Sukses

Cara SMS Banking BRI, Mudah Tanpa Terhubung Internet

Liputan6.com, Jakarta Internet dan jaringan komunikasi nirkabel telah mengubah cara kita dalam melakukan transaksi perbankan. Kamu bisa mengecek saldo maupun bertransaksi tanpa harus pergi ke bank. Bahkan, menyetor uang pun bisa lewat telepon genggam.

Semua jadi lebih praktis dengan kehadiran internet banking, mobile banking, dan SMS banking. Sama seperti bank lainnya, Bank Rakyat Indonesia (BRI) ikut mengembangkan layanan transaksi berbasis teknologi.

Meskipun kehadiran internet banking, mobile banking sangat membantu. Namun fitur tersebut harus terkoneksi dengan internet. Tetapi tidak dengan SMS banking, kamu tidak terhubung dengan internet pun tetap bisa mengaksesnya. Sehingga wajar saja jika beberapa orang lebih menyukai fitur SMS banking.

Meskipun dibanding dengan layanan lainnya fitur SMS banking memang yang paling terbatas. Namun cukup praktis bila kamu sedang berada di tempat yang tidak ada layanan internetnya.

Nah, bagaimana cara sms banking BRI?

Jangan khawatir pada artikel ini akan membahas cara sms banking BRI. Namun, sebelum kamu mengetahui cara sms banking BRI, alangkah lebih baiknya kamu mengetahui perbedaan fitur internet banking, mobile banking, dan SMS banking.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/2/2019) cara SMS banking BRI.

2 dari 4 halaman

Perbedaan fitur Internet Banking, Mobile Banking dan SMS Banking

Dewasa ini, internet banking (i-banking) merupakan salah satu layanan unggulan yang ditawarkan oleh perbankan untuk memudahkan nasabah bertransaksi. Fungsi i-banking bahkan sudah mengungguli ATM. Kecuali untuk tarik tunai, tentunya.

Internet Banking

Sejumlah fitur yang ditawarkan i-banking pada umumnya, antara lain:

a. Informasi rekening dan kartu kredit, yang mencakup posisi saldo, histori transaksi, maupun daftar rekening, termasuk rekening giro, deposito, tabungan rencana, dan lain-lain. Kamu juga bisa melihat informasi kurs di sini.

b. Transfer dana, baik antar rekening bank yang bersangkutan maupun antar bank. Fitur ini juga mencakup transfer terjadwal.

c. Pembayaran, baik itu pembayaran tagihan listrik, telepon, kartu kredit, asuransi, sampai e-commerce.

Mobile Banking

Mobile Banking (m-banking), bertransaksi langsung dari ponselmu Fitur-fiturnya memang lebih sedikit dibandingkan i-banking. Berikut sejumlah hal yang bisa dilakukan via m-banking:

a. Transfer antar rekening dan antarbank.

b. Pembayaran tagihan, seperti tagihan kartu kredit, telepon, internet, dan TV berlangganan.

c. Pembelian voucher dan e-commerce.

d. Informasi rekening dan kurs.

Sebagai pengaman transaksi, m-banking biasanya menerapkan sistem OTP (one-time password) yang dikirim via SMS ke ponsel yang bersangkutan. Sistem ini juga hanya berfungsi pada kartu SIM yang telah didaftarkan.

SMS Banking

Dibandingkan dengan layanan lainnya, fitur SMS banking memang yang paling terbatas. Tapi, kamu bisa memanfaatkan layanan ini tanpa internet, lho. Jadi, cukup praktis bila kamu sedang berada di tempat yang tidak ada layanan internetnya.

Sejumlah fitur yang ditawarkan SMS banking, antara lain:

a. Informasi saldo, mutasi rekening, dan informasi kurs.

b. Informasi kartu kredit.

c. Transfer dana dan pembayaran.

Untuk melakukan transaksi lewat SMS banking, kamu tinggal memasukkan perintah dan kode akses ke nomor operator SMS banking yang bersangkutan. Kamu akan dikenai tarif pulsa sesuai dengan biaya layanan yang diterapkan oleh bank yang bersangkutan

3 dari 4 halaman

Cara SMS Banking BRI

Sebelum mengikuti langkah cara SMS banking BRI di bawah ini, pastikan kamu telah memiliki nomor handphone aktif yang akan daftarkan untuk SMS Banking.

Ada beberapa cara SMS banking BRI yang bisa kamu lakukan yaitu mendaftar di Unit Kerja BRI atau melalui ATM BRI. Kamu bisa memilih salah satunya.

Cara SMS banking BRI via ATM, ini langkah-langkah registrasinya

Berikut langkah yang kamu lakukan untuk mengaktifkan SMS Banking BRI via ATM.

- Masukkan kartu ATM dan masukkan pin ATM seperti biasa

- Pilih menu Transaksi Lain.

- Pilih submenu Registasi.

- Pilih submenu SMS Banking.

- Masukkan nomor HP yang akan digunakan untuk transaksi SMS banking.

- Masukkan PIN SMS banking. PIN ini terdiri dari 6 digit. Kamu bisa membuat PIN SMS Banking ini berbeda dengan PIN ATM atau disamakan dengan PIN ATM.

- Selesai. Pendaftaran SMS banking BRI kamu sudah aktif.

Cara Daftar SMS banking BRI di Unit Kerja, ini langkah-langkah registrasinya

Untuk mengaktifkan SMS banking BRI kamu juga bisa mengunjungi Unit Kerja BRI di daerah sekitar kamu. Kamu cukup mengisi formulir aplikasi untuk Registrasi SMS Banking. Beberapa berkas yang perlu kamu siapkan ialah

- Fotokopi KTP yang masih berlaku

- Fotokopi foto kartu ATM BRI.

Fasilitas dan ketentuan

SMS Banking BRI hanya bisa dilakukan pada rekening tabungan BRI(BritAma, BritAma Junio atau Simpedes) dan Giro (Perorangan) yang memiliki Kartu ATM BRI(Kartu BRI) dalam status aktif.

Fasilitas yang diberikan SMS Banking di antaranya ialah informasi saldo, transfer, pembayaran tagihan dan beli pulsa atau isi ulang pulsa. Dengan mengirimkan perintah transaksi yang dikirimkan ke nomor 3300. Kamu pun bisa melakukan transaksi selama 24 jam.

4 dari 4 halaman

Format kode perintah SMS Banking BRI

Jangan lupa untuk memperhatikan format kode perintah SMS Banking BRI, tanpa format yang benar maka transakis SMS Banking BRi pun bisa gagal.

Daftar format kode perintah SMS banking BRI untuk transaksi ialah sebagai berikut:

Transfer ke Sesama Rekening BRI

TRANSFER <spasi> BRI (rekening tujuan) <spasi> NOMINAL <spasi> PIN

Transfer ke Bank Lain

TRANSFER <spasi> KODE Bank Tujuan + Nomor Rekening <spasi> NOMINAL <spasi> PIN

Cara Cek Saldo SMS Banking BRI

SALDO <spasi> PIN

Cara Beli Pulsa Token PLN SMS Banking BRI

BELI <spasi> PLNPRE <spasi> ID PLN <spasi> NOMINAL <spasi> PIN

Cara SMS Banking BRI Isi Pulsa

PULSA <spasi> HP <spasi> NOMINAL <spasi> PIN