Sukses

PS4 Slim vs PS4 Pro, Ingin Beli yang Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berbulan-bulan, spekulasi tentang konsol dengan kode nama PlayStation 4 (PS4) Neo, PS4 4K, dan PS4.5 akhirnya terpatahkan. Sony mengumumkan PS4 Pro di ajang PlayStation Meeting, dua bulan lalu.

Walau bukan sebuah konsol generasi baru, PS4 Pro menghadirkan berbagai peningkatan yang cukup menarik. Salah satu daya tarik PS4 Pro yang Sony janjikan adalah kemampuan dan pengalaman bermain gim dengan format 4K dan HDR.

Tak hanya itu, PS4 Pro juga cukup 'gahar' bila dibandingkan dengan konsol PS4 seri awal atau pun seri yang lebih ramping, PS4 Slim.

Dengan tiga konsol Sony yang ada di pasaran saat ini, wajar jika beberapa dari kamu merasa bingung ingin beli konsol PS4 yang mana. 

Untuk membantu kamu melalui hal tersebut, tim Tekno Liputan6.com menyajikan keunggulan dan kekurangan apa saja yang hadir di ketiga konsol tersebut, dan konsol mana yang layak kamu beli.

Tanpa panjang lebar, berikut adalah penjabarannya.

1. Performa dan Fitur

Sudah rahasia umum, Sony memiliki sejarah untuk meluncurkan konsol versi 'slim' yang mereka miliki. Sebelumnya, konsol 'slim' tersebut dapat dibedakan baik dari segi fisik ketimbang fitur, dan tahun ini pun tak jauh berbeda.

Perbedaan signifikan dari ketiga konsol tersebut adalah kemampuan PS4 Pro yang sanggup memainkan gim berformat 4K dan HDR.

Hanya saja, yang perlu kamu ingat adalah kemampuan tersebut dapat dinikmati secara maksimal bilamana kamu bermain di TV yang mendukung kualitas 4K dan HDR.

Spesifikasi PS4 Pro, PS4 Slim, dan PS4. (Liputan6.com/ Yuslianson)
Dari segi spesifikasi hardware, PS4 Pro melebihi dua konsol PS4 sebelumnya. Hal ini disebabkan dukungan GPU AMD Polaris baru yang diklaim Sony mampu bekerja dua kali lebih cepat dari GPU yang terpasang di PS4 (2013) dan PS4 Slim.

Dengan begitu, PS4 Pro dijamin berjalan lebih cepat dan frame rate yang lebih stabil saat bermain gim. Ke depannya, gim-gim yang akan meluncur di PS4 pun sudah mendukung format 4K dan tetap bisa berjalan lancar layaknya di konsol PS4 standar, meskipun tidak dimainkan di TV 4K.

Software dan Aksesoris

2. Software

Menjanjikan kemampuan grafis dua kali lebih kuat dari PS4 (2013) dan PS4 Slim, kita dapat menantikan judul-judul gim 'eksklusif' untuk PS4 Pro. Namun, Sony ingin pengembang meluncurkan gim yang tak hanya bisa berjalan lancar dan dimainkan di PS4 Pro saja, tetapi juga harus bisa dimainkan baik di PS4 (2013) atau PS4 Slim.

Hanya saja, gim-gim yang dirilis dapat memaksimalkan kemampuan PS4 Pro untuk menampilkan resolusi dan frame rate yang lebih baik. Nantinya, seluruh gim akan menampilkan logo 'Pro-Enhanced' di setiap kotak penjualannya.

Kebijakan ini akan menjadi 'pedang bermata dua' bagi banyak studio gim dan pengembang. Di satu sisi, mereka mampu bereksperimen dengan kemampuan konsol yang lebih baik dan tinggi.

Di sisi yang lain, mereka harus memastikan gim-gim yang akan dirilis dapat dimainkan dan berjalan lancar di konsol PS4 (2013) dan PS4 Slim.

Intinya, akan butuh waktu lama bila ingin melihat kemampuan PS4 Pro secara maksimal hingga 2017, di mana banyak studio gim akan mulai mengadopsi teknologi ini.

3. Aksesoris

Walau konsol terbaru Sony ini tampil dengan bentuk yang lebih besar, jangan berharap kalau kamu akan menemukan aksesoris baru yang diluncurkan. Sony hanya menyertakan sebuah kontroler DualShock 4 dengan lampu touchpad baru (desainnya tetap sama).
Selain PlayStation VR, tidak ada aksesoris baru yang Sony perkenalkan tahun ini. PSVR pun saat ini sudah dapat digunakan untuk ketiga konsol yang ada saat ini.

Judul Gim dan Harga

4. Judul Gim

Diumumkan pada awal September 2016, sejumlah studio gim sudah mengonfirmasi kalau beberapa judul gim yang akan mereka rilis sudah mendukung 4K dan HDR.

Saat PS4 Pro diluncurkan, Sony sudah mengonfirmasi 30 judul gim yang siap dengan format 4K dan HDR. Beberapa judul gim tersebut adalah Battlefield 1, Call Of Duty: Infinite Warfare, Deus Ex: Mankind Divided, FIFA 17, Hitman, Rise Of The Tomb Raider, dan masih banyak lagi.

Selain 30 judul gim yang sudah dikonfirmasi, Sony menjanjikan 45 judul gim lain yang akan tampil lebih optimal di PS4 Pro.

5. Harga

Perihal harga, PS4 Slim merupakan konsol yang paling murah dari dua konsol lainnya. Saat ini, PS4 Slim dengan kapasitas hadrdisk 500GB dibanderol Rp 4.200.000 dan 1TB seharga Rp 4.600.000.

Untuk PS4 (2013) dengan kapasitas harddisk 500GB, saat ini dibanderol Rp 4.600.00, tak jauh berbeda dengan PS4 Slim berkapasitas 1TB.

Lalu bagaimana dengan PS4 Pro? Walau belum ada harga resmi di Indonesia, PS4 Pro diprediksi akan dibanderol dengan harga di kisaran Rp 5,6 juta sampai Rp 6,5 jutaan.

So, konsol PS4 mana yang akan kamu beli dan jadi teman di akhir tahun ini? Apa kamu akan langsung incar PS4 Pro dengan kemampuan 4K dan HDR-nya? Atau kamu lebih memilih PS4 Slim dengan harga lebih terjangkau dan bentuk yang ringkas?

(Ysl/Isk)

Loading