Sukses

Smartphone Gaming Terbaru Xiaomi Bakal Cetak Rekor Dunia?

Liputan6.com, Jakarta - Informasi seputar smartphone gaming terbaru Xiaomi kembali terungkap.

Kali ini, informasi teranyar dari smartphone yang kabarnya bakal bernama Xiaomi Play tersebut, terkait dengan pemecahan rekor.

Dikutip dari GSM Arena, Minggu (23/11/2018), lewat laman Weibo-nya, Xiaomi mengungkap bahwa perangkat ini bakal memecahkan Guinness World Record saat rilis nanti. Sayangnya, tidak diungkap lebih lanjut pemecahan rekor yang dimaksud.

Kendati belum jelas, dipastikan CEO Xiaomi Lei Jun dipastikan akan berpartisipasi dalam pemecahan rekor oleh Xiaomi Play ini. Rencananya, smartphone akan diperkenalkan pada Senin, 24 Desember 2018.

Sekadar informasi, kehadiran Xiaomi Play sendiri sebenarnya sudah diketahui sejak pekan lalu. Sejumlah pihak menyebut bahwa perangkat ini ditujukan sebagai lawan langsung dari Honor Play.

Hingga sekarang belum ada informasi resmi seputar smartphone ini, tapi sudah bocoran mengenai spesifikasinya. Salah satunya adalah Xiaomi Play akan menjadi smartphone pertama Xiaomi dengan notch waterdrop.

Selain itu, Xiaomi Play juga disebut akan hadir dengan warna gradasi seperti kebanyakan smartphone yang rilis baru-baru ini. Sementara kebutuhan fotografi diserahkan pada dua kamera utama dan satu kamera depan beresolusi 8MP.

Smartphone ini memiliki layar FHD+ berukuran 5,84 inci dan ditopang baterai berkapasitas 3.000mAh. Ada tiga varian Xiaomi Play yang siap meluncur, yakni RAM 4/ROM 64GB, RAM 6/ROM 64GB, dan RAM 6/ROM 128GB.

2 dari 3 halaman

Bos Xiaomi Ungkap Smartphone Kamera 48MP, Kapan Rilis?

Selain smartphone gaming, Xiaomi juga mengaku tengah mengembangkan teknologi kamera 'monster' untuk smartphone terbarunya.

Hal tersebut diungkap oleh co-founder sekaligus Presiden Xiaomi, Lin Bin, yang mengunggah smartphone beresolusi besar di media sosial Weibo.

Dia mengunggah cover belakang smartphone Xiaomi dengan label kamera 48MP dan menyatakan bakal dirilis pada Januari 2019. Bin mengaku telah menggunakan smartphone ini selama beberapa minggu.

“Dicoba selama beberapa minggu, tidak buruk! Dirilis pada bulan Januari,” kata Lin Bin sebagaimana dilansir Slashgear, Kamis (6/12/2018).

Pada posting-an tersebut juga terlihat lampu kilat LED ganda dan lensa kamera besar di atasnya. Panel belakangnya tampak terbuat dari kaca.

Sayang, tidak terlihat secara detail apakah smartphone Xiaomi tersebut mengusung kamera ganda atau tidak. Namun kemungkinan besar akan mengadopsi kamera lebih dari satu. 

3 dari 3 halaman

Pakai Sensor Sony atau Samsung?

Xiaomi bukanlah satu-satunya vendor smartphone yang fokus pada kamera beresolusi monster. Sebelumnya, Nokia 808 PureView memiliki kamera dengan sensor 41MP dan Huawei Mate 20 Pro punya kamera 40MP (quad Bayer).

Sebagai informasi, saat ini cuma ada dua vendor teknologi yang memproduksi sensor semacam itu yaitu Sony dan Samsung.

Sony IMX586 adalah sensor 48MP yang diumumkan pada Juli 2018. Ini adalah sensor berukuran 1/2 inci yang memiliki banyak piksel, masing-masing hanya berukuran 0,8μm.

Sementara Samsung Bright GM1 mengusung sensor 48MP sejak Oktober, yang juga memiliki banyak piksel berukuran 0,8μm. Demikian seperti dikutip GSM Arena.

Jenis sensor ini menggunakan pixel binnnig untuk meningkatkan kualitas gambar, tetapi jumlah pikselnya yang besar juga bisa melakukan zoom digital berkualitas tinggi.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Klaim Pengapalan Redmi Note 8 Capai 125 Ribu Unit
Artikel Selanjutnya
Redmi K30 dengan Dukungan 5G Meluncur 2020