Sukses

Facebook Bakal Blokir Iklan Bitcoin dkk

Facebook akan memblokir iklan yang mempromosikan berbagai layanan finansial berkaitan dengan cryptocurrency atau mata uang digital.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook pada Selasa (30/1/2018), mengumumkan akan memblokir iklan yang mempromosikan berbagai produk dan layanan finansial yang berkaitan dengan cryptocurrency atau mata uang digital.

Raksasa media sosial ini juga akan melakukan hal yang sama terhadap berbagai praktik yang dinilai menyesatkan seperti Initial Coin Offering (ICO/Penawaran Koin Perdana) dan binary option.

"Kami menciptakan sebuah kebijakan baru yaitu melarang iklan untuk mempromosikan berbagai produk dan layanan finansial, yang sering dikaitkan dengan praktik-praktik promosi menyesatkan seperti binary option, ICO dan cryptocurrency," ungkap Director Management Product Facebook, Rob Leathern, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (1/2/2018).

Facebook juga akan mengimplementasikan kebijakan baru itu ke semua platform milik perusahaan. Selain Facebook, Audience Network dan Instagram pun akan memberlakukan kebijakan baru tersebut.

Kebijakan baru ini diberlakukan untuk membuat para pengguna terus merasa nyaman saat menggunakan semua layanan milik Facebook.

"Kami ingin orang-orang terus menemukan dan mempelajari tentang berbagai produk dan layanan baru melalui iklan Facebook tanpa takut ditipu. Konon, banyak perusahaan yang mengiklankan binary option, ICO dan cryptocurrency, tidak beroperasi dengan itikad baik," ungkap Leathern.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nilai Bitcoin Ternyata Berbanding Lurus dengan Pencarian Google

Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Mata uang digital belakangan ini menjadi semakin populer, terutama bitcoin. Nilai bitcoin sendiri dinilai selaras dengan pencarian di Google Search.

Menurut Co-Founder DataTrek Research, Nick Colas, jika data pencarian di Google mengenai bitcoin mengalami peningkatan, maka hal tersebut akan berimbas pada nilainya. Semakin banyak yang melakukan pencarian soal bitcoin, maka nilainya akan ikut naik, begitu juga sebaliknya.

"Pencarian bitcoin saat ini benar-benar menurun. Jadi, nilai itu sama dengan kondisi nilai bitcoin sekarang," tutur Colas.

Lebih lanjut, Colas menjabarkan bukti lain yang mendukung adanya pencarian bitcoin pada November tahun lalu. Saat itu, tren pencarian mengenai bitcoin meningkat ketika Thanksgiving 2017 di Amerika Serikat. Kondisi itu sejalan dengan jumlah dompet bitcoin yang terbentuk.

"Namun, beberapa hari kemudian, harga bitcoin jatuh, begitu pula dengan pencariannya," sambungnya. Kendati demikian, Colas menilai masa depan bitcoin tidak terlalu mengkhawatirkan karena berbekal teknologi, investasi ini masih aman untuk jangka panjang.

3 dari 3 halaman

Bitcoin Bakal Dominasi Tren Keamanan Siber 2018

Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Bitcoin masih menjadi kontroversi, tapi pertumbuhannya harus diakui cukup signifikan. Hal ini membuat sektor keamanan bitcoin juga harus ditingkatkan.

Oleh karena itu, Technical Consultany dan Cybersecurity Engineer dari Penta Security, Niyikiza Aimable, memperkirakan bitcoin akan mendominasi tren keamanan siber 2018.

"Bitcoin mungkin akan mendominasi. Ini bisa menjadi target empuk para penjahat siber karena kita tahu bitcoin dan mata uang digital, sifatnya sangat anonim. Ini yang harus dijadikan sorotan," ujar Aimable kepada Tekno Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Selain bitcoin, Aimable juga mengungkap beberapa fenomena lain yang kemungkinan besar akan menjadi tren keamanan siber pada 2018. Salah satunya evolusi serangan ransomware dari PC ke perangkat IoT (Internet of Things) seperti perangkat smart home.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.