Sukses

Agar Tak Tertipu, Ini 6 Cara Bedakan Akun Facebook Asli dan Palsu

Liputan6.com, Jakarta - Facebook menjadi jejaring sosial yang bisa dibilang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Saat ini, jumlah pengguna Facebook mencapai 2 miliar.

Kendati begitu, tidak semua akun yang ada di Facebook adalah akun asli. Bisa jadi, di antara teman-teman kita di Facebook ada satu atau dua akun palsu.

Akun palsu pun bisa jadi bahaya tersendiri, contohnya bila akun tersebut digunakan untuk penipuan. Lantas, bagaimana cara membedakan antara akun Facebook asli dan palsu? Kamu bisa menggunakan cara sederhana berikut ini.

1. Foto Profil

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah foto profil yang dipakai di Facebook seseorang. Kamu bisa mengeceknya dengan bantuan fitur pencarian foto Google.

Caranya, kamu perlu menyimpan foto tersebut di komputer. Kemudian kamu bisa membuka laman image.google.com dan mengeklik logo kamera (pencarian berdasarkan gambar). Pilih gambar yang kamu simpan tadi lalu lakukan penelusuran.

Google akan memeriksa gambar tersebut. Jika Google menampilkan situs-situs dewasa, sudah pasti akun tersebut palsu.

	Fitur pencarian gambar Google untuk mengecek akun Facebook asli atau palsu (Sumber: Spamfighter)

2. Foto Profil Cewek Seksi

Kebanyakan akun Facebook palsu menggunakan foto gadis manis atau seksi. Dengan demikian, pengguna lain akan mengonfirmasi permintaan pertemanan mereka lalu meneruskan ke chating.

	Ilustrasi: Foto cewek seksi menjadi salah satu tanda akun Facebook palsu (Sumber: IT World)

Nah, kalau kamu di-add oleh akun Facebook yang foto profilnya cewek cantik (atau cowok ganteng) dan ujung-ujungnya meminta sesuatu, kamu bisa mengecek dengan metode pencarian gambar di Google atau mengabaikannya sama sekali.

1 dari 3 halaman

Cek Timeline

3. Cek Timeline

Cara berikutnya untuk mengidentifikasi akun Facebook palsu adalah mengecek timeline akun yang dicurigai. Saat kamu mengecek timeline dan pengguna tersebut jarang memperbarui status dan tidak pernah membalas komentar sama sekali, mungkin akun tersebut palsu.

Facebook (ilustrasi)

Sekadar diketahui, kebanyakan akun palsu sering sekali mem-posting link spam secara berkala.

4. Ulang Tahun Pada 1 Januari

Dari banyak akun palsu yang telah terdeteksi, penggunanya memilih tanggal 1 Januari sebagai tanggal lahirnya. Hal ini karena orang yang menciptakan akun palsu biasanya tidak mau repot-repot mengatur tanggal lahir dan cenderung memilih tanggal default.

Ilustrasi ulang tahun (ist)

Oleh karenanya, kamu perlu meneliti lebih lanjut kalau ada orang asing, menggunakan foto cewek cantik, timeline-nya berisi link spam, dan berulang tahun tanggal 1 Januari. Bisa jadi itu adalah akun palsu.

2 dari 3 halaman

Log Aktivitas Pengguna

5. Log Aktivitas Pengguna

Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengecek akun Facebook palsu adalah dengan mengecek log aktivitas pengguna.

Ilustrasi Facebook

Jika pengguna tersebut hanya menambah teman baru, mengajak menyukai halaman, atau meminta kamu join group tertentu mungkin saja itu adalah akun palsu yang ingin memiliki banyak teman guna mempromosikan sesuatu.

6. Nomor Kontak di Profil Cewek Cantik

Kamu patut waspada saat ada akun dengan foto perempuan cantik dan seksi serta mencantumkan nomor kontak di bagian info profile Facebook-nya. Kemungkinan akun tersebut palsu sangatlah besar.

Ilustrasi Foto Telepon Genggam atau Handphone (iStockphoto)

Sekarang kamu sudah tahu kan cara mudah untuk mengecek apakah akun Facebook seseorang asli atau palsu? Jangan ragu untuk mempraktikkannya jika ada akun mencurigakan ya.

 

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Waspada, Ini Risiko Login Situs Web Pakai Akun Facebook
Artikel Selanjutnya
Pengguna yang Tak Punya Akun Juga Bisa Dilacak Facebook