Sukses

5 Cara Mengetahui WhatsApp Kamu Diblokir oleh Pengguna Lain

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah seseorang mengabaikan obrolan WhatsApp Anda selama berhari-hari? Mungkin orang tersebut sedang sibuk hingga tak dapat menanggapi pesan Anda, namun bisa juga Anda diblokir olehnya.

Bagi pengguna WhatsApp, fitur 'Blokir' telah menjadi salah satu fitur yang paling populer dan membantu penggunanya untuk menyingkirkan kontak atau nomor yang mengganggu. Salah satu hal terbaik tentang fitur blokir ini adalah WhatsApp tidak memberi tahu siapapun tentang tindakan tersebut.

Sulit untuk membedakan antara diabaikan dan diblokir. WhatsApp memang sengaja membuat penggunanya sulit mengetahui apakah ia diblokir pengguna lain atau tidak. Cara yang sudah pasti untuk mengetahui Anda diblokir atau tidak adalah dengan menanyakan apakah mereka telah memblokir Anda. Tentu saja ini bisa menjadi percakapan yang tidak mengenakkan.

Namun, ada beberapa indikator untuk mengetahui apakah WhatsApp Anda diblokir pengguna lain. Dengan tanda-tanda ini, seorang pengguna dapat memastikan apakah ia diblokir atau tidak.

Berikut cara mengetahui WhatsApp yang diblokir pengguna lain yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat(22/3/2019).

2 dari 6 halaman

Periksa Last Seen

'Last seen' atau 'terakhir dilihat' merupakan status dimana kapan seseorang menggunakan WhatsAppnya. Jika status sedang online di WhatsApp berarti kontak tersebut sedang membuka WhatsApp dan terhubung ke Internet.

Terakhir terlihat di WhatsApp mengacu pada terakhir kali kontak menggunakan WhatsApp. Melalui pengaturan privasi aplikasi, pengguna dapat mengontrol siapa yang dapat melihat 'last seen' mereka. Pengguna WhatsApp harus mencatat bahwa mereka tidak dapat bersembunyi online.

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin tidak dapat melihat 'last seen' pengguna lain seperti mereka mungkin telah mengatur pengaturan privasi mereka untuk menyembunyikan informasi ini atau sebaliknya Anda mungkin telah menetapkan pengaturan privasi untuk tidak membagikan 'last seen'. Terakhir tak adanya 'last seen' mengindikasikan bahwa Anda mungkin diblokir.

Untuk memastikannya lagi, Anda bisa membandingkan tampilan 'Last seen' orang yang terindikasi memblokir Anda di WhatsApp Anda sendiri dengan WhatsApp orang lain.

Minta teman Anda untuk membuka WhatsAppnya, pastikan bahwa teman Anda juga memiliki kontak dari orang yang terindikasi memblokir Anda. Setelah itu lihat apakah 'last seen' muncul atau tidak. Jika muncul, dipastikan Anda telah diblokir.

3 dari 6 halaman

Periksa Centang Pengiriman

Centang biru WhatsApp adalah cara yang bagus untuk mengetahui apakah pesan Anda telah dikirim dan apakah sudah dibaca. Ini juga merupakan petunjuk untuk mengetahui apakah Anda telah diblokir.

Satu tanda centang abu-abu berarti pesan telah dikirim, dua tanda centang abu-abu berarti pesan telah diterima dan dua tanda centang biru berarti pesan telah dibaca. Jika Anda telah diblokir, Anda hanya akan melihat satu centang abu-abu. Itu karena pesan Anda akan dikirim, tetapi WhatsApp tidak akan mengirimkannya ke kontak tersebut.

Bisa jadi, ini mungkin berarti bahwa pengguna tersebut telah kehilangan ponsel mereka atau tidak dapat terhubung ke Internet. Tetapi bersamaan dengan langkah pertama, Anda bisa memastikannya dengan membandingkan melalui WhatsApp teman Anda.

Jika teman Anda mendapatkan centang dua abu-abu atau biru saat mengirim pesan pada orang yang terindikasi memblokir Anda, sementara Anda masih mendapat centang satu, sudah dipastikan bahwa Anda sedang diblokir.

4 dari 6 halaman

Tidak Ada Perubahan pada Foto Profil

Jika seseorang telah memblokir Anda di WhatsApp, profilnya tidak akan diperbarui di ponsel Anda. Jadi jika mereka mengubah gambar profil mereka, Anda masih akan melihat fotonya yang lama.

Namun, ada beberapa pengguna yang jarang mengubah profil mereka. Jadi bagi pengguna semacam ini sulit ditelusuri menggunakan cara ini. Seperti cara pertama dan kedua, bandingkanlah tampilan profilnya dari WhatsApp teman Anda yang lain.

5 dari 6 halaman

Melakukan Panggilan

Jika Anda telah mengikuti langkah-langkah diatas dan mendapati indikasi-indikasi tersebut, maka ada kemungkinan besar Anda telah diblokir. Tapi belum 100% pasti, cobalah langkah yang lebih meyakinkan lagi. Sekarang cobalah untuk melakukan panggilan baik itu panggilan suara maupun video.

Apakah itu berdering? Atau bahkan diangkat? Kabar baik! Anda belum diblokir! Namun, jika Anda malah tidak terhubung, nampaknya Anda terindikasi diblokir. Mungkin pengguna tersebut tidak tersambung Wi-Fi atau data seluler untuk dapat menerima panggilan, namun bisa juga mereka memblokir Anda.

6 dari 6 halaman

Masukkan ke grup

Mulailah dengan membuat obrolan baru dalam bentuk grup dan menambahkan beberapa teman ke dalamnya. Jika teman-temanmun dapat dengan mudah dimasukkan maka ini bukanlah masalah.

Sekarang coba tambahkan kontak yang terindikasi memblokir Anda. Jika Anda dapat menambahkannya ke grup, artinya Anda belum diblokir.

Jika Anda mendapatkan pesan kesalahan yang mengatakan bahwa Anda tidak memiliki otorisasi untuk menambahkannya, maka sudah pasti bahwa Anda telah diblokir.

Meskipun ini mungkin merupakan kesalahan teknis atau error, jika Anda dapat menambahkan orang lain sementara pada saat yang sama tidak dapat melihat apakah pemblokir yang dicurigai sedang online atau dapat menelepon atau mengirim pesan kepada mereka, maka hampir dapat dipastikan bahwa Anda telah diblokir.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Hanya Dimakan, Kini Muncul Onigiri Dalam Bentuk Minuman
Artikel Selanjutnya
7 Gambar Ilustrasi Horor Sleep Paralysis Ini Siap Bikin Insomnia