Sukses

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S4, Kaya Fitur Canggih

Samsung Galaxy S4 telah memiliki sertifikasi TCO.

Liputan6.com, Jakarta Pada pertengahan Maret 2013 lalu, Samsung mengenalkan Galaxy S4. Samsung Galaxy S4 merupakan generasi penerus galaxy S3 dengan level kecanggihan baru dan berbagai spesifikasi yang telah ditingkatkan dari yang sebelumnya. Galaxy S series yang hadir di lini atas ini sekaligus menjadi pendongkrak popularitas Samsung. 

Ponsel flagship ini dibekali dengan deretan komponen dan fitur canggih. Samsung Galaxy S4 merupakan produk pertama yang dibekali prosesor 8-inti (4+4) Exynos 5 Octa. Ada pula berbagai macam fungsi unik yang dibenamkan di Galaxy S4, termasuk kapabilitas mendeteksi gerakan tubuh seperti kepala dan telapak tangan untuk digunakan sebagai alat interaksi dengan ponsel. Sesuai dengan spesifikasinya yang serba canggih, harga Samsung S4 pun menyasar kelas atas.

Menariknya, meski harga Samsung S4 dibanderol cukup tinggi, namun ia menjadi merk ponsel paling digemari. Pasalnya, Samsung Galaxy S4 ini punya codename I9500 dan dibekali dengan spesifikasi paling premium pada masanya. Bahkan kendati Galaaxy S series terbaru sudah dirilis, ponsel ini masih menjadi incaran. Hal ini turut dipengaruhi oleh harga Samsung S4 yang mulai turun. Sebelum menengok harga Samsung S4 saat ini, yuk cek spesifikasi dan keunggulan smartphone ini lewat rangkuman Liputan6.com berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Desain dan layar

Meski harga Samsung S4 menyasar kalangan atas, namun ponsel ini masih hadir dengan menggunakan material plastik. Cover bagian belakang yang terbuat dari plastik tipis itu bisa dilepas dengan cara mencongkel dari celah kecil yang terletak di dekat tombol power. Desain tersebut dipermanis dengan warna logam pada bagian pinggirnya sehingga memberi kesan premium. Samsung Galaxy S4 hadir dengan dua pilihan warna yang elegan, yaitu Titanum Grey dan Sapphire Black.

Samsung Galaxy S4 tampak sangat mirip dengan pendahulunya, Galaxy S III. Di sisi muka, bagian atas layar, terdapat deretan kamera serta sensor cahaya dan jarak, sementara di bawah layar terdapat tombol fisik "Home" yang diapit soft button "Return" dan "Menu". Port micro USB untuk keperluan mengisi baterai serta transfer data dari dan ke komputer bisa ditemukan di sisi bawah. Sisi atas memuat jack konektor audio 3,5mm dan IR blaster yang bisa dipakai untuk mengontrol perangkat TV. Adapun tombol daya dan pengaturan volume suara masing-masing dtempatkan di sisi kanan dan kiri. 

Bobot perangkat sebesar 130 g, berketebalan kurang dari 8mm, dan sudut-sudutnya yang membulat ini membuat Samsung Galaxy S4 nyaman digenggam kendati memiliki ukuran layar mencapai 5 inci. 

Layar Samsung Galaxy S4 berukuran lebih besar dibanding pendahulunya (5 inci berbanding 4,8 inci), tetapi dengan ketebalan hanya 7,9 mm, ponsel ini justru lebih tipis dibandingkan Galaxy S III. Selain berukuran besar, display Super AMOLED yang mendukung 16 juta jenis warna yang diusung oleh smartphone ini juga tampak sangat indah.

Layar tersebut tampak cerah dengan kontras dan saturasi warna tinggi, tetapi tidak oversaturated seperti layar milik pendahulunya yang kadang menampilkan warna terlalu pekat. Pada Samsung Galaxy S4, tampilan warna telihat natural. Layar ini terbilang jempolan dengan resolusi 1920x1080 (full-HD). Tingkat kepadatan pixel-nya mencapai 441 PPI sehingga gambar dan teks ditampilkan sangat tajam. Tidak hanya itu, Samsung juga memberikan perlindungan Corning Gorilla Glass 3 pada layarnya. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika dengan goresan.

3 dari 7 halaman

Dapur pacu

Samsung Galaxy S4 datang dengan sistem operasi Android 4.2.2, dibalut antar muka TouchWiz khas Samsung. Ponsel ini diperkuat prosesor Exynos 8 core (octa-core) dengan kecepatan 1,6 GHz yang didukung dengan RAM sebesar 2GB untuk mendukung prosesor sehingga bekerja lebih maksimal. Processor Quad-Core, GPU PowerVR SGX 544MP dan yang paling canggih adalah kehadiran Smart Stay eye tracking yang memungkinkan user mengendalikan handphone dengan gerakan dan kedipan mata membuat ponsel ini semakin unggul di kelasnya. Kehadiran fitur canggih merupakan langkah yang pantas dan tepat mengingat harga Samsung S4 dibanderol tinggi.

