Sukses

Negara Ini Cabut Larangan Main Pokemon Go

Liputan6.com, Jakarta - Pokemon Go memiliki lebih dari 500 juta pemain setia di sebagian besar negara di dunia. Meski jadi gim mobile terpopuler di dunia, nyatanya Pokemon Go dilarang di Tiongkok hingga saat ini.

Dalam wawancara terbaru, John Hanke, CEO Niantic Labs, mengatakan, "Kami benar-benar ingin membawa gim (Pokemon Go) agar dapat dimainkan di Tiongkok."

Guna mewujudkan rencananya tersebut, Niantic Labs akhirnya bermitra dengan perusahaan teknologi internet kenamaan Tiongkok, yakni NetEase. Demikian yang dikutip dari laman Gamerant, Kamis (4/1/2018).

Sekadar informasi, Tiongkok memiliki kebijakan yang ketat jika ada perusahaan asing ingin meluncurkan berbagai macam produk mereka di negara ini.

Meski sudah menembus "tembok" penghalang yang tebal tersebut, masih belum jelas bagaimana pengembang bisa mengatasi kekhawatiran regulator pemerintahan.

Sebelumnya, otoritas Tiongkok melarang gim berbasis Augmented Reality (AR) ini dirilis di Negeri Tirai Bambu karena dikhawatirkan membahayakan hidup pemainnya, serta berpotensi mengancam keamanan nasional, masyarakat, dan properti.

Meski belum mendapatkan tanggal pasti, Pokemon Go rencananya bakal bisa diunduh dan dimainkan di Tiongkok pada 2018 ini.

1 dari 2 halaman

Tak Ingin Bergantung kepada Pokemon Go

Seperti yang diwartakan sebelumnya, Niantic Labs memang sedang mengembangkan gim AR baru yang berjudul Harry Potter: Wizards United.

Di dalam gim ini pemain berkesempatan merasakan pengalaman menjadi seorang penyihir di dunia nyata layaknya dalam novel Harry Potter.

Dari keterangan resminya, gamer akan belajar bagaimana caranya merapal mantera, menjelajah lingkungan dan kota di dunia nyata untuk menemukan, serta melawan berbagai macam binatang legendaris bersama dengan pemain lainnya.

Meski informasi seputar gameplay gim Harry Potter: Wizards Unites masih terbatas, banyak pemain menduga Ingress juga memiliki pengaruh besar terhadap gim ini.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, besar dugaan gim Harry Potter AR ini bakal meraup kesuksesan yang sama atau bahkan lebih besar ketimbang Pokemon Go dan Ingress berkat pengemar setia waralaba Harry Potter ini.

Tak hanya itu, Niantic diprediksi akan menampilkan beberapa fitur baru dan ikonis di dalam gim yang tentunya tak dapat gamer temukan di gim-gim Niantic Labs sebelumnya.

(Ysl/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut: 

 

Artikel Selanjutnya
Capcom Bakal Daur Ulang Gim Lawas Onimusha?
Artikel Selanjutnya
Nostalgia Jadul, Gim Ini Dirilis dalam Bentuk Disket