Sukses

4 Langkah Mudah Menyulap Smartphone Menjadi Laptop

Menulis di perangkat digital memang sangat memudahkan, karena tidak perlu capek lagi menulis tangan atau lewat mesin tik yang buang-buang kertas.

Liputan6.com, Jakarta - Zaman sekarang, menulis menjadi hal yang mudah dilakukan karena kecanggihan teknologi yang semakin maju.

Menulis di perangkat digital memang sangat memudahkan, karena tidak perlu capek lagi menulis tangan atau lewat mesin tik yang buang-buang kertas.

Selain di laptop dan PC, menulis juga sudah bisa dilakukan di smartphone. 

Namun, banyak orang malas menulis di smartphone  karena merasa capek jika harus mengetik dengan dua jempol. Berbeda dengan menggunakan keyboard yang melibatkan semua jari.

Nah, sebetulnya bisa saja mengubah smartphone-mu menjadi laptop mini, tetapi ada sejumlah perangkat yang harus dipersiapkan. Berikut adalah cara mengubah smartphone kamu layaknya laptop.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Gunakan OTG

OTG adalah adalah penghubung kabel USB ke smartphone. Dengan menggunakan OTG, nantinya smartphone/tablet akan dihubungkan dengan keyboard dan mouse.

3 dari 5 halaman

2. Koneksikan USB Hub

Koneksikan USB hub pada OTG yang mempunyai lebih dari satu slot USB. Fungsinya untuk menyambungkan keyboard dan mouse.

4 dari 5 halaman

3. Siapkan Mouse dan Keyboard

Jika perlu, gunakanlah keyboard flexible. Keyboard flexible adalah jenis keyboard yang lentur dan bisa dilipat sehingga tidak memakan tempat di tas, saat akan dibawa untuk mengetik di luar rumah.

5 dari 5 halaman

4. Koneksikan OTG ke Smartphone, USB Hub, Keyboard, dan Mouse

Kalau sudah terkoneksi, biasanya di layar smartphone otomatis akan muncul kursor mouse pada layar dan keyboard akan terkoneksi.

Jangan lupa gunakan mini tripod atau penunjang lain agar smartphone/tablet bisa berdiri layaknya laptop. Lalu kamu sudah bisa mengetik layaknya di laptop.

Itulah beberapa cara mengubah smartphone/tablet kamu menjadi laptop. Cara ini hanya untuk memudahkan kita yang tidak mempunyai laptop, dan solusi bagi kamu yang malas dan capek mengetik dari smartphone dengan dua jari jempol.

Semoga bermanfaat!

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.