Sementara itu fungsi-fungsi penting Galaxy S4 bisa diaktifkan atau dinonaktifkan lewat panel control center Android yang bisa diakses dengan menyapukan dua jari dari batas layar bagian atas. Secara default, Galaxy S4 menyediakan lima buah homescreen yang masing-masing dipenuhi berbagai macam widget, sebut saja Flipboard, S Travel, dan Story Album.

4 dari 7 halaman

Kamera

Harga Samsung S4 memang tinggi, namun angka tersebut pantas melihat teknologi serba canggih yang da di dalamnya. Salah satunya ada pada kamera. Samsung Galaxy S4 dilengkapi dengan dual kamera, kamera depan dengan resolusi 2 Megapixel dan kamera belakang dengan resolusi 13 Megapixel yang mampu mengabadikan gambar dengan resolusi 4128 X 2322, ditambah dengan Power LED Flash (1EA) dan Auto Focus. Dengan kapasitas resolusi kamera belakang yang berkekuatan besar, ponsel ini dapat menghasilkan ketajaman dan kejernihan gambar yang tinggi.

Di dalam ponsel ini terdapat fitur yang dapat menjadikan kamera depan serta kamera belakang aktif secara bersamaan dan akan ditampilkan secara bersamaan di layar ponsel. Tentu saja hal ini dapat membantu pengguna untuk memotret wajahnya sehingga dapat berada disekeliling atau dekat dengan objek foto yang sebenarnya dia tidak ada di sekitar objek tersebut.

Tersedia fitur Drama Shot, yang dapat menggabungkan foto dalam satu frame sehingga dapat menjadikan foto terlihat seperti cerita. Fitur ini memungkinkan untuk mengambil gambar sebuah subjek yang bergerak dan menempatkan mereka secara bersama-sama sehingga pengguna dapat melihat detail aksi yang digabungkan menjadi satu foto yang dinamis. Drama Shot akan membuat foto terlihat menjadi lebih menarik dibandingkan dengan foto individual.

5 dari 7 halaman

Baterai

Kekuatan baterai dari Samsung Galaxy S4 adalah 2600 mAh sehingga ponsel ini diklaim memiliki waktu bicara hingga 17 jam, 8 jam untuk pemakaian internet (3G), 10 jam pemakaian internet (WI-FI), 11 jam untuk pemutaran video dan 63 jam untuk pemutaran audio. Selain itu, baterai dapat bertahan selama 12,5 hari dalam keadaan stand by. Tipe baterai yang digunakan adalah Li-Ion yaitu jenis baterai yang kita sering temukan dalam peralatan elektronik portable lainnya. Mengenai pengisian ulang baterai kini tidak perlu lagi menggunakan kabel tapi cukup dengan Wireless Charging Pad.

6 dari 7 halaman

Fitur pendukung

Ponsel ini dibekali memori internal bekapasitas 16GB, 32 GB, dan 64 GB yang bisa diekspansi dengan slot micro-SD untuk memperbesar penyimpanan data. 

Sesuai dengan harga Samsung S4 yang cukup mahal, spesifikasi yang diusung ponsel ini cukup menarik. Salah satunya, Samsung Galaxy S4 telah memiliki sertifikasi TCO, sebuah perusahaan yang mengeluarkan sertifikat untuk peralatan kantor, gadget, monitor dan smartphone. Perusahaan yang berada di Swedia ini memberikan sertifikasi kepada Samsung Galaxy S4 karena dianggap telah lulus uji persyaratan dan kelayakan sosial, lingkungan, dan ekonomi organisasi. Samsung juga mengkaim bahwa produknya efisien dan ramah lingkungan.

Untuk mempermudah dalam transaksi data, Galaxy S4 menyediakan USB 2.0 yang memilki kecepatan transfer mencapai maksimal 480 Mbit/detik. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan 3.5mm Stereo Earjack, Micro SIM (3FF), Micro USB (5V,2A) dan kabel MHL. Untuk koneksi dengan internet dan untuk memperlancar komunikasi, Samsung Galaxy S4 dilengkapi dengan WiFi, EDGE, 3G, Bluetooth 4.0, dan NFC yang memungkinkan untuk terjadinya pertukaran konten digital dengan orang lain.

Keunggulan lain yang ada di dalam salah satu produk Samsung ini adalah dilengkapi dengan sensor yang peka dalam mendeteksi gesture pergerakan dan kondisi di luar handphone. Sensor etrsebut adalah Akseleometer, Sensor Suhu, RGB, Proximity, Voice Recognition, Finger Hovering, Gyrosensor, Gesture dan Optical Character Recognition.

7 dari 7 halaman

Harga Samsung S4

Meski memiliki fitur serba canggih, saat ini dengan hadirnya Samsung Galaxy Series terbaru, harga Samsung S4 ini mengalami penurunan. Harga Samsung S4 bekas di pasaran ponsel Indonesia saat ini berkisar di angka Rp 700 ribuan. Sementara harga Samsung S4 baru saat ini sudah tersedia. Harga Samsung S4 tersebut bisa berbeda-beda tergantung toko, daerah, kondisi ponselnya serta kapasitas penyimpanannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini