Sukses

Mate 10 Pro Vs iPhone X Vs Galaxy Note 8, Kencang Mana?

Liputan6.com, California - Apa jadinya jika smartphone teranyar besutan vendor kenamaan kelas dunia diadu? Mungkin kecepatannya nyaris melampaui satu sama lain.

Vlogger teknologi PhoneBuff pun membuktikannya dengan menyandingkan kecepatan ketiga flagship smartphone besutan Huawei, Apple, dan Samsung: Mate 10 Pro, iPhone X, dan Galaxy Note 8. Siapa paling kencang?

Dalam video terbaru PhoneBuff, sebagaimana dilansir Ubergizmo pada Selasa (23/1/2018), ketiga smartphone ini diuji kecepatannya dengan metode pengujian membuka beberapa aplikasi.

Dalam pengujian yang dilakukan, ketiga smartphone membuka 16 aplikasi secara berurutan, mulai dari kamera, galeri, kalender, pengaturan, hingga aplikasi-aplikasi third party lain, seperti Facebook dan Snapchat.

Hasilnya, iPhone X menjadi jawara. Smartphone bezeless ini mampu membuka 16 aplikasi hanya dalam waktu 1 menit 22 detik. Sementara, Mate 10 Pro mampu pada waktu 1 menit 29 detik, menyusul Galaxy Note 8 di 1 menit 32 detik.

Perbandingan kecepatan ketiganya saat membuka antar aplikasi memang terbilang beda tipis. Wajar saja, mengingat ketiga smartphone terbaru ini ditopang prosesor kualitas jempolan.

Mate 10 Pro, ambil contoh, diperkuat dengan prosesor terbaru besutan Huawei, yakni Kirin 970. Sementara iPhone X mengusung prosesor besutan Apple. A11 Bionic. Dan Samsung Galaxy Note 8, ditenagai prosesor Snapdragon 845.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa lihat uji perbandingan kecepatan ketiga smartphone tersebut pada video di bawah ini:

1 dari 3 halaman

iPhone X

Secara fisik, baik Mate 10 Pro, iPhone X, dan Galaxy Note 8 adalah smartphone dengan desain yang identik. Ketiganya sama-sama mengusung layar tipis dengan konsep nyaris tanpa bezel alias bezeless.

iPhone X hadir dengan teknologi Super Retina untuk layar smartphone berdiagonal 5,8 inci dengan konsep desain layar OLED berbingkai tipis.

Dalam hal kemampuan hardware, iPhone X menggunakan chip A11 Bionic berbasis Neural Engine yang diklaim memiliki kemampuan lebih baik dari generasi sebelumnya.

Mengingat hadir dengan desain nyaris tanpa bingkai, tombol Home pun absen di perangkat anyar ini. Karena itu, Apple mengubah navigasi di iPhone X dengan lebih banyak memanfaatkan sapuan di layar.

2 dari 3 halaman

Galaxy Note 8 dan Mate 10 Pro

Samsung Galaxy Note 8

Spesifikasi Galaxy Note 8 bisa dibilang tak jauh berbeda dengan lini Galaxy S8 dan S8 Plus yang diperkenalkan pada awal 2017. Untuk bodi, smartphone dibalut dengan material metal dan kaca.

Layar 6,3 incinya mengusung panel Super AMOLED Quad HD+ dengan konsep Infinity Display yang membuatnya sangat cantik.

Smartphone ini juga dilengkapi fitur penunjang seperti sensor fingerprint, iris scanner, serta port USB-C dan lubang headphone jack yang lokasinya ada di bawah layar.

Tak cuma itu, smartphone juga dilengkapi fitur pengisian daya nirkabel alias Wireless Charging dan sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air dan debu.

Huawei Mate 10 Pro

Sementara, Mate 10 Pro memiliki layar 6 inci dengan resolusi OLED 2.160x1.080 aspek rasio 18:9.

Untuk material, ia dibalut dengan bahan kaca dengan pinggiran metal yang membuat fisiknya tampil lebih premium.

Salah satu keunggulan lain adalah konfigurasi kamera ganda. ate 10 Pro dipersenjatai kamera ganda kerjasama dengan Leica. Masing-masing sensor mengusung resolusi berbeda.

Yang satu 12MP (sensor warna), dan yang satunya lagi 20MP (sensor khusus monokrom). Sementara, kamera depannya mengusung resolusi 8MP.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Samsung Resmi Lepas Galaxy J8 dengan Harga Rp 3,9 Juta
Artikel Selanjutnya
Diam-Diam, Samsung Galaxy J4 Sudah Tampil di Situs Ritel