Sukses

5 Hal Ini Haram Dilakukan Saat Isi Daya Smartphone

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mengisi daya smartphone agar membantu proses pengisian lebih lancar tanpa adanya kendala. Apa saja? Berikut tips-nya seperti dilansir Brilio.

Liputan6.com, Jakarta - Di zaman dengan perkembangan inovasi teknologi yang sangat pesat seperti sekarang, kehidupan manusia tidak pernah terpisahkan dengan yang namanya teknologi, termasuk teknologi yang paling dibutuhkan oleh setiap orang, yaitu smartphone.

Setiap jam, tanpa kenal waktu kita selalu memanfaatkan smartphone untuk menunjang produktivitas, memanfaatkan media sosial, atau sekadar membunuh waktu dengan bermain gim.

Semua aktivitas yang disebutkan di atas tentu sangat menguras daya smartphone. Karena itu, smartphone seharusnya diisi daya secara rutin.

Perlu diingat, pengisian daya smartphone harus dilakukan dengan hati-hati. Kamu tidak bisa begitu saja mengisi daya smartphone dalam waktu bersamaan saat menggunakannya untuk keperluan lain.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mengisi daya smartphone agar membantu proses pengisian lebih lancar tanpa adanya kendala. Apa saja? Berikut tips-nya seperti dilansir Brilio.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jangan Ngecas Semalaman

Dengan mengecas smartphone semalaman, maka baterai smartphone kamu bisa kelebihan kapasitas. Hal berisiko ini bisa berpotensi menimbulkan panas dan ledakan.

3 dari 6 halaman

2. Jangan Diletakkan di Atas Bantal

Sebaiknya, isi daya smartphone di tempat yang keras seperti meja atau lantai. Sebab, panas yang dihasilkan ketika sedang mengisi daya akan semakin bertambah ketika berada di tempat yang empuk seperti bantal.

4 dari 6 halaman

3. Jangan Pakai Charger Bajakan

Hasil output dari charger bajakan biasanya tak sesuai dengan apa yang tertulis di depannya. Misalnya, tertulis output 2A tetapi aslinya bisa dibawah 2A.

5 dari 6 halaman

4. Jangan Sering Gonta-Ganti Charger

Sering gonta-ganti charger adalah hal yang sering kita lakukan. Sebetulnya, hal tersebut tidak baik untuk port smartphone. Pasalnya, bisa terjadi gesekan yang tidak sesuai yang akan menyebabkan port menjadi 'aus'.

6 dari 6 halaman

5. Jangan Tunggu Drop hingga 0 Persen

Setiap baterai memiliki batasan charge cycle atau maksimal berapa kali charge hingga performanya menurun. Jika kamu menggunakan smartphone hingga baterainya 0 persen, kemungkinan besar ini akan menurunkan performanya.

Reporter: Cecep Nurul Fahmi

Sumber: Brilio

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.