di kondisi cukup cahaya atau siang hari, hasil jepretan cukup baik dan tajam. Warna yang dihasilkan pun cukup natural, tidak terlalu ngejreng seperti hasil foto dengan smartphone lain di kelasnya. 

Lain lagi dengan saat smartphone dipakai untuk menjepret foto di malam hari, kami masih melihat ada sejumlah noise, terutama saat gambar diperbesar. 

Begitu juga dengan hasil jepretan selfie yang menurut kami tidak ada masalah berarti. Mereka yang suka selfie tetap bisa mendapatkan hasil foto yang baik pada siang hari. Meskipun pada malam hari, tak dimungkiri hasil selfie agak terdistorsi. 

Berikut ini adalah sejumlah hasil jepretan kamera Galaxy M20:

Hasil foto Galaxy M20 lensa normal (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Ultra-wide angle:

Hasil kamera Galaxy M20 menggunakan lensa wide angle (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kamera standar:

Hasil kamera Galaxy M20 menggunakan (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Ultra-Wide angle:

Hasil kamera Galaxy M20 menggunakan mode wide angle (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Live Bokeh:

Hasil kamera Galaxy M20 menggunakan mode Live Bokeh (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Mode Burst:

Hasil kamera Galaxy M20 menggunakan mode Burst (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Foto Selfie:

Hasil kamera Galaxy M20 menggunakan mode selfie (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Foto Selfie malam hari:

Hasil foto selfie malam hari dengan Galaxy M20 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil kamera malam hari:

Hasil foto malam hari dengan Galaxy M20 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

4 dari 7 halaman

3. Baterai

Selain kamera, keunggulan lainnya yang diusung oleh Galaxy M20 adalah kapasitas baterainya yang bongsor, 5.000mAh.

Dengan baterai ini pengguna tetap bisa terhubung dengan smartphone-nya selama seharian penuh tanpa harus membawa powerbank ke mana-mana.

Meskipun masuk ke lini smartphone kelas entry level, Galaxy M20 sudah dibekali dengan port USB Type C dan kepala charger berteknologi pengisian daya cepat sama dengan milik Galaxy Note 9.

Alhasil, pengisian daya 5.000mAh bisa jauh lebih cepat ketimbang smartphone lain yang tak menggunakan pengisian daya cepat.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya dari 15 persen ke 100 persen sekitar 2 jam. 

5 dari 7 halaman

4. Performa

Kinerja Galaxy M20 ditopang dengan prosesor Exynos 7904 yang multitasking dan mampu hemat daya. Khusus untuk pasar Indonesia, Samsung memadukan prosesor ini dengan RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB.

Samsung Experience 9.5 UI (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Samsung menggunakan tampilan antarmuka Samsung Experience 9.5 yang membuat pengoperasian mirip dengan Samsung One UI. 

Kami juga melakukan pengujian benchmark dengan aplikasi AnTuTu Benchmark. Hasilnya, Galaxy M20 menorehkan skor 107.240 poin dengan rata-rata pengujian perangkat yang sama menorehkan angka 107 ribuan poin.

Hasil benchmark Galaxy M20 dengan AnTuTu Benchmark (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Untuk membuktikan kebolehan performa smartphone ini, kami melakukan pengujian dengan main gim mobile. Adapun gim kelas berat yang kami coba adalah PUBG Mobile.

Hasilnya saat pertama kali masuk ke permainan, kami langsung diarahkan ke pengaturan grafis Medium. Saat bermainpun sebenarnya tidak ada masalah berarti, perangkat tidak lemot dan grafisnya pun tetap baik. 

Main PUBG Mobile di Galaxy M20 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Secara keseluruhan, sebenarnya tak ada masalah berarti pada performa smartphone saat dipakai untuk kebutuhan sehari-hariseperti untuk medsos, buka aplikasi pesan, foto-foto, hingga kirim email. 

6 dari 7 halaman

5. Kesimpulan

Galaxy M20 yang mengunggulkan baterai bongsor 5.000mAh dan kamera ganda 13MP dan 5MP. Perangkat ini dibanderol Rp 2,799 jutaan dengan desain yang dianggap kekinian. 

Ketimbang smartphone Samsung lain di kelasnya, Galaxy M20 mampu memenuhi kebutuhan penggunaan sehari-hari seperti main medsos, membuka aplikasi pesan, hingga fotografi. 

Pasalnya selain dibekali baterai bongsor, perangkat ini ditopang dengan prosesor octa-core 7904, RAM 3GB, dan memori internal 32GB. Jika kurang pengguna bisa menambahkan kapasitas dengan memori eksternal 512GB.

Kelebihan: 

- Kamera ganda mampu menangkap foto yang cukup baik.

- Bodi belakang tidak licin saat digenggam. 

- Baterai yang mampu bertahan seharian untuk penggunaan normal, pun dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat, seperti milik Galaxy Note 9.

- Port USB type C untuk mengisi daya dan transfer file. Smartphone lain sekelasnya masih mengandalkan port USB micro. 

Antarmuka Samsung Experience 9.5 UI nyaman dan user-friendly

Kekurangan:

- Desain Galaxy M20 terlalu pasaran, mengikuti desain smartphone lain (asal Tiongkok) di pasaran, bahkan ada sejumlah model yang penampakannya sangat mirip. 

- Peletakan sensor pemindai sidik jari di bodi belakang agak terlalu ke atas, kami cukup kesulitan menjangkaunya (seringkali tidak pas dengan posisi tangan).

- Layar masih LPS TFT, bukan Super AMOLED seperti smartphone Samsung lainnya. 

- Tidak ada asisten cerdas Samsung Bixby Home

Namun, secara keseluruhan dengan harga yang ditawarkan, Galaxy M20 mampu menjadi pilihan bagi mereka yang ingin berganti smartphone ke tipe Android terbaru. 

(Tin/Ysl)

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Perbandingan Realme 3 dan Samsung Galaxy M20, Pilih Mana?
Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Samsung Boyong Galaxy M10 ke Indonesia