Sukses

Menjajal Kehebatan Snapdragon 855 di Hawaii

Liputan6.com, Maui - Qualcomm secara resmi memperkenalkan Snapdragon 855 sebagai chipset premium terbarunya. Melalui acara yang digelar di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, perusahaan menyebut Snapdragon 855 hadir dengan beragam peningkatan, baik dari performa hingga kecerdasan buatan.

Tekno Liputan6.com pun berkesempatan menyaksikan langsung pengumuman penting tersebut. Selain mengumumkan kehadiran Snapdragon 855, Qualcomm juga membuka demo untuk memperlihatkan kemampuan chipset anyar tersebut.

Dalam demo ditampilkan sejumlah booth yang menunjukkan kemampuan dan fitur anyar yang dimiliki oleh Snapdragon 845. Salah satunya adalah kemampuan untuk merekam dan memutar video beresolusi 4K HDR.

 

Selain itu, Snapdragon 855 juga menjanjikan daya tahan baterai yang lebih baik, setidaknya dari versi terdahulu. Saat demo, Qualcomm menampilkan perangkat yang dipersenjatai Snapdragon 855 dan Snapdragon 845 sebagai perbandingan.

Demo booth Snapdragon 855. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

2 dari 4 halaman

Uji Main Gim PUBG Mobile

Masing-masing perangkat digunakan untuk menjalankan aktivitas bermain gim PUBG Mobile dan membuka termasuk mengunggah konten di Instagram.

Berdasarkan pengukuran dengan baterai berkapasitas 3.000mAh, Snapdragon 855 menunjukkan hasil daya tahan baterai lebih baik.

Perangkat dengan Snapdragon 845 saat dipakai membuka dan mengunggah foto di Instagram diperhitungkan mampu bertahan hingga 5,62 jam. Sementara perangkat dengan Snapdragon 855 memiliki kemampuan bertahan sampai 7,04 jam.

Demo booth Snapdragon 855. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Ketika dipakai bermain PUBG Mobile, perangkat dengan Snapdragon 845 diperkirkan bertahan hingga 3,83 jam, sedangkan perangkat Snapdragon 855 sedikit lebih panjang, yakni 4,88 jam.

 

3 dari 4 halaman

Kemampuan Audio

Beralih ke kemampuan audio, Qualcomm 855 sudah dibekali Qualcomm aptX Adaptive untuk menghasilkan keluaran audio berkualitas tinggi dari perangkat yang nirkabel.

"Jadi teknologi ini merupakan teknologi coding audio yang menggabungkan keluaran audio berkualitas tinggi, transmisi audio low-bit, dan dukungan low-latency," tutur salah satu tim Qualcomm.

Di booth lain ditampilkan kemampuan Snapdragon 855 dalam bermain gim. Berbekal Snapdragon Elite Gaming, tampilan gim yang dimainkan menjadi lebih menawan berkat dukungan HDR.

Demo booth Snapdragon 855. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Lalu, ditunjukkan pula kemampuan saat memainkan gim yang di-mirroring ke TV. Hasilnya, proses bermain gim tanpa adanya lag antara smartphone dengan TV. Bahkan, perangkat dapat berlaku layaknya kontroler untuk gim di layar besar.

 

4 dari 4 halaman

AI di Snapdragon 845

Ditampilkan pula beberapa hasil rekanan Qualcomm yang sudah memanfaatkan kemampuan kecerdasan buatan Snapdragon 845. Kebanyakan di antaranya berkaitan dengan pengolahan gambar, mulai dari mengedit efek bokeh hingga hasil tangkapan minim cahaya yang lebih baik.

Kemampuan lain yang ditunjukkan Snapdragon 855 adalah kemampuan Vocplus Telecom oleh Elevoc. Dari demo yang ditampilkan, teknologi ini dapat memisahkan suara penelpon dari suara bising di sekitarnya.

Dengan kata lain, meski berada di keramaian, keluaran suara saat menelpon dipastikan tetap terdengar jernih. "Tidak hanya panggilan suara biasa atau video, fitur ini juga berlaku untuk panggilan berbasis VOIP," tutur tim Qualcomm.

Terakhir, adanya dukungan audio yang lebih di Snapdragon 855 dengan 4th Gen AI Engine. Salah satu fungsinya adalah kemampuan asisten virtual untuk memahami perintah suara dari pengguna meski diucapkan di suasana yang berisik.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Artikel Selanjutnya
Qualcomm Umumkan Kehadiran Komputasi Snapdragon 8cx
Artikel Selanjutnya
Qualcomm Geber Kemampuan Gaming di Snapdragon 855