Sukses

Xiaomi Mi MIX 3 Bakal Hadirkan Kamera Selfie Pop Up

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, sebuah gambar render smartphone bezeless Xiaomi Mi MIX 3 besutan seorang Mi Fan memperlihatkan smartphone dengan desain kamera selfie pop-up.

Teknologi kamera selfie pop-up ini sebelumnya diterapkan Vivo dalam flagship smartphone terbarunya, Vivo Nex. Tujuannya tidak lain adalah membuat bezel smartphone lebih tipis tanpa terganggu kamera depan.

Cara kerja kamera depan pada Vivo Nex pun mudah, pengguna hanya perlu membuka aplikasi kamera dan secara otomatis kamera pun akan muncul dari sisi atas smartphone.

Mengutip laman Gizmochina, Kamis (5/7/2018), kini sebuah gambar menunjukkan desain perangkat yang diduga sebagai Mi MIX 3 di jejaring sosial Tiongkok, Weibo.

Gambar ini memperlihatkan kemungkinan Xiaomi akan menerapkan teknologi kamera pop up seperti milik Vivo.

Sekadar informasi, seri Mi MIX pertama kali hadir pada 2016 sebagai smartphone konsep dengan desain nyaris tanpa tepian. Smartphone tersebut dibekali layar seluas 6,4 inci. Mi MIX menawarkan rasio layar ke tubuh (screen to body) lebih dari 84 persen.

Setelah perilisan Mi MIX, banyak vendor smartphone terinspirasi dan merilis perangkat dengan desain bezeless.

Sementara itu, Mi MIX 2 dirilis pada 2017 dengan ukuran layar lebih kecil, yakni 5,99 inci. Lain lagi dengan Mi MIX 2s yang diluncurkan awal 2018, juga dengan layar seluas 5,99 inci.

2 dari 3 halaman

Tawarkan Layar Bezeless

Kompetitor Xiaomi, seperti Oppo dan Vivo baru-baru ini merilis flagship smartphone dengan screen to body ratio yang lebih tinggi. Vivo Nex dan Oppo Find X masing-masing punya rasio 86 dan 87 persen.

Sejak Mi MIX memopulerkan layar bezeless, Xiaomi tampaknya ingin menawarkan smartphone yang punya rasio lebih besar, kemungkinan dengan kehadiran Mi MIX 3.

Mi MIX dan Mi MIX 2 memiliki bezel yang lebih tipis. Kendati demikian, Xiaomi masih menyisakan bezel di bagian dagu smartphone untuk menempatkan kamera selfie.

Satu cara yang bisa dilakukan Xiaomi untuk benar-benar memangkas bezel adalah dengan menerapkan desain kamera depan pop up seperti milik Vivo Nex.

3 dari 3 halaman

Paten Kamera Pop Up Sejak 2015

Sekadar diketahui, meski desain kamera selfie pop up pertama kali diterapkan oleh Vivo, pada 2015 Xiaomi telah mendapatkan paten smartphone dengan desain kamera depan pop up.

Kamera pop up-nya juga dilengkapi dengan LED flash. Oleh karena itu, ada kemungkinan Mi MIX 3 akan hadir sesuai dengan paten yang dimilikinya.

Dalam poster di atas terlihat Mi MIX 3 akan debut September 2018. Perusahaan Tiongkok ini sebelumnya merilis Mi MIX 2 pada September.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Daftar Smartphone Xiaomi Redmi yang Kebagian MIUI 10
Artikel Selanjutnya
Catatkan Saham di Hong Kong, Xiaomi Raih Dana IPO USD 4,7 Miliar