Sukses

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 4, Smartphone dengan Fitur Menarik

Selain fitur menarik, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 4.

Liputan6.com, Jakarta Brand Asus, dahulu hanya terkenal pada beberapa produk komponen komputer saja. Namun perusahaan asal Taiwan ini, belakangan mulai memproduksi telepon genggam, monitor LCD, tablet dan produk komputer.

Salah satu produk telepon genggam yang sedang gencar dipromosikan Asus yaitu Asus Zenfone. Ada banyak sekali seri Zenfone yang dikeluarkan oleh Asus. Seperti Asus Zenfone 2 Laser (ZE500KG), Zenfone Selfie (ZD551KL), Zenfone Go (ZB500KG), Zenfone Max Pro M1 (ZB602KL), Zenfone 5 (A500CG).

Zenfone generasi pertama dirilis pada 2014 silam dengan nama Asus Zenfone 4. Dirilis sebagai smartphone yang menyasar pasar entry-level, Asus Zenfone 4 cukup laris di pasaran. Tiga tahun kemudian, Asus kembali merilis Asus Zenfone 4 dengan fitur-fitur canggih yang lebih mumpuni. Hal ini semakin membuat Asus Zenfone 4 memilik daya tarik tersendiri.

Pada artikel ini, akan membahas kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 4 dan juga mengulas mengenai spesifikasi yang tentunya menambah referensimu. Berikut ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 4 yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (3/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Layar Asus Zenfone 4

Smartphone ini memiliki layar 4 inchi dilengkapi teknologi TFT LED Backlit dengan resolusi 480 x 800 pixels. Layar pada Asus Zenfone 4 (2014) juga telah dilapisi dengan teknologi Corning Gorilla Glass 3 untuk melindungi layar dari goresan.

Berbeda dengan seri Zenfone lainnya yang sudah menggunakan layar berjenis IPS, Zenfone 4 masih menggunakan layar TFT. TFT sediri merupakan singkatan dari Thin Film Transistor yang merupakan bagian dari teknologi layar LCD (Liquid Cristal Display). Jenis layar TFT ini memiliki kualitas gambar yang lebih bagus dibanding dengan teknologi layar LCD teknologi sebelumnya.

Meskipun lebih baik dari LCD namun penggunaan layar TFT membutuhkan daya yang lebih besar sehingga penggunaan baterai menjadi lebih boros. Selain itu, TFT juga memiliki viewing angle yang sempit terutama saat berada di bawah terik matahari. Dengan kelemahan ini membuat aktivitas penggunaan handphone di luar ruangan menjadi kurang nyaman.

3 dari 5 halaman

Memori Internal dan Kamera Asus Zenfone 4

Asus Zenfone 4 hanya dibekali memori internal sebesar 8 GB. Dengan memori internal sebesar 8 GB, belum tentu cukup untuk menyimpan file, musik dan foto. Ditambah lagi dengan pembaruan yang diperlukan oleh handphone.

Namun untuk mengatasi hal tersebut, untungnya Asus Zanfone 4 memberikan slot memori internal yang mendukung hingga 64 GB, sehingga kamu pun masih bisa menyimpan memori cukup banyak.

Dari segi kamera, Asus Zenfone 4 (2014) dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 5 MP dan kamera depan bertipe VGA. Namun tipe smartphone ini belum dilengkapi dengan LED Flash untuk mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya.

Tetapi, kamera ini sudah menyuguhkan fitur autofocus, HDR, panorama, GIF animation yang membuat hasil bidikanmu semakin ciamik.

4 dari 5 halaman

Baterai

Kapasitas baterai tentunya menjadi bahan pertimbangan bagi para konsumen. Memiliki daya kapasitas baterai yang besar tentunya tidak akan menghambat kinerja ponsel.

Sayangnya, Asus Zenfone 4 ini tak cukup besar yaitu 1200 mAh. Jadi kamu perlu membawa power bank untuk menyiasati daya baterai yang kecil. Walaupun, sebenarnya handphone Asus Zenfone 4 ini dibekali dengan 2 buah baterai sehingga kamu dapat menggantinya jika baterai yang pertama habis. Namun hal ini tentu sangat merepotkan dan akan lebih praktis jika menggunakan power bank saja.

5 dari 5 halaman

Konektivitas

Asus Zenfone 4 dilengkapi prosesor Intel Atom Z2520, Dual-core dengan kecepatan 1.2 GHz serta dukungan RAM sebesar 1 GB. Tentu untuk RAM sebesar 1 GB membuat Asus Zenfone 4 kurang maksimal untuk melakukan multitasking.

Tetapi Asus Zenfone 4 telah dilengkapi dengan fitur dual SIM. Tentu ini menjadi nilai lebih bagi masyarakat Indonesia, mengingat masyarakat Indonesia sangat gemar menggunakan lebih dari satu kartu SIM secara bersamaan. Smartphone ini mendukung berbagai macam jaringan internet mulai dari 3G HSDPA, EDGE, dan GPRS

Selain keunggulan dual SIM-nya, konektivitas Asus Zenfone 4 juga cukup lengkap. Asus Zenfone 4 juga telah dilengkapi Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, dan Wi-Fi Hotspot. Untuk berbagai data secara wireless, ponsel ini sudah mendukung Bluetooth v4.0 dengan A2DP dan EDR.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.