Sukses

6 Aplikasi di Ponsel Ini Bisa Bantu Hidupmu Lebih Sehat, Gratis dan Praktis

Cocok bagi kamu yang tiap hari beraktivitas.

Liputan6.com, Jakarta Teknologi yang semakin canggih membuat gaya hidup sehat dapat anda jalani dengan mudah. Banyak alternatif cara untuk bisa hidup sehat dapat dilakukan. Kamu dapat  berolah raga teratur, mengonsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup dan masih banyak lagi. 

Namun tahukah kamu, semua pola hidup sehat tersebut dapat ditunjang melalui aplikasi pada smartphone kamu? Jadi hidupmu makin sehat dengan bantuan aplikasi ini.

Sekarang ada banyak bermunculan aplikasi-aplikasi smartphone yang menawarkan fitur untuk menunjang pola hidup sehat. Misalnya aplikasi untuk memantau hasil olah raga, menentukan menu makanan sehat, panduan obat-obatan bahkan aplikasi untuk mengidentifikasikan suatu penyakit dan masih banyak lagi.

Aplikasi hidup sehat ini dapat membantu kamu agar lebih mudah menerapkan pola hidup sehat. Aplikasi-aplikasi hidup sehat ini gratis, dapat dinikmati oleh siapapun. Dengan aplikasi hidup sehat ini smartphone kamu jadi lebih berguna. Tak hanya untuk berkomunikasi atau bermain-main, smartphone kamu juga dapat menuntun kamu memiliki hidup sehat. 

Berikut 6 aplikasi hidup sehat di smartphone yang bisa bantu menunjang pola hidup sehatmu yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber Kamis (31/1/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Calorie Counter - MyFitness Pal

Calorie Counter memiliki daftar menu makanan beserta keterangan kalori yang cukup lengkap, sehingga pengguna bisa mengetahui total kalori dalam asupan makanan sehari-hari. Aplikasi ini sangat sederhana dan mudah digunakan.

Selain bisa mengalkulasi kalori dalam makanan, aplikasi hidup sehat ini juga memiliki sekitar 350 gerakan fitnes untuk mempercepat proses penurunan berat badan yang patut dicoba. Pengguna juga bisa menyusun target berat badan ideal yang diinginkan melalui aplikasi ini.

Fitur lain yang ada di antaranya adalah menampilkan teman yang sedang dalam program diet. Dengan begitu, pengguna akan termotivasi menurunkan berat badan bersama. Aplikasi Calorie Counter bisa diunduh gratis di App Store maupun Google Play Store.

3 dari 7 halaman

2. Aplikasi Google Fit

Google memang telah berinovasi sedemikian rupa. Salah satu aplikasi besutan Google adalah Google Fit untuk membantu kamu hidup lebih sehat.

Aplikasi hidup sehat yang satu ini berlaku seperti instruktur kesehatan pribadi yang akan memantau hasil olahraga dan memacu kamu untuk menyelesaikan latihan fisik.

Tidak hanya itu, kamu dapat mencari tahu berapa banyak kalori yang terbakar dengan Google Fit yang bisa diunduh dari Play Store. Kamu dapat menghubungkan aplikasi ini dengan perangkat Android Wear yang kamu punya, sehingga memudahkan untuk mengetahui pencapaian yang kamu dapati hari ini dengan lebih mudah dan cermat.

Aplikasi ini dapat mengestimasi sudah berapa langkah kamu berjalan hari ini atau sudah berapa lama waktu yang kamuhabiskan untuk bersepeda. Semuanya bisa terpantau secara rinci melalui aplikasi Google Fit ini.

4 dari 7 halaman

Panduan Pengobatan Drugs.com3.

Panduan Pengobatan Drugs.com adalah Aplikasi hidup sehat tentang panduan pengobatan yang bisa membantumu mengidentifikasi kandungan dan manfaat suatu jenis obat. Kamu dapat belajar tentang efek samping dan interaksi yang berpotensi membahayakan, sekaligus  melacak dosis yang tepat untuk kamu.

Kamu juga dapat mengajukan pertanyaan spesifik tentang obat yang kamu ingin minum. Interaksi antar-obat dan overdosis  bisa berakibat fatal. Itulah mengapa penting untuk memastikan kamu mengonsumsi obat dengan  aman dan dengan cara yang paling mungkin memberi manfaat  kesehatan.

5 dari 7 halaman

4. Lumosity

The Lumosity juga termasuk dalam aplikasi hidup sehat gratis yang dapat diunduh melalui smartphone android atau iOS kamu. Namun jika kamu memilih berlangganan bulanan pada aplikasi ini, kamu dapat mengakses lebih banyak fitur.

Sama seperti situs onlinenya, aplikasi ini dirancang untuk membantu orang meningkatkan memori, perhatian, dan keterampilan kognitif. Ada permainan dan latihan otak setiap hari untuk menantang dan meningkatkan kemampuan kognitif kamu. Otakmu akan lebih terasah dengan aplikasi ini.

 

6 dari 7 halaman

5. Symple

Apakah saat ini kamu sedang berjuang melawan penyakit atau sedang memantau virus yang baru saja masuk ke tubuh kamu, Symple adalah cara yang bagus untuk melacak gejala dan mengidentifikasi masalah kesehatan sejak dini.

Aplikasi hidup sehat ini memungkinkan kamu untuk melacak 10 gejala pada suatu waktu, mencatat obat yang kamu konsumsi, dan menyimpan pola  latihan kamu.

Kamu dapat mengambil dan menyimpan foto, yang mungkin akan berguna untuk kamu tunjukkan ke dokter, misalnya foto ruam merah yang muncul di tanganmu.

7 dari 7 halaman

6. Sleep Cycle Alarm Clock

Hidup sehat dimulai dari tidur yang cukup. Tidur malam yang baik dan cukup akan memengaruhi semangat dan mood kamu keesokan harinya. Kebiasaan tidur yang buruk dapat memengaruhi kesehatanmu juga.

Aplikasi hidup sehat ini berguna untuk menganalisa pola tidur  untuk memastikanmu bangun di waktu di mana kamu sudah tidur dengan optimal.  Kamu dapat mengatur alarm dan aplikasi akan membangunkanmu dalam waktu 30 menit sebelum waktu itu. Tidurmu akan lebih berkualitas dibantu dengan aplikasi ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini