Sukses

Apple Hadirkan Perubahan iOS 12 yang Bikin Kesal Pengguna

Liputan6.com, Jakarta - Apple menghadirkan sebuah perubahan yang mengesalkan penggunanya pada iOS 12. Perubahan tersebut terkait dengan pengiriman foto melalui aplikasi pesan iMessage di iOS 12.

Pasalnya pada iOS 11, pengguna hanya butuh mengklik ikon kamera di aplikasi iMessage untuk membuka Camera Roll.

Sementara sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Business Insider, Minggu (14/7/2018), pada iOS 12 pengguna seolah dipaksa untuk mengklik tombol App Store di iMessage kemudian klik tombol Photo tiap kali para pengguna ingin berbagi foto dari perangkatnya.

Cara kirim foto di iMessage pada iOS 11. (Foto: Business Insider)

iOS 12: How to access Photos in the Messages app - https://t.co/etLIdADetK #Tech pic.twitter.com/cSNQN5fgvk

— Techristic (@techristic) July 6, 2018

Hal ini dianggap sebagai langkah yang tidak penting buat penggunanya. Sejumlah cuitan pengguna di Twitter pun mengeluhkan perubahan cara berkirim foto di aplikasi iMessage yang menjadi lebih ribet.

Pengguna dengan akun @jcenters misalnya, mencuit perbedaan pada iOS 10, iOS 11, dan iOS 12.

"Pada iOS 10: Ini aplikasi pesan iMessage. Kemudian pada iOS 11: Kami mendesain ulang aplikasi pesan, kini gunakan aplikasi iMessage. Kemudian, di iOS 12: Baiklah, kami telah meminta baik-baik. Sekarang kalau kamu mau memasukkan sebuah foto, coba gunakan aplikasi iMessage. Kami juga masukkan strip di keyboard," cuitnya.

Senada, pengguna lainnya menuliskan, "Sejauh ini satu-satunya hal yang mengganggu pada iOS 12 adalah membuat proses penambahan foto di aplikasi iMessage menjadi tombol terpisah dan lebih kecil di baris bawah, bukan bagian tombol kamera utama seperti sebelumnya."

1 dari 2 halaman

Apa Alasan Apple?

Satu-satunya alasan masuk akal untuk memindahkan Camera Roll pada iOS 12 adalah untuk mendorong pengguna lebih banyak mengujungi App Store lewat iMessage.

Dengan begitu, pengguna bisa membeli dan mengunduh fitur untuk aplikasi pesan, misalnya stiker, emoji, dan efek khusus.

Lantaran begitu banyak pengguna yang memakai Camera Roll saat menggunakan aplikasi iMessage, Apple mungkin saja berpikir bahwa hal ini akan jadi cara terbaik untuk membuat pengguna masuk ke App Store saat mereka memakai iMessage.

Meski begitu, memindahkan Camera Roll ke App Store memang bukan suatu hal yang intuitif, dan malah menyusahkan pengguna.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Apple Setop Produksi MacBook Pro 2015, Pengguna Kecewa Berat
Artikel Selanjutnya
Apple Gelontorkan Rp 4 Triliun untuk Energi Bersih di Tiongkok