Sukses

Facebook Akan Kemas Fitur Poke Lebih Kekinian

Liputan6.com, Jakarta - Fitur "Poke" di Facebook sudah cukup lama ditinggalkan para pengguna. Meski tak sepenuhnya dihapus, fitur ini harus diakui sudah tak lagi menjadi fitur yang dipakai pengguna untuk berinteraksi dengan teman.

Namun dalam laporan terbaru, Facebook dikabarkan berencana untuk membuat fitur "Poke" kembali hidup. Dilansir Tech Crunch, Selasa (12/12/2017), fitur "Poke" generasi terbaru ini sudah tampak di beberapa pengguna terverifikasi.

Tombol ini terletak di sebelah tombol Message dan berada tepat di bawah foto profil. Sekadar informasi, "Poke" merupakan salah satu fitur tertua yang dimiliki oleh Facebook.

Fitur ini sudah ada sejak media sosial itu masih bernama Thefacebook. Kendati demikian, Facebook tak pernah benar-benar mengungkap fungsi dari fitur ini.

"Saat kami merilis Poke, kami berpikir akan keren untuk mempunyai fitur tanpa tujuan apa pun. Orang-orang dapat mengartikan Poke berbeda-beda," tutur Facebook di masa lalu.

Melalui fitur ini Facebook diperkirakan ingin memberi pengalaman yang lebih kaya bagi para pengguna saat berinteraksi. Jadi, pengguna tak perlu selalu mengunggah konten, berkomentar, atau berkirim pesan langsung.

Namun, Facebook sebaiknya mengemas fitur ini dengan lebih baik. Alasannya, beberapa pengguna menyebut tombol "Poke" di jejaring sosial ini tak ubahnya alat untuk menggoda wanita.

1 dari 2 halaman

Facebook Siapkan Pula Pengganti Poke

Selain Poke, Facebook dikabarkan juga mempersiapkan sejumlah tombol berbeda untuk menyapa teman. Menurut laporan The Next Web, jejaring sosial itu menambahkan sejumlah variasi tombol untuk memulai interaksi.

Setelah sebelumnya menghadirkan tombol "Hello", Facebook juga memungkinkan pengguna mengirimkan Hug, Wink, Poke, atau High-Five. Fitur ini sudah diuji coba pada para beberapa pengguna sejak bulan lalu.

Untuk melakukannya, pengguna cukup menahan tombol "Hello" untuk memilih tombol tambahan yang ingin digunakan. Cara kerja tombol ini mirip dengan fitur Reactions yang memanfaatkan tombol Like.

Sekadar informasi, Reactions merupakan pengembangan dari tanda "Like". Tombol Reactions memiliki enam emoji berupa Like, Love, Haha, Wow, Sad, dan Angry.  

Kehadiran Reactions bermula ketika CEO Facebook Mark Zuckerberg berbicara kepada tim News Feed bahwa sudah waktunya Like ditambah dengan sesuatu yang lebih menyenangkan.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Saksikan Live Streaming XYZ Day 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Facebook Besut Chipset Khusus untuk Smartphone?
Artikel Selanjutnya
Pengguna yang Tak Punya Akun Juga Bisa Dilacak Facebook