Sukses

Banyak Pria Kepo dengan Isi Smartphone Pasangannya

Liputan6.com, Jakarta - Survei terbaru mengungkap kebiasaan pengguna smartphone pria yang sudah berpasangan.

Menurut survei yang dilakukan di Inggris tersebut, satu dari lima pria ternyata sering mengintip isi dari smartphone pasangannya.

Bahkan, mereka membuka smartphone pasangan dengan menggunakan sidik jari pasangan saat sudah tertidur.

Sementara, survei lain mengungkap empat dari sepuluh pengguna pria mengaku suka memata-matai smartphone pasangannya setidaknya satu kali dalam seminggu.

"Media sosial telah menciptakan sebuah 'dunia' di mana memicu rasa penasaran manusia untuk mencari informasi lebih spesifik soal pasangannya, terlebih saat mereka mengalami peristiwa janggal," kata Martin Graff, psikolog Universitas South Wales dan pakar psikologi siber.

"Dalam hal ini, hal-hal spesifik yang dicari meliputi konten seperti foto yang di-tag, isi percakapan pesan pribadi dalam inbox media sosial, percakapan dalam aplikasi chat, dan tentunya aplikasi yang diinstal," tambahnya.

Survei tersebut dilakukan ke 2.000 pengguna smartphone di Inggris. Hasilnya, setengah dari responden yang disurvei mengaku kalau mereka benar-benar penasaran dengan isi smartphone pasangannya.

Mirisnya lagi, setelah mengecek isi smartphone pasangan, 45 persen dari responden mengaku kalau pasangannya berselingkuh dan mengakhiri hubungannya. Demikian dilansir Mirror pada Senin (8/4/2019).

2 dari 4 halaman

Sexting dan Emoji Cium

Enam dari sepuluh pria mengaku kalau mereka menemukan konten sexting pada pasangannya yang berselingkuh. Sementara, satu dari sembilan pengguna juga menemukan emoji kissing (cium).

"Mengecek smartphone pasangan, entah itu email atau media sosial tanpa izin dari mereka dirasa sangat umum di era digital seperti sekarang," kata Denise Knowles, pengamat media sosial.

"Meski kedengarannya bisa memuaskan rasa penasaran pasangan, tetapi hal ini justru tidaklah baik," lanjutnya menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Demi Keberlangsungan Hubungan

Alih-alih mengecek smartphone pasangan, Denise menyarankan agar semua pasangan bisa menjaga perasaan masing-masing--salah satunya adalah dengan tidak mengecek isi smartphone mereka demi keberlangsungan hubungan.

"Jika kamu curiga kalau ada sesuatu yang tidak beres (dengan pasanganmu), lebih baik langsung bicarakan," terang Denise.

"Jika mereka menolak dan kamu tidak percaya, coba hubungi konseling hubungan yang dapat membantumu berlatih komunikasi dan membangun ulang rasa percaya pada pasangan," tandasnya.

(Jek/Ysl)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Samsung Galaxy Fold Muncul di Laman Otoritas Sertifikasi Tiongkok
Artikel Selanjutnya
5 Langkah yang Harus Dilakukan Jika Smartphone Kamu Hilang