Sukses

Google Ingin Akses Assistant Makin Aman

Liputan6.com, Jakarta - Google dilaporkan ingin membuat penggunaan Google Assistant kian aman di masa depan. Karenanya, raksasa internet itu berencana mengubah tindakan yang dilakukan Google Assistant saat menerima perintah suara.

Dikutip dari Engadget, Senin (4/3/2019), perintah suara yang dimaksud Google adalah saat pengguna mengakses asisten virtual tersebut dengan perintah 'Ok Google'.

Dengan pembaruan ini, tindakan yang dilakukan Google Assistant lebih terbatas. Sebelumnya, saat pengguna mengucapkan 'Ok Google', perangkat Android akan segera terbuka dan berisiko dapat diakses orang lain.

Namun dengan pembaruan ini, Google Assistant hanya tampil terbatas dengan menampilkan informasi pribadi saja, sedangkan perangkat masih dalam keadaan terkunci.

Pembaruan ini jelas menyulitkan pengguna Android yang terbiasa memberikan perintah suara ke Google Assistant, meski dalam keadaan perangkat terkunci.

Kendati demikian, fitur ini mengurangi aksi pembobolan perangkat memanfaatkan suara yang mirip dengan pengguna sebenarnya.

Keputusan Google untuk menghadirkan fitur ini sebenarnya sudah diketahui sejak awal tahun ini. Saat itu, Google tidak menyertakan fitur bernama 'Unlock with Voice Match' tersebut ke Pixel 3 dan Pixel 3 XL.

Dari situ, Google menyebut fitur ini juga akan berlaku untuk seluruh perangkat Android. Saat ini, pembaruan tersebut masih digulirkan secara bertahap, sehingga belum seluruh perangkat Android menerimanya.

 

2 dari 2 halaman

Smartphone Android Bakal Punya Tombol Khusus Google Assistant

Google dilaporkan ingin membuat pengguna Android makin mudah mengakses Google Assistant. Oleh sebab itu, raksasa internet itu dilaporkan bakal membuat perubahan signifikan di perangkat Android.

Dikutip dari CNET, Kamis (28/2/2019), Google berencana membuat tombol khusus untuk mengakses Google Assistant. Hal ini diungkapkan perusahaan saat gelaran Mobile World Congress (MWC) 2019.

Saat ini, sudah ada beberapa smartphone yang dibekali dengan tombol khusus tersebut, seperti LG G8 ThinQ dan K40, Nokia 3.2 dan Nokia 4.2, termasuk Xiaomi Mi Mix 3 5G dan Mi 9.

Selain smartphone tersebut, tombol khusus ini juga akan hadir di perangkat anyar lain dari TCL dan Vivo V15 Pro. Dengan cara ini, Google berharap setidaknya ada 100 juta perangkat yang nantinya punya tombol khusus Google Assistant.

"Kami berencana membuat Assistant merupakan bagian dari smartphone, tidak lagi sekadar aplikasi yang harus dibuka terlebih dulu," tutur head of engineering Google Asisstant, Scott Huffman.

Cara penggunaan tombol khusus ini juga cukup mudah. Saat pengguna menekannya sekali, Assistant akan langsung muncul. Apabila ditekan dua kali, Assistant akan menampilkan informasi yang sekiranya dibutuhkan pengguna.

Google sendiri memulai kehadiran tombol khusus Google Assistant ini sejak tahun lalu dengan LG G7 ThinQ. Mekanisme serupa juga dibenamkan di Google Pixel 3. Namun, tidak melalui tombol khusus, pengguna Pixel 3 perlu meremas sisi smartphone untuk mengaksesnya.

Untuk diketahui, upaya Google menghadirkan Google Assistant di lebih banyak perangkat harus diakui cukup berhasil. Bulan lalu, perusahaan mengumumkan bahwa asisten virtual ini sudah terdapat di sekitar 1 miliar perangkat yang kebanyakan menjalankan Android. 

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Smartphone Android Bakal Punya Tombol Khusus Google Assistant
Artikel Selanjutnya
Harga HP Android Murah Berkualitas di 2019, Dilengkapi Fitur Premium