Sukses

Suara John Legend Kini Hadir di Google Assistant

Liputan6.com, Jakarta - Tahun lalu, Google mengungkap keberadaan fitur baru di Google Assistant. Saat gelaran Google I/O 2018, raksasa internet itu mengumumkan adanya enam suara baru Google Assistant, yang salah satunya adalah suara penyanyi John Legend.

Terkini, suara John Legend akhirnya resmi menyambangi Google Assistant. Dikutip dari The Verge, Jumat (4/4/2019), nantinya suara John Legend ini akan membalas setiap perintah yang dilayangkah oleh pengguna.

Jadi, dia akan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan, termasuk dapat menyanyikan lagu ulang tahun. Dukungan terhadap suara John Legend ini sudah tersedia untuk Google Assistant di perangkat Android dan iOS.

Untuk mengaktifkan suara John Legend, pengguna cukup berbicara 'Hey, Google, talk like a Legend' atau melakukan pengaturan langsung dari menu Settings.

Sayang, fitur ini baru tersedia untuk pengguna berbahasa Inggris di Amerika Serikat. Kendati masih terbatas, tidak tertutup kemungkinan, Google akan membawanya ke lebih banyak wilayah di masa depan.

Sekadar informasi, suara John Legend merupakan satu dari enam suara baru Google Assistant yang diungkap tahun lalu. Google memanfaatkan kecerdasan buatan DeepMind yang dibarengi dengan model audio WaveNet membuat suara asisten virtual ini terasa lebih asli.

"WaveNet memungkinkan kami mempersingkat waktu perekaman di studio, dan model suara dapat benar-benar menangkap kekayaan suaranya," tutur CEO Google, Sundar Pichai, saat Google I/O tahun lalu.

2 dari 3 halaman

100 Juta Perangkat Bakal Pakai Google Assistant

Terlepas dari fitur anyar ini, Google sendiri optimistis kalau asisten pintarnya, Google Assistant, bakal digunakan di 100 juta perangkat pada tahun ini.

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) tersebut, sudah menyakinkan vendor smartphone untuk menyediakan tempat untuk tombol Google Assistant di perangkat mereka.

Menurut informasi yang dilansir Pocket Lint, Selasa (26/2/2019), Google Assistant direncanakan akan dijadikan sebagai tombol.

Hal tersebut diungkap di Mobile World Congress (MWC) 2018. Adapun smartphone yang akan mengadopsi tombol ini meliputi LG G8 ThinQ, K40, Nokia 3.2 dan 4.2, TCL, serta Vivo V15 Pro.

Tak cuma itu, beberapa smartphone baru keluaran Xiaomi mulai dari Mi MIX 3 dan Mi 9, juga telah bergabung dengan program Google ini. 

3 dari 3 halaman

Berfungsi Seperti Home Button

Tombol Google Assistant sendiri berfungsi layaknya tombol home.

Nantinya, pengguna hanya perlu menge-tap sekali pada tombol tersebut dan asisten akan langsung siap digunakan.

Kalau ditekan dua kali, smartphone akan memperlihatkan informasi dari Google Now, di mana tampilannya bakal dikurasi secara personalisasi, seperti informasi lokasi, waktu, dan juga interaksi terakhir dengan Google Assistant.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
John Legend Sarapan Salad untuk Cegah Masalah Kolesterol Keturunan
Artikel Selanjutnya
Asisten Virtual Sering Disalahgunakan Para Jomblo