Sukses

Cara Menggunakan Snapchat Versi Terbaru yang Perlu Kamu Tahu

Liputan6.com, Jakarta Di zaman serba digital ini, segala hal dapat dilakukan dengan mudah dan murah. Misalnya saja dalam hal komunikasi. Saat ini sudah banyak media untuk berkomunikasi dengan orang lain maupun orang-orang yang belum Anda kenal sebelumnya.

Salah satu media komunikasi yang dilakukan oleh sebagian pengguna media sosial dan smartphone adalah Snapchat. Aplikasi Snapchat ini merupakan salah satu aplikasi media sosial yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone.

Snapchat sendiri merupakan aplikasi pesan foto yang dikembangkan oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown saat masih berkuliah di Universitas Stanford. Aplikasi ini dapat mengambil foto, merekam video, menambahkan teks dan lukisan, dan mengirimkannya ke daftar penerima yang ditentukan oleh pengguna.

Mudahnya menggunakan media komunikasi ini membuat banyak orang memanfaatkan Snapchat. Untuk menambah teman di Snapchat sendiri, caranya hampir sama dengan Facebook. Anda harus mengirim permintaan pertemanan terlebih dahulu kepada orang lain yang ingin Anda jadikan teman. Kemudian Anda harus menunggu konfirmasi dari orang yang sedang Anda tambahkan tadi.

Kalau orang itu menerima permintaan pertemanan Anda, makan kalian akan saling terhubung dan bisa melakukan komunikasi dengan lawan chat tersebut.

Bagi Anda yang baru saja menggunakan Snapchat, mungkin masih bingung bagaimana cara menggunakan aplikasi versi terbarunya. Tidak hanya pengguna Snapchat baru yang merasa bingung dengan versi terbarunya ini. Pengguna lama Snapchat juga mengalami sedikit kebingungan dalam menggunakan versi yang terbaru.

Hal ini disebabkan karena ada beberapa tampilan icon yang berbeda dalam menggunakan aplikasi Snapchat atau Anda yang baru menggunakan Snapchat versi terbaru. Berikut Liputan6.com akan mengulas tentang cara menggunakan Snapchat versi terbaru yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/1/2019).

2 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Snapchat Versi Terbaru

1. Friend

Tujuan Snapchat sendiri untuk berkomunikasi, maka agar Anda bisa melakukan komunikasi, Anda harus mengirim permintaan pertemanan terlebih dahulu. Jika sudah dikonfirmasi dan mereka menerima permintaan pertemanan, maka Anda bisa melakukan live chat atau berbagi foto maupun video. Untuk mengirim permintaan pertemanan, Anda bisa menambahkan kontak telepon atau dengan menggunakan ID Snapchat.

2. Snap

Fitur Snap pada Snapchat sendiri digunakan untuk mengambil foto langsung dari ponsel Anda baik itu dengan menggunakan kamera depan maupun kamera belakang. Dalam fitur Snap ini Anda bisa mengatur waktu tayang dari foto yang diambil. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan efek atau mengedit foto agar lebih menarik dengan cara klik icon yang ada di kanan atas pada layar ponsel.

3. Discover

Selain untuk berkomunikasi dengan teman-teman Anda, cara menggunakan Snapchat lainnya yaitu dengan menggunakan fitur Discover. Fitur di mana Anda tidak perlu lagi membuka internet atau TV untuk melihat informasi terbaru baik nasional maupun internasional.

Pada fitur ini sudah disediakan berita-berita terbaru yang bisa langsung Anda baca. Penyedia dari berita tersebut adalah layanan berita ternama seperti MTV, CNN, Dailymail, Cosmopolitan, National Geographic dan penyedia berita ternama lainnya. Untuk melihat layanan berita ini, Anda tinggal menggeser layar awal dari Snapchat.

3 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Snapchat Versi Terbaru

4. My Story

Pada My Story, foto dan video yang sudah Anda upload akan terlihat di sini. Semua video atau foto yang Anda upload bisa dilihat oleh teman Anda. Akan tetapi, semua foto dan video yang sudah Anda upload, tidak selamanya ada. Ini akan bertahan selama 24 jam saja. Jika sudah melewati 24 jam, semua foto dan video yang sudah di upload akan hilang dengan sendirinya.

5. Stories

Berbeda dengan My Story, Stories adalah update milik teman Anda. Di mana semua foto dan video yang diunggah oleh teman Anda bisa dilihat. Anda bisa memutar video tersebut berulang-ulang, akan tetapi jika sudah lewat 24 jam, semua foto dan video tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Pada Stories, Anda juga dapat membalas foto atau video yang sudah dibagikan oleh teman Anda itu. Cara untuk melakukannya, cukup mengetuk dua kali foto teman Anda yang ingin dikirimi pesan.

6. Profile

Pada Profile, orang lain bisa melihat identitas Anda baik itu foto profile maupun username dan score. Fungsi dari score sendiri adalah tolak ukur seberapa aktif Anda dalam menggunakan aplikasi Snapchat. Kalau aktif, maka score Anda akan semakin bertambah. Untuk membuka profile, Anda bisa melakukannya dengan cara tap icon hantu di atas pada halaman awal atau mudahnya Anda tinggal menggeser layar ke bawah, maka profile Anda akan muncul.

7. Live Chat

Cara menggunakan Snapchat lainnya adalah dengan menghubungi teman secara langsung. Bukan hanya Facebook saja yang memiliki fitur Live Chat, Snapchat juga memilikinya.

 

 

Reporter: Nisa Mutia Sari

Loading