Sukses

Google Doodle Rayakan HUT ke-73 RI, Ilustrasi Lomba Balap Karung Tampil

Liputan6.com, Jakarta - Jika kamu memperhatikan tampilan Google pada hari ini, Jumat (17/8/2018) pasti melihat sesuatu yang berbeda.

Yup, seperti biasa perusahaan mesin pencari ini menghadirkan doodle khusus untuk turut memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-73.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, Google pun acap kali memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Tak hanya di Tanah Air, perusahaan juga sering mengumbah tampilan laman utama mesin pecarinya mengikuti peringatan atau event tertentu di setiap negara yang mendukung layanannya.

Pada edisi Google Doodle Hari Kemerdekaan Indonesia kali ini, tampak tiga orang anak yang sedang melakukan lomba balap karung.

Dibawahnya, terdapat tulisan Google disertai dengan frame berwarna merah putih, yang juga merupakan warna bendera kebangsaan RI.

Seperti sudah kebiasaan tiap tahunnya, di seluruh negeri, dari kota ke desa, Hari Kemerdekaan RI disambut dengan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan rumah.

Warga pun mulai menghiasai berbagai area jalan, rumah, toko, dan sekolah dengan berbagai macam atribut--spanduk atau ornamen merah putih--untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI tiap tahunnya.

Setelah itu, warga marak mengadakan berbagai macam jenis perlombaan tradisional, seperti balap karung, lomba makan kerupuk, panjat pinang, dan masih banyak lagi.

Adapun semua kegiatan ini merupakan salah satu cara warga untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga dan teman sembari merayakan HUT RI ke-73.

Bagaimana Google Doodle yang tampil kali ini, cukup menarik bukan?

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 dari 3 halaman

Seniman Asal Bandung Rancang Google Doodle

Google Doodle HUT ke-72 RI

Lebih lanjut, ada kisah menarik di balik pembuatan ilustrasi Google Doodle HUT ke-72 RI tahun lalu. Usut punya usut, ilustrasi itu ternyata digambar oleh seniman lokal bernama Aditya Pratama.

Ia merupakan ilustrator dan desainer yang berbasis di Bandung. Karya-karya seninya pun menggema di Tanah Air. Kamu bisa melihat karya-karyanya pada tautan ini.

Seperti diketahui, Google Doodle kali ini memperlihatkan enam avatar berupa orang Indonesia dari berbagai suku. Mereka berada di dalam satu perahu yang sama.

"Ilustrasi ini ibarat menampilkan semangat orang Indonesia yang bersatu dalam keragaman, yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang jadi semboyan nasional negara ini. Bhinneka Tunggal Ika sendiri berasal dari puisi Jawa pada abad ke-14 yang artinya juga membawa kebahagiaan bagi Indonesia," tulis Google dalam keterangan resmi seperti Tekno Liputan6.com kutip via blog Google.

3 dari 3 halaman

Google Doodle Sering Hadir

Logo Google. (Doc: Daily Express)

Google dalam beberapa tahun terakhir memang selalu menampilkan ilustrasi bertema kemerdekaan setiap Dirgahayu RI. Pada tahun lalu, Google memamerkan ilustrasi tiga orang pengibar bendera pusaka (Paskibraka).

Pada 2015, Google memperlihatkan ilustrasi tugu proklamasi, dan pada 2014 raksasa teknologi ini juga memperlihatkan sebuah ilustrasi nyentrik yang dirancang seorang desainer lokal Indonesia.

Dua tahun sebelumnya pada 2012 dan 2013, Google memperlihatkan ilustrasi gambar burung Garuda dan lomba balap karung.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Google Doodle Semarakkan Hari Batik Nasional
Artikel Selanjutnya
Google Rayakan Ulang Tahun ke-21 dengan Foto Komputer Lawas di Doodle