Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Lupa Password Smartphone, Yuk Jajal 3 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone merupakan barang pribadi yang wajib dijaga keamanannya. Pengguna biasanya mengunci smartphone mereka entah dengan kata sandi atau menggambar pola.

Namun demikian, akan lain cerita jika si pengguna malah lupa dengan kata sandi untuk membuka kunci smartphone-nya. Hal inipun bakal membuat pengguna kewalahan lantaran smartphone tak bisa diakses.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika kondisi ini terjadi pada kita? Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi keadaan dimana kamu lupa kata sandi atau pola keamanan smartphone yang digunakan.

1. Gunakan Android Device Manager

Android memiliki layanan keamanan yang membuat pengguna bisa mengontrol smartphone-nya dari jarak jauh, yakni Android Device Manager. Saat kamu lupa password atau pola keamanan, kamu bisa memakai Android Device Manager.

Kamu bisa menggunakan browser di smartphone Android milik teman atau memakai peramban komputer untuk mengakses layanan Android Device Manager. Caranya, login menggunakan akun Google yang sama dengan yang dipakai di smartphone.

Selanjutnya, kamu bisa membuka tautan Android Device Manager. Di sana akan ada tiga pilihan yakni Ring (Deringkan), Lock (Kunci Perangkat), dan Erase (Hapus). Jika kamu lupa kata sandi, pilihlah opsi Lock atau Kunci. Lakukan refresh jika Android Device Manager kesulitan menemukan perangkat kamu.

Pergunakan Android Device Manager untuk memasukkan sandi baru pada perangkat yang lupa password (Sumber: Wonderhowto)

Setelah klik opsi Lock, kamu akan diminta memasukkan sandi baru yang akan menggantikan pola keamanan, PIN, atau password yang kamu lupakan.

Cukup memasukkan password baru sebanyak dua kali untuk mengonfirmasi pilihan kamu. Selanjutnya klik Lock. Tunggulah selama 5 menit dan smartphone Android pun bisa kamu buka dengan password baru.

Pergunakan Android Device Manager untuk memasukkan sandi baru pada perangkat yang lupa password (Sumber: Wonderhowto)

2 dari 3 halaman

2. Samsung Find My Device

Kamu juga bisa menjajal layanan serupa Android Device Manager milik Samsung, yakni Find My Mobile. Cara memakainya, pertama buka link Find My Mobile dari browser, kemudian login ke akun Samsung.

Perlu diingat, cara ini hanya bisa dilakukan jika kamu sudah pernah registrasi akun Samsung. Jika tidak, cara ini tak dapat digunakan.

Untuk yang sudah pernah registrasi ke akun Samsung, klik tombol Lock My Screen di panel sebelah kiri.

Dari sini, masukkan PIN baru dan klik tombol Lock. Selang satu atau dua menit, sandi pengunci layar bisa diubah ke PIN baru yang bisa dipakai untuk membuka smartphone Samsung yang terkunci.

3 dari 3 halaman

3. Pakai Fitur Forgot Pattern

Fitur Forgot Pattern alias lupa pola keamanan ini bisa digunakan jika kamu masih menggunakan OS Android 4.4 ke bawah (yang lebih rendah).

Saat kamu salah memasukkan pola keamanan sebanyak 5 kali pada smartphone yang menjalankan Android 4.4 ke bawah, kamu bisa melihat sebuah pesan berisi "Coba lagi dalam 30 detik".

Gunakan fitur

Google pun akan mengirimkan email ke kamu berisi pola keamanan yang dipakai pada smartphone tersebut. Google juga memberikan opsi agar kamu bisa mengubah pola keamanan.

Gunakan fitur

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Fitur Rahasia di WhatsApp yang Patut Kamu Ketahui
Artikel Selanjutnya
Cara Menemukan Smartphone Samsung yang Hilang Atau Dicuri