Sukses

Dari Bunda hingga Seksi, Berikut Daftar Tagar yang Diblokir di Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Instagram selama ini terkenal ketat melakukan pengawasan di platform mereka. Pengawasan yang dilakukan tidak hanya dalam foto-foto yang dibagikan, melainkan juga di hashtag atau tagar yang dipakai pengguna.

Kebanyakan dari tagar yang dicekal Instagram adalah semua yang berbau tindakan seksual. Yang cukup aneh dan mengherankan adalah tagar "Bunda" juga termasuk dalam kata yang dicekal bersama kata-kata terlarang lainnya.

Apabila pengguna nekat menggunakan tagar-tagar yang dicekal, maka siap-siap saja terkena hukuman dari Instagram dengan cara shadowbanning.

Selain "Bunda", ada banyak tagar lain yang dicekal sepenuhnya oleh Instagram, beberapa di antaranya adalah:

1. #instababe

2. #killyourself

3. #instabody

4. #thighs

5. #xxx

6. #twerking

7. #whitepower

8. #seksi

9. #sexyaf

10. #wtf

11 #pornstar

12. #nobra

Untuk lengkapnya bisa melihat daftar Hashtags that are Restricted and may be Temporarily Banned (Tagar-tagar yang Terbatas dan Dapat Dicekal Sementara) dan Hashtaghs that are Completely Banned (Tagar-tagar yang Sepenuhnya Dicekal) di sini.

1 dari 3 halaman

Hukuman dari Instagram

Untuk diketahui, hukuman yang ditimpakan Instagram kepada para pengguna nakal adalah dengan melakukan shadowbanning. 

Selain penggunaan tagar terlarang, pengguna yang ketahuan memakai akun bot juga bisa terkenal hukuman yang sama.

Bahkan, bila pengguna terlalu sering memakai tagar yang sama, ia juga bisa terkena shadowbanning walaupun tagar yang ia pakai tidak terlarang.

Pengguna yang terkena shadowbanning tidak akan langsung sadar dirinya sudah terkena hukuman. Namun, konten yang pengguna bagikan tidak bisa terlihat oleh khalayak luas di Instagram.

Bila orang yang terkena shadowbanning menggunakan sebuah tagar, maka foto-fotonya juga tidak akan muncul bila pengguna lain mengklik tagar itu.

Hal ini jelas akan menyulitkan orang-orang yang mencari pendapatan lewat Instagram, oleh karenanya lebih baik jika bermain aman dan tidak macam-macam dengan mencoba tagar-tagar yang terlarang.  

Orang-orang yang terkena shadowbanning baru bisa keluar dari hukuman itu dalam waktu 24 jam, bahkan bisa lebih.

2 dari 3 halaman

Melawan Bullying di Instagram

Masih berkaitan dengan konten dan tagar negatif, Lembaga anti-bullying Ditch the Label sebelumnya sempat melaporkan tindakan cyberbullying di Instagram sering terjadi dalam bentuk komentar.

Menurut survei, kolom komentar dijadikan sebagai alat utama untuk merundung korban bully.

Mengetahui tindakan cyberbullying kian merajalela, Instagram berinisiatif mengumumkan kampanye terbarunya sebagai aksi melawan cyberbullying. Kampanye tersebut diberi nama #KomenBaik.

Adapun kampanye ini hadir dengan sejumlah tool terbaru, serta program dan inisiatif komunitas untuk membantu Instagram bisa menjadi tempat berekspresi positif.

#KomenBaik hadir dalam sebuah mural (lukisan jalan) khusus yang turut diresmikan oleh Director of Community Instagram Amanda Kelso, perwakilan dari Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) dan Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika), Program Specialist "Do Something Indonesia) Demas Ryan, dan Raffi Ahmad.

(Tom/Jek)

Artikel Selanjutnya
Gunakan 5 Tips Ini Agar Lebih Sehat Gunakan Instagram
Artikel Selanjutnya
Instagram Uji Fitur Reshare Unggahan Pengguna Lain ke Stories