Sukses

Meski Tak Lagi Populer, Pokemon Go Tetap Untung Rp 11 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dimungkiri, Pokemon Go merupakan salah satu gim paling sukses yang diluncurkan pada platform mobile, iOS dan Android.

Dirilis pertama kali pada 6 Juli 2016, gim mobile besutan Niantic Labs ini menjadi aplikasi tercepat yang meraup untung US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13 triliun.

Namun, apakah gim mobile terpopuler itu mampu mempertahankan pendapatannya?

Mengutip laporan akhir tahun yang diterbitkan perusahaan analisis industri, SuperData Research, Kamis (1/2/2018), Pokemon Go ternyata cukup sukses di 2017.

Meski tak sepopuler ketika gim ini diluncurkan pertama kali, SuperData Research memperkirakan gim Pokemon Go tetap meraup untung sebesar US$ 890 juta atau sekitar Rp 11 triliun sepanjang 2017.

"Berdasarkan pendapatan tersebut, Pokemon Go berada di posisi kesembilan di dalam daftar 10 gim mobile teratas di 2017," tulis laporan tersebut.

 

1 dari 3 halaman

Daftar Gim Mobile Lainnya

Pokemon Go Festival. (Doc: The Verge)

Selain Pokemon Go, gim mobile lain yang masuk ke dalam daftar 10 besar tersebut adalah gim milik Tencent, yakni  Arena of Valor.

Disebutkan, gim ber-genre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) ini berhasil meraup untung sebesar US$ 1,9 miliar atau sekitar Rp 25 triliun.

Gim lainnya, seperti Clash of Clans dan Clash Royal menempati posisi kelima dan keempat, di mana masing-masing gim meraup untung sebesar US$ 1,2 miliar.

 

2 dari 3 halaman

Masih Belum Ada 2 Fitur Penting

Niantic Labs bakal meluncurkan update untuk Gym dan fitur baru. (Doc: The Verge)

Menjelang tahun keduanya, Niantic Lab masih belum memperkenalkan dua fitur yang paling ditunggu, yakni trade system dan player versus player (PvP).

Sebelumnya, perusahaan sempat menyebutkan bakal memperkenalkan kedua fitur yang lama ditunggu pemain setianya pada akhir tahun 2017.

Sayangnya, hingga waktu yang ditentukan perusahaan tidak mengungkap fitur baru apa pun. Sekadar informasi, Pokemon Go saat ini sudah tersedia di perangkat Android dan iOS.

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Ikutan Nintendo, Sony Bakal Luncurkan Konsol PS1 Classic Edition?
Artikel Selanjutnya
Ingin Beli Konsol PS4 hingga PS4 Pro? Cek Daftar Harganya di Sini